BOPI : ISL Legal

PSSI semakin tertampar setelah Badan Olahraga Profesional Indonesia ( BOPI ) menyatakan tidak ada pelarangan terhadap Liga Super Indonesia ( LSI ). Padahal sebelumnya PSSI sempat melempar isu bahwa BOPI tidak mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan LSI.

Seperti yang diberitakan situs goal.com BOPI menyatakan tidak pernah mengirim surat yang berisi larangan LSI. Bahkan sebagai kepanjangan tangan pemerintah, BOPI tidak akan melarang pihak – pihak yang ingin memajukan olahraga Indonesia.

Hal serupa dilakukan oleh BOPI ketika memberikan “persetujuan” terhadap Liga Primer Indonesia besutan Arifin Panigoro yang hanya bergulir setengah musim. Bahkan ketika itu Liga Primer Indonesia diisi oleh klub – klub yang baru lahir dan bukan anggota PSSI. Sedangkan ISL musim 2011/2012 diisi oleh klub – klub anggota PSSI.

Dengan adanya pernyataan “silahkan jalan” dari BOPI ini maka penyelenggaraan ISL yang telah dinanti – nanti suporter sepakbola Indonesia akan berjalan semakin mulus. Isu tidak akan dikeluarkannya izin keramaian oleh pihak keamanan hanya menjadi kabar angin belaka. Sikap BOPI ini disambut antusiasme oleh Panpel Persib Bandung yang pada tanggal 3 Desember nanti akan menghadapi Persiram Raja Ampat.

Sikap BOPI ini juga akan dengan sendirinya menghapus keraguan soal izin kerja pemain asing. Izin kerja dikeluarkan oleh Dirjen Imigrasi dan Depnaker Pusat. Contoh para pemain asing yang berlaga di kompetisi LPI kemarin tanpa ada rekomendasi PSSI membuktikan bahwa PSSI hanya mengeluarkan rekomendasi bukan memberikan izin.

PSSI, seperti yang dikatakan oleh Bernhard Limbong, akan mencoba rekonsiliasi dengan klub – klub yang berada di ISL. Inilah yang selama ini hilang dari PSSI. PSSI kerap kali mengeluarkan kebijakan – kebijakan tanpa berkomunikasi dengan klub – klub sepakbola. Padahal klub – klub sepakbola inilah yang memilih para anggota exco PSSI. Tetapi justru setelah terpilih mereka melupakan klub – klub dalam pengambilan keputusan terkait kompetisi. Apalagi keputusan – keputusan kompetisi seringkali kontroversial.

Mudah – mudahan langkah BOPI ini akan menyadarkan PSSI sehingga mau merubah sikap, mau mendengarkan aspirasi, dan mau berubah untuk kebaikan sepakbola Indonesia.

But Until then, Let’s Enjoy Indonesian Super League…..

sumber : http://www.goal.com
http://www.simamaung.com
http://www.julidf.wordpress.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s