Tergantung kebutuhan aja

hem…sebagai seseorang yang kurang mengikuti perkembangan gadget, handphone, membawa saya kepada kebingungan ketika ingin membeli sebuah piranti alat komunikasi baru.

Saat ini ada dua operating system yang sedang bersaing Android dan Blackberry. Sementara Symbian yang digunakan Nokia nampaknya punya pangsa pasar tersendiri.

Android merupakan sistem operasi mobile seluler berbasis linux yang dikembangkan beberapa perusahaan yang dipimpin oleh Google. Dari terselebung.blogspot.com disebutkan beberapa keunggulan handphone yang menggunakan sistem Android seperti User Interface yang tidak membuat bosan pengguna sampai banyaknya aplikasi yang diunduh dan diinstal didalam android.

Belum lagi varian handphone berbasis android sangatlah banyak ( Termasuk tablet ). Cina pun kini merambah android. Kesimpulannya jika ingin membeli android sangatlah banyak pilihan yang tersedia.

Meskipun saya belum pernah menggunakan Blackberry ( BB ) namun melihat dari teman – teman yang menggunakan nampaknya BB ini kurang fleksibel. Keunggulan nyata dari BB adalah fasilitas Blackberry Messenger (BBm). Namun inipun sesungguhnya merupakan fasilitas terbatas karena BBm hanya bisa dinikmati sesama pengguna BB.

Kurang fleksibelnya BB terlihat dipenggunaan koneksi data. Kita harus registrasi paket data sebelum menggunakan BB. Pun paket – paket yang ditawarkan kadang tidak mencakup keseluruhan kebutuhan pengguna. Ada paket yang hanya bisa digunakan untuk social media, tapi tidak untuk browsing secara bebas.

Nah dalam segi fleksibilitas Android dan Symbian lebih unggul. Ditambah kini muncul berbagai macam aplikasi chatting yang memungkinkan seseorang terhubung dengan android, symbian, blackberry.

Memang jika kita berada dalam satu lingkungan para pengguna BB, rasanya menggunakan BB akan lebih mendukung kita.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa semuanya kembali kepada kebutuhan kita. Mau blackberry, android atau symbian semuanya kembali kepada kebutuhan masing – masing.

Juga jangan sampai kita ikut – ikutan mode, beli sebuah handphone dengan sistem tertentu tapi tidak mengerti fungsi dan tidak tahu keunggulan apa saja yang dimilikinya.

Bagi saya, rasanya pilihan saya hanya ada 2 yaitu antara android dan symbian. Karena saya suka fleksibilitasnya dan ga ribet mesti registrasi paket data.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s