Ujung Genteng

Cuma sekedar share tempat alternatif untuk hiburan dan liburan. Jika menginginkan objek wisata yang tidak terlalu ramai, masih bersih, harga – harga barang standar, pemandangan indah, dan mudah dijangkau kenapa tidak kawan mencoba berkunjung ke Ujung Genteng.

Berjarak sekitar 125 Km ( begitu yang tertera dipapan penanda jalan ) dari Kota Sukabumi, Ujung Genteng yang menawarkan pantai yang tenang, masih alami,sangat mudah dijangkau baik dengan roda dua atau roda empat. Akses jalan sudah beraspal untuk menuju kesana. Jalanan yang meliuk – liuk dari awal sampai ke tujuan sangat enak untuk dilewati apalagi buat yang seneng touring pake motor. Hanya bolong – bolong dijalan dan permukaan tidak rata yang mengharuskan kita sedikit ‘awas” berkendara.

Perjalanan bisa ditempuh sekitar 4 jam untuk sampai ke lokasi. Bisa mengambil arah ke Surade atau juga bisa mengambil arah ke Pelabuhan Ratu kemudian di pertigaan Bagbagan belok kiri membelah kebun teh untuk sampai ke Ujung Genteng. Anda tidak akan kesulitan karena penunjuk jalan mudah dijadikan panduan.

Pemandangan sepanjang jalan, lebih didominasi dengan nuansa pedesaan, perkebunan, pohon – pohonan. Membuat perjalanan memberikan kesan lain. Suasana masih bisa dibilang sepi selama perjalanan. Dalam radius beberapa kilometer sepanjang jalan kita akan menemui pusat – pusat perdagangan didaerah Jampang dan Surade yang memang akan terlewati. Selebihnya kita akan menemui kelengangan selama perjalanan.

Pantai Ujung Genteng sendiri merupakan pantai yang tenang. Pagi sampai dengan senja ombak tidak akan sampai ke pesisir. Ombak hanya akan terlihat dikejauhan sekitar jarak 200 meter dari pesisir.Jangan khawatir kita masih bisa berenang karena meskipun ombak hanya dikejauhan namun area pesisir terendam air laut yang memungkinkan kita berenang.

Air yang surut dipagi hari meninggalkan karang - karang yang diselaputi lumut
Air yang surut dipagi hari meninggalkan karang – karang yang diselaputi lumut

Pesisir pantai dipenuhi dengan bebatuan yang terbentuk dari karang – karang. Tidak tajam sehingga tanpa alas kaki pun santai – santai saja melangkah. Pasir sendiri akan ditemui pada jalan.

Penginapan disana bisa dibilang murah. Pondokan yang disewakan warga setempat dengan dua kamar dan satu ruang tamu bisa disewa permalam dengan harga sekitar 300 ribuan. Fasilitas lainnya adalah listrik dan air bersih ( jet pump ). Jika menginginkan penginapan yang lebih lengkap pun tersedia disana.

Berlibur di Ujung Genteng terasa nyaman karena sepinya suasana. Tidak ada para penjual suvenir yang menjajakan dagangannya pun juga harga – harga masih dalam batas wajar.

Sepi, nyaman, dan eksotis, tiga kata itu yang menurut saya sangat pas untuk Ujung Genteng.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s