Kualifikasi PD 2014 Djohar Husin Lempar Handuk?

Selang 4 hari dari Kongres Luar Biasa PSSI, Ketua Umum PSSI terpilih, Djohar Husin, langkah – langkah mantan Sekjen Koni tersebut terhitung kontroversial.

Setelah kembali mengangkat “orang lama”, Tri Gustoro, sebagai Sekjen PSSI. Djohar memutuskan untuk tidak memperpanjang tugas pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl. Pelatih yang berhasil membawa perubahan di tubuh timnas dari sisi kedisiplinan dan etika kerja tersebut dipecat dari jabatannya dan diganti Wilhelmus “wim” Gerardus Rijsbergen, pelatih PSM Makassar, Klub LPI.

Yang menarik dari laman tempointeraktif.com, justru Arifin Panigoro yang membeberkan alasan kenapa Alfred dipecat. Arifin mengatakan bahwa Alfred tidak mau bekerja sama dengan kubu Arifin, karena Djohar Husin adalah usungan Arifin Panigoro.

Patut digarisbawahi, bahwa Arifin adalah penyokong Djohar Husin – Farid. Namun Arifin tidak punya jabatan di kabinet PSSI baru bahkan tidak menjadi anggota EXCO. Lantas yang jadi pertanyaan, apakah etis Arifin yang membuka alasan pemecatan Alfred ke publik dan bernada bahwa semuanya tergantung keinginan Arifin Panigoro.

Indonesia pada tanggal 24 dan 28 Juli 2011 akan menghadapi Turkmenistan dalam leg 2 kualifikasi Piala Dunia 2014. Persiapan timnas karut marut akibat konflik panjang perebutan kekuasaan PSSI. Sebelumnya timnas yang diambil alih oleh Satlak Prima, sudah menyisihkan peran Alfred Riedl di timnas U-23. Wajar jika kemudian Alfred merasa dilanggar kontraknya, karena dalam kontrak sebelumnya dengan PSSI lama timnas U-23 menjadi tanggung jawabnya.

Kacaunya persiapan timnas menuju kualifikasi Piala Dunia 2014 dimulai dari kosongnya anggaran dan belum selesainya dokumen keberangkatan ofisial dan pemain. Plus para pemain belum dikumpulkan untuk berlatih.

Menurut Djohar seperti yang diberitakan <em>Republika.co.id, Waketum, Farid Rahman, sudah melakukan pembicaraan dengan Bank Mandiri untuk urusan dana.

Masalah tersebut sudah sangat serius. Sayangnya Djohar malah menambah masalah dengan memecat Alfred Riedl. Pergantian pelatih sepuluh hari menjelang pertandingan penting adalah perjudian yang sangat besar.

Adaptasi gaya kepelatihan, adaptasi gaya permainan pelatih bisa menjadi hambatan bagi para pemain timnas. Djohar melakukan langkah yang kurang cermat. Sepuluh hari menjelang pertandingan melawan Turkmenistan, dia malah menghancurkan fondasi timnas yang sudah dibangun oleh Alfred Riedl.

Wim Rijsbergen sendiri bukan tanpa pengalaman. 12 klub diberbagai negara pernah dilatihnya. Hanya jika berbicara mengenai melatih negara, bintang sepakbola Belanda era 1970an ini kalah daripada Alfred Riedl. Wim hanya pernah menangani Trinidad Tobago selama setahun delapan bulan dari Juli 2006 sampai Desember 2007. Sebelumnya dia menjadi asisten Leo Beenhakker di Trinidad Tobago di Piala Dunia 2006.

Wim Rijsbergen datang ke Indonesia untuk melatih PSM Makassar di Liga Primer Indonesia. Beban berat kini disandangnya, karena masyarakat Indonesia sudah ingin melihat sebuah tindakan nyata dari kabinet PSSI yang baru.

Kekalahan di kualifikasi Piala Dunia 2014 akan menjadi cacat pertama bagi kabinet Djohar – Farid.

Sayangnya Djohar malah terlihat menyerah sebelum berperang dan terasa melempar kesalahan ke kabinet PSSI yang lama. Dalam lanjutan pernyataannya yang dimuat republika.co.id, Djohar mengatakan supaya masyarakat bersabar karena prestasi harus pelan – pelan. Bahkan dia mengatakan “Sebelumnya, kita kan juga pernah kalah dari mereka”.

Lantas apa bedanya Djohar dengan Nurdin Halid yang sama – sama tidak berani pasang target??

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Kualifikasi PD 2014 Djohar Husin Lempar Handuk?”

  1. tolong donk jangan buat sepak bola kita tercemar politik mari bersama sama dengan niat membangun persepakbolaan kita pssi bukan milik individu atau kelompok tapi diciptakan buat seluruh elementtt masyarakat yang siap mendukung kejayaan sepak bola indonesia …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s