Umuh – Drago Mulai Panas

Saat ISL 2011/2012 akan bergulir saya pernah membuat tulisan yang menyorot keputusan Manajemen Persib Bandung yang mengikat kontrak dengan pelatih asing gress yang didatangkan dari Kroasia, Drago Mamic. Dalam tulisan yang saya beri judul “Kade Ah Drago Mamic !” ( Hati – hati Drago Mamic ), saya soroti kebiasaan Persib yang selalu mengangkut pelatih asing yang belum mengenal atmosfir sepakbola Indonesia. Kebanyakan pelatih asing yang telah mencoba berujung pada kegagalan ( begitu menurut manajemen ).

Kini apa yang saya tuliskan itu mulai menjadi kenyataan walau saya bukan peramal, namun ini seperti mengulang siklus yang pernah terjadi di Persib sebelumnya dengan aktor Marek Andrejz Sledzianowski, Daniel Darko Janackovic dan Jovo Cuckovic. Semuanya diputus kontrak oleh manajemen. Bahkan ketiganya tidak lama memegang Persib, tidak sampai putaran pertama liga usai. Bahkan Daniel Darko Janackovic sudah dipecat ketika pra musim.

Rekor Persib ditangan Drago Mamic adalah 7 kali menang, 4 kali draw dan 5 kali kalah. Selisih gol 20 memasukkan dan 23 kemasukan. Sampai saat ini Persib tertahan diposisi 7 klasemen dengan 25 poin.

Hasil ini bagi manajemen Persib sangat jauh dari memuaskan. Dengan skuad yang berisikan materi pemain timnas, tentunya menjelang akhir putaran pertama manajemen berharap Persib bercokol dipuncak klasemen.

Kekalahan Persib senin (19/03) ditangan Gresik United membuat manajer Persib Bandung, Umuh Muhtar berang. Dia menuduh Mamic memang tidak menginginkan Persib menang. Umuh menyoroti penggunaan formasi 4 – 2 -3 – 1 saat pertandingan melawan Gresik yang dia nilai sangat tidak cocok untuk dipakai pada pertandingan tersebut.

Gresik United - Persib ( http://www.persibholic.co.id)

Tak cukup menyerang Drago Mamic, Umuh meluapkan kemarahannya kepada striker Ghana Moses Sakyi yang dianggap tidak mempunyai kualitas. Plus Umuh mengatakan bahwa sebenarnya manajemen tidak menginginkan Moses Sakyi tapi Mamic lah yang menginginkan striker jangkung asal Ghana tersebut.

Apa yang terjadi sekarang sangatlah tidak sehat. Api telah disulut oleh manajemen yang bisa terus membara sampai akhir musim andai Drago Mamic tetap dipertahankan.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muhtar, kembali menunjukkan sikap yang tidak profesional ( dimata saya ) ketika dia masuk terlalu dalam ke teknik permainan yang seharusnya absolut dipegang oleh pelatih.

Umuh Muhtar mengulang kembali “tingkah” menggoyang pelatih seperti yang dia pernah lakukan dimusim – musim sebelumnya. Seperti masuk ke dalam pemilihan pemain yang selalu harus berdasarkan selera manajemen.

Padahal jika Umuh Muhtar tidak hanya melihat peraihan peringkat diklasemen maka musim ini adalah musim terbaik dari dua musim sebelumnya. Berikut statistik raihan Persib dalam 16 laga dari musim 2009/2010 – 2011/2012 yang diambil dari Mengbal.com :

-Dalam 16 laga musim ini (2011-2012), poin Persib 25(menang 7 x, draw 4 x, kalah 5 x).Selisih gol minus 3 (20 memasukan & 23 kemasukan).

Sbg perbandingan:
-Dlm 16 laga musim 2010-2011 (Jovo & Roekito), poin 22(menang 6 x, draw 4 x, kalah 6 x).Selisih gol: minus 6 (memasukan 21, kemasukan 27).

-Dlm 16 laga musim 2009/2010 (Jaya), poin 24 (menang 7 x, draw 3 x, kalah 6 x). Selisih gol:plus 1 (memasukan 19, kemasukan 18).

-Dari segi raihan poin dlm 16 game, Mamic lbh baik dr musim lalu (25 poin banding 15 poin). Era Mamic sama dg era Jaya krn sama2 dpt 25 poin.

-Dari segi selisih gol dalam 16 laga awal, Mamic unggul dibanding musim lalu & hny kalah dr JH (2009/2010) yaitu minus 3 dibanding plus 1.

-Perbandingan poin yg benar dlm 16 laga di 3 musim terakhir: 25 poin (Mamic), 22 (Jovo-Roekito), 24 poin (Jaya Hartono)

-Dari segi selisih gol dlm 16 laga awal, ini perbandingannya.Mamic: -3 (20-23). Jovo-Roekito: -6 (21-27). Jaya Hartono: +1 (19-18).

-So, dari segi raihan poin dalam 16 laga awal, musim ini adalah musim terbaik dalam 3 musim terakhir

Soal materi pemain, memang Persib punya sebuah skuad “idaman” tetapi yang harus diingat bahwa inilah musim pertama Drago Mamic di Indonesia. Walau tetap memainkan sepakbola pastinya Mamic butuh waktu untuk beradaptasi, butuh waktu untuk mengimplementasikan sistem permainan yang dia inginkan.

Komposisi pemain pun jika dilihat lebih jauh sangat tidak seimbang antara starting eleven dan pemain cadangan. Persib pun tidak punya playmaker handal selepas Eka Ramdani pindah. Deretan striker masih belum tajam.

Soal Moses yang baru mencetak 3 gol dari 9 laga, Drago membela anak buahnya dengan mengatakan bahwa semuanya butuh proses. Drago menganalogikan dengan Fernando Torres di Chelsea yang baru kembali mencetak gol setelah puasa dari Oktober lalu.

Banyak suara yang menganggap bahwa kini Persib terjebak dalam budaya “instan”. Dengan materi mengkilap, pelatih asing yang sudah teruji diberbagai negara, manajemen berharap prestasi segera datang. Namun berbicara prestasi tentulah tidak semudah membalik telapak tangan. Kadang bisa cepat kadang pula lama hadirnya. Baik cepat maupun lambat ada sebuah proses didalamnya. Proses inilah yang “dibuang” oleh manajemen.

Belum lagi sikap manajemen yang overlap, menyalahi wewenang dan job description. Apa yang dilontarkan oleh Umuh terkesan bahwa dialah yang paling tahu bagaimana meracik strategi.

Mungkin ini juga yang menyebabkan Jaya Hartono tiba – tiba mundur tahun 2010 lalu. Daniel Roekito pun tidak bertahan lama hanya semusim setelah mengambil alih dari Jovo Cuckovic.

Susunan pemain Persib dua tahun belakangan selalu ada pemain yang berlabel bintang, tetapi prestasi belum juga hadir. Lantas apa yang salah? pelatih atau manajemen yang ingin instan?

Bukankah Umuh yang menginginkan Drago Mamic diawal musim? MSTU !!!!!

Terakhir inilah video wawancara Umuh Muhtar selepas pertandingan lawan Gresik United :

sumber : http://www.mengbal.com
http://www.persibholic.co.id
Forum Diskusi Bobotoh Persib ( Facebook Page )

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Umuh – Drago Mulai Panas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s