Benci

Benci or hate apa maknanya? Pasti kita sudah mengetahui makna dari satu kata ini. Makna ” Tidak Menyukai” adalah makna yang umum dari kata benci ini.

Namun ada seseorang yang memberi arti lain dari kata benci ini. Menurut seseorang tersebut benci adalah perasaan cinta yang sangat/ekstrim terhadap sesuatu, termasuk kepada diri sendiri. Seseorang tersebut menggambarkan bahwa kita akan merasakan benci salah satunya ketika misalkan kita benci kepada seseorang yang asalnya dicintai karena menyakiti hati kita. Perasaan cinta yang sangat terhadap diri sendiri melahirkan perasaan tidak menyukai/benci kepada seseorang yang membuat kita patah hati.

Saya menyukai makna benci : perasaan cinta yang ekstrim terhadap sesuatu. Karena benci masih mempunyai “kekerabatan” dengan perasaan cinta. Orang bilang bahwa “cinta dan benci itu beda tipis”. Suatu perasaan cinta bisa berubah benci demikian pula benci bisa berubah cinta.

Bagai dua ujung magnet keduanya saling berhubungan. Elie Wiesel, seorang novelis mengatakan bahwa “kebalikan dari cinta bukanlah benci tetapi ketidakpedulian”.

Jika ditarik kedalam sebuah hubungan antar pria dan wanita, ungkapan Elie Wiesel ini ada benarnya juga. Jika sebuah hubungan masih menyisakan benci ini berarti masih ada rasa yang tertinggal. Dengan adanya benci pihak yang sakit hati akan masih terus memantau orang yang menyakitinya. Untuk sekedar tahu, atau untuk sekedar tahu dan menjadikannya bahan cemoohan, atau tahu dan kemudian meratapi nasib hubungan yang kandas.

Karena jika sebuah hubungan diakhiri tanpa ada perasaan benci, bisa jadi seseorang sudah tidak akan peduli lagi apa yang terjadi dengan sang mantan, bahkan jika tahu pun tak akan ada riak – riak dalam hatinya. Berbeda dengan benci yang masih mungkin riak – riak emosi timbul kapanpun.

Benci masih memberikan peluang cinta untuk tumbuh. Seperti cinta yang selalu menyediakan lahan untuk benci bisa tumbuh.

Mungkin yang terbaik, jika anda dalam sebuah hubungan, akhirilah ,jika memang harus berakhir, dengan perasaan ikhlas dan saling merelakan. Menyimpan cinta masih oke ketika sesuatu hubungan berakhir. Namun Tak ada guna menyimpan benci yang hanya akan membuat anda lelah secara mental. Membuat anda selalu dibayangi ketidaknyamanan pasca berakhirnya hubungan anda. Menghalangi langkah anda untuk melanjutkan hidup.

Jika harus berakhir, relakanlah ia, doakanlah ia agar kebahagiaan selalu untuknya. Berbesar hatilah karena kandasnya sebuah hubungan tak berarti akhir hidup anda.

Maka dari itu jauhkanlah benci jangan berikan ia ruang untuk hidup. Jikapun saat ini anda menyimpan kebencian buanglah jauh – jauh sebelum ia menggerogoti anda dalam kesia – siaan.

sumber : http://www.quotations.about.com
http://www.sigtaditya.blogspot.com
http://www.definitions.net

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Benci”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s