PSSI Tidak Daftarkan Persipura

Kans Persipura Jayapura untuk ambil bagian dalam AFC Champions League musim depan tertutup sudah. PSSI sebagai pengelola sepakbola Indonesia, menyatakan ketidaksertaan Persipura diajang klub – klub juara se -Asia tersebut dengan alasan Persipura ditolak AFC karena memutuskan keluar dari IPL mengikuti Liga Super Indonesia.

PSSI sempat memutuskan Persija 1928 ( Persija Hadi Basalamah/PS.HALIM) sebagai kandidat pengganti Persipura bersama runner up ISL musim 2010/2011 Arema Indonesia. Tetapi penggantian ini ternyata ditolak oleh AFC.

Kabar yang menyatakan Persipura absen karena mengikuti LSI, nyatanya dibantah oleh AFC, seperti yang dimuat situs goal.com. AFC mengatakan bahwa PSSI memang tidak mendaftarkan nama Persipura sebagai peserta Liga Champion Asia. PSSI sendiri yang ternyata menggagalkan keikutsertaan Persipura. Padahal sebelumnya PSSI mengklaim AFC yang menolak Persipura.

Dalam situs wikipedia, nama Persipura diajang Liga Champions Asia 2012 telah dinyatakan “disqualified” yang berarti gagal mengikuti ajang tersebut.

Hal ini menambah ketidakpercayaan klub – klub terhadap PSSI yang dikenal gemar mengklaim sesuatu dan menyebarkan berita bohong. Alasan Persipura mengikuti LSI dijadikan sebuah “senjata” oleh PSSI untuk menyerang Liga Super Indonesia dan klub – klub yang bernaung didalamnya.

Titus Bonai, penyerang Persipura dan Timnas, kehilangan kesempatan menguji kemampuan dilevel Asia

Namun PSSI tidak menyadari bahwa dengan sikap mereka tidak mendaftarkan Persipura dan malah ingin mendaftarkan Persija 1928, klub bentukan PSSI, ke ajang Liga Champion Asia sangatlah menyakiti hati para suporter Persipura. Dengan adanya pernyataan dari AFC tersebut maka tidaklah menjadi soal jika Persipura mengikuti LSI musim ini, karena Persipura sudah diakui oleh AFC dan mendapatkan hak sebagai juara LSI 2010/2011.

PSSI sendiri mencalonkan Persija 1928 tampaknya dengan pertimbangan Persija adalah peringkat 3 LSI musim lalu. Tetapi Persija 1928 bukanlah Persija yang asli. Persija asli justru memilih di Liga Super Indonesia musim ini.

Keanehan kedua muncul dari sikap PSSI. Mereka terang – terangan tidak mengakui hasil kompetisi kemarin dengan merombak habis tatanan divisi sepakbola Indonesia, tetapi justru dalam kasus peserta kompetisi AFC, PSSI malah bersandar pada hasil akhir LSI musim lalu.

Kasus Persipura ini menambah daftar kekecewaan klub – klub terhadap kepengurusan PSSI kabinet Djohar Arifin Husin. Menurut kabar demonstrasi suporter Persipura akan terjadi di kantor PSSI.

Kegagalan Persipura ke ajang kompetisi Asia bukanlah yang pertama, karena pada era kabinet Nurdin Halid, PSSI pernah “menggagalkan” keikutsertaan Persipura dan Arema karena telat mendaftarkan mereka ke AFC. Sayangnya kesalahan serupa kini diulangi PSSI kabinet Djohar Arifin.

sumber : wikipedia.org
goal.com
antaranews.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s