Gaya Sun Tangan Jaman Sekarang

Dulu jamannya TK, SD, SMP, SMA, cara sun tangan / cium tangan kepada orangtua, guru, atau orang – orang yang lebih senior dan dihormati adalah dengan cara mencium punggung tangan kanan si orang tersebut sambil berjabat tangan.

Entah dicium ( bibir nempel dipunggung tangan) atau hidung dan jidat yang nempel, yang pasti gaya tersebut merupakan gaya yang umum dilakukan banyak orang.

Gaya Lama

Jaman berubah mengikuti hukum alam semuanya tidak ada yang tetap. Gaya sun tangan pun kini berubah, memang masih ada yang menggunakan “old style” seperti yang disebutkan diatas, tapi mayoritas ABG sekarang melakukan gaya yang berbeda.

Mungkin memang begitu cara mereka diajarkan, dan sejauh ini juga tak ada masalah. Pun tak mengurangi makna dari jabat tangan. Tetapi tetap saja bagi saya kadang ingin tertawa melihat gaya – gaya sun tangan model sekarang.

Gaya pertama adalah sun tangan nempel pipi . Jadi gaya ini tetap jabat tangan seperti biasa, badan membungkuk, dan ketika mau “sun” punggung tangan bukan bibir, jidat, or hidung yang nempel, tapi malah pipi. Jadi si pen-sun- tangan kepalanya akan miring, karena “cium” punggung tangan dengan pipi mereka.

Gaya baru sun tangan yang kedua adalah, nah ini yang lucu, sun tangan tapi si pen-sun- tangan tidak mencium punggung tangan orang yang diajak berjabat tangan, tetapi malahan mencium punggung tangannya sendiri. Banyak yang melakukan gaya ini. Sering kali saya ketawa liat gaya sun tangan model kedua ini. Malah yang ini agak mengaburkan makna sun tangan yang biasanya menghormati, menghargai atau menunjukkan kasih sayang.

Memang kehidupan ini tidak selalu sama selalu berubah. Mungkin juga dengan keterbukaan informasi saat ini yang mengatakan bahwa higienis itu sangatlah penting mengakibatkan munculnya dua gaya sun tangan model baru. Tapi ga nuduh juga sih!!

Mungkin juga ada ajaran yang harus dihormati oleh orang tua, yang dicium tangannya itu orang tua, bukan orang lain. Mungkin juga ada yang seperti itu.

Semuanya serba mungkin. Mungkin kreatifitas anak – anak jaman sekarang.

Pastinya ada revolusi dalam gaya sun tangan. Gaya mana yang anda mau??? terserah anda.

sumber gambar : kaskus.us

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Gaya Sun Tangan Jaman Sekarang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s