Ranking 168

Peringkat Indonesia di ranking FIFA kembali jatuh. Pada ranking yang dirilis 5 September 2012, Indonesia menempati ranking 168. Posisi ini bahkan dibawah Singapura ( 161 ) dan Malaysia ( 156 ). Indonesia bahkan kalah dari Vanuatu peringkat 167, negara yang jarang terdengar dalam persepakbolaan dunia.

Indonesia bahkan juga disalip oleh Filipina, karena negara tersebut berada di ranking 150. Vietnam berada di peringkat 146.

Jarangnya Indonesia bertanding pada pertandingan berkategori FIFA Match berdampak pada turunnya peringkat Indonesia. Pertandingan – pertandingan melawan klub Eropa, tidak masuk hitungan. Karena FIFA hanya menghitung pertandingan antar negara.

Turnamen Al-Nakba Palestina beberapa waktu yang lalu pun, tidak termasuk dalam hitungan, karena turnamen tersebut bukan agenda resmi FIFA dan pesertanya pun ada yang bukan anggota FIFA.

Seberapa penting ranking FIFA ini? Ranking ini digunakan oleh FIFA untuk mengukur sejauh mana kemajuan dan kemampuan aktual tim nasional satu negara. Selain itu dalam kompetisi FIFA ranking ini digunakan untuk penentuan undian grup, seperti contohnya dalam kualifikasi Piala Dunia.

Ranking 168 adalah ranking Indonesia sekarang. Ini menunjukkan sejauh mana kemampuan timnas kita yang dimata FIFA lebih buruk dari Vanuatu. Dualisme kompetisi, dualisme organisasi dan kini mengarah pada dualisme timnas ikut menyebabkan jatuhnya ranking Indonesia.

PSSI setidaknya mesti memikirkan bagaimana mengatrol kembali ranking Indonesia. Ini merupakan ranking terendah Indonesia sepanjang sejarah. Terlalu muluk – muluk nampaknya jika PSSI ingin menyamai rekor pencapaian tertinggi Indonesia pada tahun 1998 yaitu di posisi 76.

Dengan kekuatan timnas sekarang, juga ditambah dengan pola PSSI yang lebih mementingkan pencitraan, rasanya naik menyamai Filipina adalah sebuah hal yang disyukuri. Bahkan dengan kekuatan timnas yang sekarang, banyak pihak ragu apakah pencapaian piala AFF 2010 akan bisa dilewati atau setidaknya ditiru.

sumber : www.fifa.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Ranking 168”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s