Nouvelle Fédération-Board

Nambah – nambah wawasan fren. Pergelaran Al-Nakbah Cup 2012 yang tengah diikuti oleh Indonesia di Palestina, ternyata diikuti pula oleh negara non anggota FIFA yaitu Kurdistan. Timnas Kurdistan ini merupakan tim yang berisi para pemain dari suku Kurdi di Irak. Tak aneh pula jika namanya Iraqi Kurdistan, karena memang suku Kurdi tinggal di negeri 1001 malam tersebut.

Kurdistan ini merupakan anggota N.F.-Board (Nouvelle Fédération-Board, NFB). Organisasi ini merupakan organisasi yang menaungi tim yang mempresentasikan satu bangsa, negara yang belum diakui, masyarakat minoritas, bangsa yang tak punya negara, region, dan negara mikro yang tidak masuk menjadi anggota FIFA.

NFB didirikan oleh Jean-Marc Bosman pada 12 Desember 2003. Familiar dengan nama Bosman? ya Pria Belgia eks pesepakbola inilah yang kasus kontrak pemainnya kemudian melahirkan Bosman Ruling – peraturan Bosman.

NFB ini diantaranya beranggotakan :

Arameans Suryoye
Gozo
Iraqi Kurdistan
Occitania
Padania
Provence
Sápmi
Two Sicilies
Southern Cameroons
Chechen Republic of Ichkeria national football team
Easter Island
Greenland
Kiribati
Northern Cyprus
Western Sahara – Sahrawi national football team
Sealand
Somaliland
Tibet
Yap
Zanzibar
Skåneland – Skåneland Football Federation
dan Papua Barat.

Salah satu mantan anggota NFB adalah Monako.

Layaknya FIFA mereka pun mengadakan semacam turnamen “piala dunia” yang mereka namakan VIVA World Cup. Viva World Cup ini dimulai dari tahun 2006 juaranya Sapmi, tahun 2008 dengan juara Padania, Tahun 2009 Padania, dan 2010 juga dijuarai oleh Padania. Sedangkan Viva World Cup 2012 akan dihelat di Kurdistan.

Yang penasaran ingin tahu seberapa ramai Viva World Cup ini, bisa dicari di youtube. Video dibawah ini merupakan partai Final Viva World Cup 2009 Padania vs Kurdistan.

Seperti yang telah dijelaskan diatas tentang siapa saja yang menjadi anggota NFB. Sang Juara Viva World Cup, Padania merupakan tim “tak resmi” yang diusung oleh partai politik Italia, Lega Nord. Padania diklaim merepresentasikan 8 wilayah di Italia. Para pemainnya pun merupakan para pemain Italia yang berkompetisi diberbagai level di Italia. Federico Cossato, penyerang Chievo, salah satu anggota “timnas” Padania.

Sedangkan juara tahun 2006, Sapmi, merupakan “timnas” yang dibentuk masyarakat suku Sami yang tinggal diwilayah Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Semoga ini bisa menambah wawasan teman – teman. Ternyata sepakbola ini memang mendunia.

sumber : www.wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s