Catatan Liga Super 2011/2012

Liga Super Indonesia musim 2011/2012 tuntas sudah. Sriwijaya FC menjadi yang terbaik musim ini dengan torehan 25 kemenangan, 4 draw dan 5 kali kalah. Laskar Wong kito juga tercatat sebagai tim paling produktif dengan catatan 71 kali membobol gawang lawan. Mereka pun menjadi tim yang kuat dikandang maupun saat tandang.

Tiga tim akhirnya terdegradasi ke divisi utama musim depan. PSMS Medan ( peringkat 16 ), Deltras Sidoarjo ( Peringkat 17 ) dan PSAP Sigli ( peringkat 18 ). PSAP pun juga membukukan “prestasi” lainnya dengan raihan kartu kuning terbanyak yang didapat oleh pemain mereka Muhammad Ali.

Namun sebagai tim yang finish terakhir PSAP bukan tim dengan pertahanan terburuk. Jika ukuran yang dipakai kemasukan gol, maka Gresik United tercatat sebagai tim dengan pertahanan paling “lemah” dengan jumlah kemasukan 69 gol.

Gresik sebagai penghuni peringkat 15 masih punya kesempatan untuk bertahan di Liga Super dengan syarat menang saat play off melawan peringkat 4 divisi utama musim ini, PSIM Yogyakarta. Laga playoff akan dihelat di Palembang pada 17 Juli 2012.

Alberto “beto” Goncalves di detik – detik terakhir kompetisi akhirnya mampu mengkudeta Keith Kayamba Gumbs dalam perburuan gelar top scorer. Beto mencetak 25 gol selisih 3 gol dari raihan Keith Kayamba Gumbs.

Agaknya Persija mesti berterimakasih kepada dua penjaga gawang mereka Galih Sudaryono dan Andrittany Ardhyasa karena berkat peran mereka, Persija menjadi tim dengan paling banyak clean sheet dengan catatan 14 kali gawang mereka gagal dibobol lawan.

Persija juga mencatat rekor penonton paling banyak ketika menjamu Persib Bandung di Gelora Utama Bung Karno 27 Mei 2012. 50.000 penonton hadir langsung menyaksikan pertandingan yang berkesudahan 2 – 2.

Catatan negatif pun mewarnai Liga Super Indonesia yang musim ini dicap Liga Pemberontak oleh PSSI. Kasus telatnya pembayaran gaji oleh beberapa klub kembali menjadi fenomena pada tahun ini. Klub yang mulai meninggalkan APBD agak ngos – ngosan dalam upaya mereka beradaptasi.

Kasus kekerasan antar suporter kembali terjadi. Paling fenomenal adalah kematian Almarhum Rangga yang terbunuh saat menyaksikan pertandingan Persija – Persib di Gelora Utama Bung Karno. Almarhum yang merupakan bobotoh Persib akhirnya menutup mata untuk selamanya setelah ketahuan sebagai bobotoh Persib ditengah – tengah the Jack.

Kepergian Rangga kembali menghangatkan wacana perdamaian antara Viking – The Jack yang terkatung – katung. Kedua belah pihak saling menyalahkan. Namun saya melihat kedua pihak memang tak mau berdamai dalam waktu dekat ini.

Meski para pelaku sudah dipenjarakan polisi, namun kasus ini masih jauh dari kata selesai dalam artian mendapatkan putusan pengadilan.

Bukan hanya kekerasan suporter tetapi pemain pun memperlihatkan “kegarangan” mereka kepada wasit. Beberapa insiden pemukulan terhadap wasit terjadi akibat pemain merasa tak puas dengan putusan wasit. Salah satunya adalah pemukulan Herman Batak kepada wasit saat Deltras Sidoarjo diganjar penalti kala melawan Persib Bandung.

Banyak penyebab tentang keganasan pemain ini. Ketidakpahaman kepada Law Of The Game, emosi karena gaji tersendat, dan akibat dualisme kompetisi sehingga klub berani mengancam keluar dari kompetisi jika dihukum.

Satu yang pasti Komisi Disiplin PT.LI baru bergerak setelah banyak kritikan terhadap mereka. Kelalaian Komisi Disiplin membuat para pemain semakin berani menentang wasit.

Musim depan masih merupakan wilayah abu – abu baik bagi Liga Super Indonesia maupun Liga Prima Indonesia. Sejak AFC membentuk joint comitte yang beranggotakan PSSI dan KPSI yang salah satu tugasnya untuk mengakhiri dualisme kompetisi dengan merumuskan format kompetisi baru musim depan.

Apakah akan dilebur? atau satu kompetisi tetap dijalankan? penggemar sepakbola Indonesia masih menunggu kepastian. Hanya menurut rumor kompetisi akan dimulai Januari 2013.

sumber: http://www.wikipedia.org
http://www.liga-indonesia.co.id

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s