PSSI : Kompetisi 24 Klub

PSSI kembali tidak konsisten. Setelah memutuskan melalui forum resmi yaitu Rapat Komite Eksekutif bahwa kompetisi Level I diikuti 14 klub Liga Super Indonesia musim lalu ditambah 4 klub promosi divisi utama, PSSI akhirnya memutuskan kompetisi diikuti 24 klub. Keputusan ini tidaklah diambil melalui rapat komite eksekutif. Keputusan ini disampaikan Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus Selasa, 27 September 2011.

Selain 18 klub yang sudah masuk daftar, PSSI memasukkan Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Bontang FC, dan PSMS Medan.

Alasan dibalik 6 klub yang tiba – tiba masuk daftar cukup menggelikan. Ada beberapa alasan PSSI :

1. Menghormati faktor sejarah klub. Klub berasal dari kota yang mempunyai sejarah sepakbola.

2. Permintaan Sponsor.

3. Khusus Bontang FC, PSSI beranggapan mereka “dikerjai” musim lalu sehingga degradasi. Padahal fakta menunjukkan bahwa kegagalan Bontang FC untuk bertahan di Liga Super Indonesia, dikarenakan faktor non teknis yaitu soal gaji pemain yang ditunggak berbulan – bulan karena manajemen kehabisan dana. Mental, konsentrasi, fokus pemain pun luntur karena masalah ini. Entah dari fakta yang mana PSSI bisa menyimpulkan bahwa Bontang FC turun divisi karena dikerjai.

Masuknya 6 klub ini mementahkan verifikasi yang digelar PSSI jauh – jauh hari. Kenyataannya klub – klub ini ditunjuk lebih karena faktor sentimentil bukan melalui syarat – syarat yang ditetapkan oleh PSSI.

Bagi saya jika dilihat dari 6 klub ini bisa dibilang Persebaya Surabaya, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, dan PSM Makassar bisa naik ke kompetisi level 1 musim depan adalah karena mereka ikut ambil bagian di LPI.

Padahal jika mau jujur, Persema Malang dan Persibo Bojonegoro status keanggotaan mereka belum diaktifkan kembali setelah dicabut akibat keikutsertaan mereka dalam LPI musim lalu. Untuk mengaktifkan status keanggotaan mereka hanya bisa melalui kongres. Bahkan jika status anggota mereka telah pulih seharusnya mereka mulai berkompetisi dari divisi utama sesuai dengan peraturan PSSI.

Sihar Sitorus

PSMS Medan. Selain klub ini merger dengan eks klub LPI, Bintang Medan, juga klub ini dimiliki oleh Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus. Jika menilik faktor sejarah Djohar Arifin Husin, Ketum PSSI, merupakan eks pemain PSMS. Merger PSMS Medan – Bintang Medan bisa dibilang tonggak program merger yang ditawarkan, secara diam – diam dipaksakan, agar diterima klub LSI.

Mengenai sponsor, saya belum tahu siapa sponsor musim depan dan klub mana yang direkomendasikan oleh sponsor tersebut. Disini terlihat bahwa PSSI rela menabrak aturan demi kepentingan sponsor.

Jika PSSI sempat melontarkan wacana dua wilayah untuk efisiensi dana, apalagi APBD dilarang. Menurut Benny Dollo, pelatih Mitra Kukar dan eks pelatih timnas, penetapan 24 klub justru boros dana. Waktu pertandingan semakin panjang, pertandingan tandang pun bertambah, berefek kepada semakin besarnya dana yang harus dihabiskan.

PSSI belum selesai dengan penetapan 24 klub ini. PSSI masih mencari sistem promosi / degradasi agar peserta kompetisi kembali ke jumlah ideal sesuai statuta PSSI yang belum diubah. Hal yang seharusnya bisa dihindari dengan hanya menetapkan 18 klub.

PSSI pun menjanjikan jadwal segera selesai disusun. Kick off kompetisi diperkirakan maksimal tanggal 14 Oktober 2011.

Konsisten. Kata itu memang yang selalu diharapkan dengan melihat langkah – langkah PSSI saat ini. Mengharapkan kompetisi kembali ke 18 klub sesuai statuta PSSI agak sulit. Karena menurut rumor keputusan 24 klub ini “dipengaruhi” dewan pertimbangan PSSI yaitu dua sosok suporter utama Djohar Arifin Husin yang namanya sudah kita ketahui.

Yang ditunggu sekarang, apakah PSSI akan berubah lagi. Jika ya, maka selama 3 tahun ke depan nasib klub Indonesia dipersaingan sepakbola Asia terancam. Hal yang sangat merugikan.

Sekarang pun klub telah rugi dengan ketidakjelasan format kompetisi yang berubah – rubah sehingga klub masih minim persiapan.

sumber : http://www.inilah.com

http://www.vivanews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “PSSI : Kompetisi 24 Klub”

    1. maksudnya?? saya olah sendiri artikel ini, menggunakan kata2 saya, dan apa yang saya tulis faktual kan??…bahkan saya ga menyertakan kutipan di artikel ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s