Sekilas Tentang SOPA & PIPA

Nulis sepakbola agak bosen walau udah ada bayang – bayang di otak apa yang mau ditulis. Nulis misteri – misteri belum ketemu lagi yang menarik dan membutuhkan waktu panjang. Nulis kehidupan sehari – hari? ehm belum ada sesuatu yang ingin ditulis.

Walau terlambat nulis ini tapi saya inget tanggal 18 Januari 2012 ketika saya mau mengecek wikipedia.org yang terbuka hanyalah halaman hitam dan sederet kalimat yang meminta dukungan untuk tetap menjadikan internet sebagai sumber informasi yang bebas bagi siapapun.

http://www.tempo.co

Ternyata itu berkaitan dengan rencana Kongres Amerika Serikat ( AS ) yang menggodok RUU Stop Online Piracy ( SOPA ) dan Protect IP Act ( PIPA ).

RUU SOPA adalah undang – undang yang ditujukan untuk melindungi kekayaan hak cipta dan kekayaan intelektual dalam media online. RUU ini juga mempeluas kemampuan penegak hukum dan pemegang hak cipta dalam memerangi pembajakan.

Undang – undang ini memungkinkan penegak hukum AS dan pemegang hak cipta dapat menindak suatu situs yang dianggap melanggar undang – undang hak cipta. Dengan undang – undang ini situs yang digugat bisa ditutup jalur iklannya, dihilangkan dari mesin pencari semacam google sehingga penggunan internet tidak akan menemukan situs ini dimesin pencari, sampai memblokir situs, dan menghukum penyebaran konten tanpa izin dengan lima tahun penjara.

Sementara RUU PIPA pertama kali diusulkan oleh Senator Patrick Leahy pada 12 Mei 2011. Rancangan Undang – Undang ini berisikan definisi pelanggaran yang diakibatkan penyebaran salinan palsu dan barang palsu.

RUU PIPA ini targetnya adalah situs – situs yang dioperasikan diluar Amerika Serikat. Penindakannya hampir serupa dengan SOPA. Jika ditemukan pelanggaran maka penegak hukum AS bisa menghilangkan situs tersebut dari query mesin pencari.

SOPA dan PIPA nyatanya ditentang habis – habisan oleh para pengguna internet. Beberapa situs seperti wordpress, facebook, google, wikipedia menentang undang – undang ini.

Pendiri facebook, Mark Zuckeberg, memang tidak setuju dengan pembajakan, namun Mark beranggapan SOPA dan PIPA bukanlah solusi pas untuk mengatasi pembajakan.

Dampak dari penerapan undang – undang ini secara mudah akan mengakibatkan para pengguna internet tidak bisa mengunduh konten – konten seperti musik, film yang biasanya diupload secara bebas di internet. Selain itu dampak penerapan aturan ini diprediksi adalah penyensoran ketat terhadap situs – situs seperti Facebook atau youtube.

Meski RUU ini dilawan habis – habisan namun ini tidaklah mudah karena RUU ini didukung industri musik, film dan kamar dagang Amerika. Salah satunya Asosiasi Distributor Film Amerika.

Aturan ini juga diprediksi akan mengakibatkan internet menjadi tidak bebas lagi. Selain konten seperti musik ataupun film, informasi yang misalkan dimuat dalam situs seperti Wikipedia akan dikenakan sensor ketat.

Wikipedia merupakan “perpustakaan” online yang memuat berbagai informasi – informasi segala hal yang ditulis oleh para user internet secara bebas. Bila undang – undang ini diterapkan, maka informasi – informasi ini tidak akan bisa lagi diakses oleh para pengguna internet. Contoh informasi tentang area 51 ataupun tentang NASA yang berkaitan dengan AS.

Penerapan undang – undang ini juga akan mengakibatkan internet tumbuh dengan lambat. Situs – situs pengumpul data akan memverifikasi suatu data dengan sangat hati – hati dengan menerapkan banyak filter agar tidak terkena SOPA dan PIPA.

Inilah yang membuat dua RUU ini sangat ditentang, karena internet akan menjadi terbatas, sempit dan tak bebas karenanya. Niatnya memberantas pembajakan tetapi malah membuat internet menjadi tak bebas lagi.

sumber : http://www.tempo.co
http://www.kaskus.us

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Sekilas Tentang SOPA & PIPA”

  1. Unquestionably imagine that that you said.
    Your favorite reason appeared to be at the internet
    the simplest factor to take note of. I say to you, I certainly get irked while folks think about
    issues that they plainly do not understand about.
    You controlled to hit the nail upon the top and defined out the
    whole thing with no need side-effects , folks can take a signal.
    Will probably be again to get more. Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s