Persipura Pastikan Tampil Di LCA

Setelah keluarnya putusan sela Court Of Arbitration ( CAS ) terkait keikutsertaan Persipura di Liga Champions Asia ( LCA ), AFC telah menyetujui Persipura untuk tampil diajang klub – klub terbaik se – Asia itu.

Komite Kompetisi AFC telah mengeluarkan tiga butir keputusan tentang Persipura. Berikut isi keputusan ( terjemahan ) diambil dari forum You Need Me :

Terjemahan surat AFC terkait Persipura, 10 Feb 2012 ditantangtangani Sekjen AFC Alex Sossay yang ditujukan kepada Sekjen PSSI Tri Goestoro.
Komite Kompetisi AFCmemutuskan:

1. Komite menyetujui bahwa pertandingan playoff ACL antara Adelaide United dan Persipura Jayapura akan dimainkan pada 16 Februari 2012 di Hindmarsh Stadium, Adelaide. Pertandingan akan dimulai pada 19.30 waktu setempat.

2. Komite menyetujui bahwa pihak yang kalah pada pertandingan playoff ACL antara Adelaide United dan Persipura Jayapura tidak akan masuk ke babak penyisihan grup AFC Cup, yang dengan demikian akan mempertahankan jadwal yang sudah ada dan integritas dari kompetisi AFC Cup. Pihak yang kalah pada pertandingan playoff ACL akan keluar dari kompetisi klub AFC 2012 dan pihak yang menang akan berpartisipasi pada babak penyisihan grup ACL 2012.

3. Komite menyetujui bahwa jika Persipura Jayapura lolos ke babak penyisihan grup ACL dan nantinya didiskualifikasi karena putusan akhir CAS (yang mungkin bertentangan dengan putusan sela) sebelum 6 Maret, Adelaide United akan menggantikan Persipura Jayapura untuk berpartisipasi pada babak penyisihan grup ACL. (diterjemahkan : setyawati wina)

Dengan keputusan ini, Persipura Jayapura siap bertandang ke markas Adelaide United pada 16 Februari 2012 mendatang. Di lain pihak klub – klub LSI lainnya menyambut gembira dengan keputusan Persipura bisa tampil di LCA setelah sebelumnya dijegal oleh PSSI. Walaupun jadwal pertandingan LSI Persipura terpaksa dirubah dengan tampilnya Persipura di LCA.

Pukulan telak kembali dirasakan oleh PSSI yang kini mulai membuka diri untuk merangkul LSI. Pelarangan pemain yang berlaga LSI untuk membela timnas menjadi bumerang setelah striker Malaysia Safee Sali masih dipanggil timnas Malaysia.

Semakin telak ketika pelatih Timnas Senior Indonesia, Aji Santoso, secara terang – terangan dalam wawancaranya disebuah televisi menyebutkan bahwa para pemain yang ikut dalam seleksi timnas senior rata – rata belum memahami cara bermain yang benar dan bukanlah pilihan utama diklub masing – masing.

Kembali soal Persipura, Adelaide jelaslah bukan lawan mudah Mutiara hitam. Klub Australia ini sudah berpengalaman dipentas LCA dengan menjadi runner up pada tahun 2008. Salah satu pemain Adelaide adalah Sergio Vand Dijk, striker keturunan Indonesia yang masih memendam keinginan untuk membela timnas. Adelaide tampil di LCA setelah menjadi peringkat 3 A-League.

Sergio Van Dijk ( http://www.abc.net.au)

Adelaide mengusung formasi 4 – 4 – 2. Hanya saja kampanye di A- league mereka musim ini belum terlalu bagus karena mereka masih tertahan diposisi 9 klasemen dengan raihan 4 kemenangan 8 Draw dan 8 kekalahan. Selain Sergio Van Dijk yang telah mencetak 7 gol bagi Adelaide di A- League sejauh ini, Persipura juga layak waspada terhadap gelandang serang Dario Vidosic yang sudah membuat 6 assist.

Persipura memang tak kalah pengalaman. Perempatfinal AFC Cup musim kemarin bisa mereka tembus. Arbil SC yang mengalahkan mereka difase perempatfinal AFC Cup pun mesti bersusah payah mengalahkan Persipura.

Motivasi lain yang bisa dijadikan sebagai tambahan adalah kemenangan mereka di CAS walau masih dalam putusan sela. Kemenangan ini layak dibayar dengan sebuah kemenangan, karena kemenangan ini akan menjadi pertanda kemenangan atas kedzaliman.

sumber : You Need Me

www.Wikipedia.org

www.kompas.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Persipura Pastikan Tampil Di LCA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s