Serangan Gontai Jenggala

Dear Abdullah,
Thank you for your e-mail.

FIFA had a meeting this week with PSSI leadership and AFC on the PSSI current situation.

A joint FIFA and AFC letter will be sent by the end of this week containing our joint position after having carefully analyzed the situation.

As mentioned in art 18 of The FIFA statutes, PSSI must control all leagues and thus may/shall take action against breakaway leagues such as ISL.

We trust this information will be of use to you.

Best regards,
FIFA media department”

PSSI tambah linglung menghadapi serangan dan kritikan ke arah mereka yang mengerucut pada tuntutan Kongres Luar Biasa ( KLB ) untuk mengganti kabinet era Djohar Arifin.

E-mail diatas adalah tanggapan FIFA akan situasi di Indonesia. Bisa terlihat jelas bahwa posisi Liga Super Indonesia ( LSI ) adalah breakaway league dalam pandangan FIFA dan AFC. Tetapi kedua badan sepakbola tersebut belum memutuskan status apa – apa mengenai LSI.

Paragraf kedua menyuratkan bahwa tanggapan FIFA dan AFC akan dikirimkan pada akhir minggu setelah menganalisa situasi di Indonesia.

Memang walau pada akhir surat dicantumkan pasal 18 statuta FIFA yang menyebutkan PSSI harus mengontrol semua liga dan bisa/harus mengambil langkah terhadap kompetisi diluar PSSI, namun PSSI telah mengklaim FIFA dan AFC mencapkan status ilegal pada LSI.

Padahal jelas pada paragraf kedua FIFA dan AFC belum memberikan respon apa – apa.

Email ini juga memberikan bukti nyata bahwa Nurdin Halid pernah diminta melakukan hal yang sama saat Liga Primer Indonesia ( LPI ) bergulir. Dahulu kubu Jenggala menganggap semua yang dilakukan Nurdin Halid terhadap LPI adalah kebohongan.

Buktinya hari ini mereka mau tidak mau mengikuti langkah yang sama. Pertama dengan melarang pemain LSI masuk timnas dan diberikan wewenang oleh FIFA dan AFC untuk memberikan tindakan mengenai dualisme kompetisi. Karena semuanya sudah jelas dan ada payung hukumnya.

Hari ini mereka belajar bahwa apa yang mereka anggap fitnah dulu ternyata adalah kebenaran. Kita saksikan apa tindakan PSSI?

KLB yang dituntut oleh anggota – anggota PSSI dalam Rapat Akbar Sepakbola Nasional ( RASN ) ditanggapi dengan lucu oleh PSSI. PSSI menilai bahwa KLB itu harus melalui persetujuan FIFA ( fakta bahwa PSSI tidak pernah mempelajari statuta). KLB itu bisa dilaksanakan jika 2/3 dari jumlah hak pemegang suara PSSI menginginkan hal itu. FIFA sama sekali tidak bisa mengatur KLB.

4 anggota exco yaitu La Nyalla Mattalitti, Tony Apriliani, Erwin Budiawan dan Roberto Rouw dipecat oleh PSSI. Tetapi anehnya PSSI justru tidak tegas dengan menyatakan bahwa keempatnya akan diampuni jika dalam 2 X 24 jam mengajukan permohonan maaf.

Semuanya menunjukkan bahwa kini PSSI sudah gontai menghadapi semua permasalahan yang dipicu oleh kelakuan mereka sendiri. Semuanya ini tidak akan terjadi andaikata PSSI tidak membabi buta dalam usaha mereka membangun sepakbola Indonesia, membabi buta bahkan melanggar statuta PSSI sendiri. Satu hal yang menunjukkan bahwa Nurdin Halid dan Djohar Arifin sama – sama pelanggar statuta.

Akankah KLB menjadi jawaban? semuanya waktu yang akan menjawab.

sumber e-mail : Page “YOU NEED ME”

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

4 thoughts on “Serangan Gontai Jenggala”

  1. aduh anda bahasa inggrisnya kurang atau tutup mata ????
    pertemuan sudah terjadi, keputusan sudah diambil, dan yang baru akan datang akhir minggu ini adalah surat jawaban resmi.
    terguncyang gan ??

  2. memang meetingnya sudah terjadi..tapi kan sikap FIFA dan AFC belum ada…baru akan disikapi akhir minggu ini. Sedangkan PSSI kan mengklaim yang lain…itu mas yang saya persoalkan…terguncang? engga tuh…justru jenggala yang terguncang….kalo jenggala tidak terguncang ga akan melakukan aksi – aksi seperti sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s