RSPD – ENGLISH21 : ENGLISH NEWS PRESENTER CONTEST

Sudah seminggu saya jarang – jarang mengecek blog saya kawan. Kebetulan lagi punya sebuah acara yang digarap yang cukup menyita perhatian karena saya ditunjuk jadi koordinatornya.

Acara itu adalah ENGLISH NEWS PRESENTER CONTEST yang digelar untuk memeriahkan HUT ke 42 RSPD Kota Sukabumi. Contest ini merupakan, bisa dibilang, sebuah perpanjangan dari apa yang selama 2 tahun sampai sekarang telah RSPD Kota Sukabumi lakukan bersama Lembaga English21. Sesuai dengan program mingguan ENGLISH COURSE ON AIR WITH ENGLISH 21, inti kontes baca berita berbahasa inggris ini adalah untuk mengajak orang – orang lebih aktif lagi menggunakan bahasa inggris.

Acara ini mengundang siswa – siswi SMA dan SMK se-Kota Sukabumi dan dilaksanakan dari tanggal 17 – 18 Oktober 2011. Dari 28 undangan yang dikirimkan, hanya 11 sekolah yang menjawab tantangan kami. Hal yang wajar mengingat jarak waktu antara pembagian undangan dan pelaksanaan lomba hanya berselang 1 minggu. Tetapi tetap dari 11 sekolah itu kami mendapatkan sekolah – sekolah yang terbaik. Terlihat dari kualitas para peserta lomba.

Para pesertanya adalah :

1. SMAN 1 Kota Sukabumi
2. SMAN 2 Kota Sukabumi
3. SMAN 3 Kota Sukabumi
4. SMAN 4 Kota Sukabumi
5. SMKN 1 Kota Sukabumi
6. SMKN 3 Kota Sukabumi
7. SMKN 4 Kota Sukabumi
8. SMK Muhammadiyah Kota Sukabumi
9. SMK Pasim Kota Sukabumi
10. SMK Ulul Albab Kota Sukabumi
11. SMK Gegerbitung Kabupaten Sukabumi

Para juri terdiri dari Lembaga English 21 yaitu Mr.Ferry Irawan dan rekannya warganegara Rep.Ceko, Roman Baca, dan saya selaku juri dari RSPD.

Roman Baca & Ferry Irawan

Babak penyisihan yang diikuti 24 peserta menyuguhkan persaingan yang ketat. Babak penyisihan pada tanggal 17 Oktober ini menampilkan semua peserta dengan berita mereka masing – masing. Diakhir babak penyisihan, kami harus melakukan babak playoff, karena 3 orang peserta mempunyai nilai yang sama dan kami butuh 2 orang lagi untuk mengisi slot 8 finalis.

Babak playoff ini dilakukan dengan memanggil 3 orang peserta tersebut untuk menjalani sesi wawancara dengan 2 orang juri dari English 21. Akhirnya terpilihlah 2 orang peserta yang melengkapi 6 finalis yang sudah didapat sebelumnya.

Para finalis adalah ;

1. Deanisa Santoso ( SMAN 4 Kota Sukabumi )

2. Nadya Sivalia Eurica ( SMAN 3 Kota Sukabumi )

3. Amadis Bambang Soediyo ( SMAN 2 Kota Sukabumi )

4. Wasilah Begum ( SMAN 2 Kota Sukabumi )

5. Ayang Maryana ( SMKN 1 Kota Sukabumi )

6. Putri Pratiwi ( SMKN 1 Kota Sukabumi )

7. Rizki Thahir ( SMK Pasim Kota Sukabumi )

8. Anggara Brajamusti ( SMAN 1 Kota Sukabumi )

The Finalists

Babak final menjadi tantangan yang tidak dibayangkan oleh peserta sebelumnya. 8 orang finalis ini, pada hari Selasa 18 Oktober 2011, tidak lagi membaca berita. Tetapi tantangannya adalah untuk mewawancara Roman Baca dan Ferry Irawan dengan topik wawancara yang baru mereka ketahui 2 menit sebelum melakukan wawancara.

Peserta menjadi pewawancara selayaknya pembawa acara talkshow diradio. Menambah ketegangan peserta, babak final ini disiarkan langsung ke seantero sukabumi. Ya para peserta tampil ON AIR.

Mengapa tantangannya berbeda dengan babak penyisihan? Karena kami ingin pemenang kontes ini adalah siswa – siswi yang benar – benar bisa berbahasa Inggris. Semua 8 finalis ini memang benar – benar bisa berbahasa Inggris. Selain itu juga tantangan dibabak final adalah untuk melihat sejauh kemana kemampuan berbahasa Inggris para finalis dan kreatifitas mereka dalam melontarkan pertanyaan – pertanyaan.

Babak final benar – benar menjadi sesuatu yang tidak dibayangkan oleh 8 orang siswa – siswi ini. Salah satunya adalah mereka tampil live sehingga kawan – kawan mereka, orang tua mereka, bisa mendengarkan suara mereka lewat radio.

Ketenangan, kepercayaan diri, kreatifitas dalam mengajukan pertanyaan, kemampuan membuat wawancara menjadi hidup, pengaturan suara, menjadi kriteria – kriteria seorang pembawa acara talkshow yang baik.

Setelah para peserta unjuk kebolehan masing – masing. Akhirnya terpilihlah 4 orang terbaik. Mereka adalah

JUARA I : NADYA SIVALIA EURICA ( SMAN 3 KOTA SUKABUMI )

JUARA II : RIZKI THAHIR ( SMK PASIM KOTA SUKABUMI )

JUARA III: ANGGARA BRAJAMUSTI ( SMAN 1 KOTA SUKABUMI )

JUARA FAVORIT : AMADIS BAMBANG SOEDIYO ( SMAN 2 KOTA SUKABUMI )

THE WINNERS

Lega dan senang, itulah perasaan yang menyelimuti hati saya. Karena persiapan kontes ini serba mepet serba terbatas namun, pada akhirnya karena kita punya keinginan yang kuat, acara ini bisa berjalan lancar, sukses dan memuaskan.

Satu hal lagi yang membuat saya sangat terharu adalah kebersamaan, keakraban para finalis yang walaupun baru saja bertemu dan datang dari sekolah yang berbeda namun mereka menunjukkan sebuah kedekatan. Saling bernyanyi bersama, saling tertawa bersama, bahkan mereka langsung membuat gerakan dance dadakan selama menunggu giliran mereka untuk tampil on air. Hanya satu yang sama dari mereka yaitu mereka semua benar – benar siswa – siswi yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris.

Alhamdulillah. Namun perasaan sedih hadir juga kawan. Sedih karena kontes yang benar – benar berbeda ini dan harus segera berakhir sedangkan semangat kontes dalam diri saya masih menggebu – gebu hehehe. Mudah – mudahan ini bisa menjadi ajang tahunan bagi RSPD FM Kota Sukabumi & English 21.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s