Time Out??

Pada pertandingan kualifikasi Grup E antara Indonesia melawan Australia di Stadion Utama Riau semalam yang berkesudahan 0 – 1 untuk Australia, ada kejadian menarik. Saya hanya melihatnya pada menit -76 babak II, namun katanya kejadian ini juga terjadi di babak I.

Wasit Tan Hai asal Cina pada pertandingan ini dua kali memberikan waktu time out kepada para pemain dua kesebelasan selama 2 – 3 menit untuk mengambil minum.

Pada menit – 76 ini terjadi sesaat sebelum, tendangan bebas bagi Indonesia ditepian kotak penalti Australia dilakukan.

Entah pemain Australia kelelahan atau wasit yang juga kehausan, namun kejadian seperti ini cukup “unik” mengingat dalam sepakbola tidak ada peraturan time out seperti dalam Basket.

Dalam Laws of The Game FIFA bab Power and Duties Referee, tidak ada satupun poin yang menyatakan bahwa pertandingan berhenti karena kedua kesebelasan harus minum. Sedangkan pada pertandingan kemarin wasit Tan Hai memang sengaja menghentikan pertandingan untuk minum.

Pada bab Durasi Pertandingan, disitu disebutkan bahwa waktu dalam pertandingan boleh hilang ( terjemahan bebas dari allowance of time lost ) karena pergantian pemain, perawatan pemain cedera, pemindahan pemain cedera keluar lapangan, wasting time, dan sebab lainnya.

Mungkin Tan Hai mengambil alasan sebab lainnya untuk memberikan kedua kesebelasan waktu minum.

Meskipun pada situs the-afc.com disebutkan bahwa cuaca di Riau semalam dengan hot dan humid namun bagi saya rasanya bukanlah alasan untuk wasit menghentikan sejenak pertandingan karena haus. Apalagi jika melihat pada babak II para pemain Australia kehabisan napas.

Toh, selama ini faktor cuaca bisa dibilang menjadi sebuah keunggulan tuan rumah. Tim tamu harus siap dengan faktor cuaca dan iklim satu tempat.

Jadi apakah wasit haus atau sebuah keuntungan bagi Australia karena sampai 2 kali diberikan time out karena wasit menganggap mereka kelelahan?

Apa yang akan dilakukan PSSI?? karena time out kemarin terutama yang terjadi di babak II bisa dibilang sangat mengganggu konsentrasi. Pertandingan dihentikan saat pagar pemain Australia sudah dibentuk dan pemain Indonesia siap mengambil tendangan bebas…eh wasit nyuruh minum dulu.

So…apa yang akan dilakukan PSSI?

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s