Bisnis?

Berbekal dari pengalaman ketika istri menjelang mengalami persalinan, bagi anda para suami yang sedang dag – dig – dug, cobalah diyakinkan dulu sebelum memilih rumah sakit atau klinik tempat bersalin, tanyakan dulu apakah bayi ketika baru lahir akan diberi susu formula atau tidak. Sering ini menjadi masalah apalagi bagi para orangtua yang mendambakan memberikan ASI eksklusif kepada anak mereka.

Beberapa hari yang lalu ketika membesuk sanak saudara yang baru saja melahirkan, kami cukup kaget dengan pemberian susu formula oleh pihak rumah sakit padahal si Ibu ASInya berlimpah.

Alasan pihak rumah sakit adalah si Ibu masih mengeluarkan kolostrum ( cairan warna bening dari puting diproduksi tubuh pada masa akhir kehamilan ) belum ASI benar, sehingga perlu diberikan dulu susu formula takut bayinya tidak kenyang.

Alasan ini sangatlah berbeda dengan penjelasan yang kami dapat tentang kolostrum dirumah sakit tempat istri saya melahirkan. Mereka mengatakan bagus bayi diberikan Kolostrum, apalagi ketika bayi baru lahir cadangan lemaknya masih banyak sehingga tidak perlu kenyang – kenyang amat.

Cek sumber di internet kolostrum ini ternyata sangat baik bagi bayi. Berikut beberapa manfaatnya :

Kolostrum berkhasiat khusus untuk bayi dan komposisinya mirip dengan nutrisi yang diterima bayi selama di dalam rahim.

Kolostrum bermanfaat untuk mengenyangkan bayi pada hari-hari pertama hidupnya

Seperti imunisasi, kolostrum memberi antibodi kepada bayi (perlindungan terhadap penyakit yang sudah pernah dialami sang ibu sebelumnya).

Kolostrum juga mengandung sedikit efek pencahar untuk menyiapkan dan membersihkan sistem pencernaan bayi dari mekonium.

Kolostrum juga mengurangi konsentrasi bilirubin (yang menyebabkan bayi kuning) sehingga bayi lebih terhindar dari jaundice.

Kolostrum juga membantu pembentukan bakteri yang bagus untuk pencernaan.

Lantas dengan dua alasan yang berbeda, apa mungkin tiap dokter kandungan beda – beda pemahaman? apa mungkin karena sekolahnya beda sehingga beda pemikiran. Apa mungkin ini permainan bisnis rumah sakit dengan produsen susu?

Entahlah tapi bagi anda para orangtua yang mendambakan ASI ekslusif, harus cermat benar memeriksa perawatan bayi baru lahir dirumah sakit yang akan dipilih.

ASI, tanpa perlu diterangkan lebih jauh karena sudah jadi pengetahuan umum, merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar mengenyangkan bayi. Dalam ASI terkandung berjuta manfaat alami yang diproduksi secara alami tanpa proses kimia. Sedangkan susu formula, bisa anda bayangkan sendiri proses pembuatannya, pastilah yang namanya kimia ada disitu.

Sangatlah disayangkan jika masih ada rumah sakit yang memberikan susu formula kepada bayi baru lahir dengan memanfaatkan “keawaman” pasien. Dengan alasan apapun, terbatasnya ruangan rawat atau apapun seperti kejadian diatas.

Bagi anda para muslim, pemberian ASI sudah diperintahkan kepada Ibu dalam Islam. Dperintahkan selama 2 tahun ASI diberikan. Selain manfaat bagi bayi, ASI juga akan semakin mengeratkan tali kasih antara ibu – anak.

Pesan saya kepada para calon orangtua sekali lagi agar cermat dalam memilih rumah sakit. Jangan tertipu. Kini trend pengasuhan dan perawatan bayi kembali lagi kepada ASI ekslusif, sesuatu yang telah disyaratkan Al-Qur’an berabad – abad sebelumnya.

Bagi pihak rumah sakit pun jangan lagi memanfaatkan ketidaktahuan pasien, justru mereka yang bergerak dibidang kesehatan harusnya lebih waspada, lebih sadar untuk mendorong dan ikut mendukung terciptanya generasi – generasi yang sehat, bukan malah mendukung satu perusahaan susu.

Cermatlah.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s