Friendster Berubah ( Baru Tahu )

Lama nian saya tidak pernah mengecek akun FS ( Friendster ) saya. Kini saya mencoba membuka kembali ternyata oh ternyata FS kini telah banyak berubah.

Situs yang sempat menjadi situs pertemanan terkenal sebelum Facebook kini berubah menjadi situs game online. Kemana foto – foto pribadi saya yang pernah saya upload di situs ini 3-4 tahun silam. Email dan password saya masih aktif, tetapi kini Profile picture diganti menjadi sebuah gambar kartun avatar.

Tampilan Friendster yang baru

Pun ketika saya cek list teman – teman, semuanya kini berganti menjadi avatar. Saya belum menemukan foto – foto yang dulu pernah dipajang di situs ini.

Menurut berita dari kompas.com diberitakan bahwa MOL Global yang membeli FS tampaknya memang ingin menjadikan FS diantaranya sebagai situs game dengan bekerja sama dengan 70 penyedia game online. Penjualan FS juga didasari karena kalah saing dengan FB yang bisa mampu menyedot perhatian banyak orang.

Satu hal yang saya pelajari bahwa janganlah mengupload terlalu banyak foto ke dalam sebuah situs pertemanan. Bahkan jika hanya sebuah foto biasa. Karena bagaimanapun itu adalah sebuah dokumen pribadi. Menguploadnya berarti menjadikannya sebuah dokumen “publik” yang bisa dinikmati banyak orang. Bukan tak mungkin disalah gunakan.

Siapa tahu Facebook pun bisa bernasib serupa dengan FS. Sepi peminat, sepi pengunjung yang akhirnya dijual kepada pihak lain. Hendaknya kita membatasi diri kita dalam situs sosial seperti ini, karena kita tetap harus membuat batas – batas jelas privasi kita.

Saya pun tengah berusaha untuk tidak mengupload terlalu banyak foto, karena seperti sekarang entah kemana si pemilik baru FS “membuangnya”. Share data pribadi pun mesti dibatasi. Ini semua hanya untuk tetap menjaga privasi kita.

Lantas bagi anda para pengguna FS adakah yang tahu kemana foto – foto itu disimpan??

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Friendster Berubah ( Baru Tahu )”

  1. Iyaaaa… barusan buka fs jadi bingung.. pdhl lg perlu mau ngambil foto2 lama…. duuhh… mana di flashdisk udah ga ada…. :(

Leave a Reply

