Bintang Muda Baru di ISL 2011/2012

Putaran pertama Liga Super Indonesia telah berakhir. Sriwijaya FC untuk sementara masih menjadi pemuncak klasemen. Racikan Kashartadi, pelatih Sriwijaya FC, layak diacungi jempol. Ini pula yang membuat saya merasa Kashartadi layak diberikan penghargaan sebagai pelatih terbaik putaran pertama. Sebagai “unknown” ternyata Kashartadi mampu menjadikan Sriwijaya bermain atraktif dan menyerang.

Ada satu hal yang selalu saya amati setiap musim yaitu munculnya pemain – pemain muda yang menjadi tulang punggung tim. Pemain muda yang musim sebelumnya tidak terdengar, tahun ini mendapatkan kesempatan untuk “manggung” dan beberapa diantaranya sukses menjalani debut. Inilah beberapa pemain yang saya anggap bintang baru :

1. Jajang Sukmara

Pemain kidal ini sempat dipanggil timnas U-23 Sea Games Jakarta & Palembang, namun kala itu Rahmad Darmawan belum memasukkannya kedalam susunan pemain inti. Jebolan Saint Prima Bandung ini rupanya menjelma menjadi salah satu andalan Persib Bandung. Menempati pos bek kiri, Jajang membuktikan kualitasnya bahkan mengalahkan M.Nasuha. Selain itu Jajang juga ternyata produktif karena sejauh ini sudah berhasil mencetak 3 gol bagi Persib Bandung.

2. Yohanes Ferinando Pahabol

Saya tak pernah lupa bagaimana pemuda kelahiran 1990 membuat gol cantik ke gawang Gresik United dengan dadanya. Bahkan dipertandingan itu dia membuat dua gol. Belum cukup Yohanes Pahabol kembali membuat satu gol indah lewat tendangan lob ke gawang Mitra Kukar yang menjadikan Persidafon merebut 3 poin di Tenggarong. Tandem Patrich Wanggai ini mempunyai olah bola yang bagus dan kecepatan. Seakan saling melengkapi dengan Patrich yang sudah duluan dikenal publik sepakbola Indonesia. Pemuda bertubuh mungil ini merupakan jebolan Persiwa U-21.

3. Jaelaniu Arey

Jaelaniu Arey (no.49)

Saya baru sekali melihat penampilan langsung pemain kelahiran 1989 ini saat Persiwa bertandang ke Lamongan melawan Persela. Pada pertandingan yang berakhir imbang ini semua gol Persiwa diawali pergerakan Arey. Bahkan gol kedua dicetak atas namanya sendiri. Satu hal pemain ini berani melakukan tusukan – tusukan melalui kecepatan berlari yang dia miliki. Kehadiran Jaelani Arey menasbihkan tanah Papua yang tidak pernah kehilangan talenta berbakat. Sejauh ini ia sudah mencetak 5 gol bagi Persiwa.

4. Anindito Wahyu Erminarno

Striker berusia 23 tahun ini membuat saya terkesan karena dia tidak canggung dan tidak menunjukkan rasa gugup ketika berada di tim “bintang” Mitra Kukar. Harus bersaing dengan nama seperti Jajang Mulyana dan Marcus Bent, membuat ia selalu muncul dari bangku cadangan. Namun ketika pelatih Simon Mcenemy menurunkannya sebagai alternatif pemecah kebuntuan, striker muda ini bisa menjawab kepercayaan. Dua gol sudah ia cetak bagi tim Naga Mekes dari 6 kali turun main.

5. David Faristian

Seragam Kuning

Fredy Muli, arsitek Gresik United, menyebutnya senjata andalan ada pula yang menyebutnya supersub karena pemain kelahiran 1989 ini memang sering main sebagai pemain pengganti. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini berhasil membuktikan keandalannya ketika mencetak gol kemenangan Gresik United atas Deltras Sidoarjo. Dalam tim yang tidak terlalu gemerlap seperti tim lain, David mampu bersinar dan selalu menjadi pilihan Fredy Muli ketika tim menemui kebuntuan.

Itulah lima pemain muda yang masuk dalam penilaian pemain muda yang bersinar versi saya. Semoga saja para pemain ini bisa terus meningkatkan performa mereka dilapangan dan kelak menjadi pemain andalan timnas Indonesia dan semoga saja konflik sepakbola Indonesia segera berakhir agar bakat – bakat ini tidak tersia – siakan.

sumber : http://www.goal.com
http://www.bolanews.com
http://www.12paz.blogspot.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s