Shag Harbour Incident

Shag Harbour UFO Incident. Mungkin telat menulis ini namun kejadian pada 4 Oktober 1967 di Shag Harbour, desa kecil di Provinsi Nova Scotia Kanada, membawa kita kepada salah satu istilah baru yang merujuk kepada objek bergerak dalam air yang tidak dikenali atau USO ( Unidentified Submerged Object ).

Pada malam 4 Oktober 1967 pukul 23.12, sekitar sebelas orang penduduk lokal menyaksikan objek yang terbang rendah dan kemudian jatuh ke teluk Maine dekat Shag Harbour. Banyak saksi menjelaskan bahwa mereka mendengar suara mirip bom yang diikuti suara riak air yang keras dan kemudian diakhiri dengan ledakan keras.

Laurie Wickens dan 4 penduduk lokal lainnya melaporkan melihat objek besar jatuh ke air dan juga mereka melihat objek tersebut mengambang pada 250 – 300 meter dari pesisir teluk Maine. Pada saat itu Laurie Wickens yang mengontak RCMP ( Royal Canadian Mounted Police ) melaporkan ada pesawat jatuh.

10 orang Polisi kemudian datang ke tempat kejadian untuk menyelidiki dan mencari korban yang selamat tetapi sebelum mereka sempat turun ke air untuk melakukan upaya penyelamatan, objek itu hilang dari pandangan.

Setengah jam kemudian pencarian dilakukan. Namun tidak ada mayat, puing – puing, ditempat kejadian. Esok paginya Rescue Coordination Centre ( RCC ) menegaskan bahwa tidak ada pesawat milik maskapai atau pihak lainnya dilaporkan hilang. RCC pun mengirimkan laporan kepada angkatan udara Kanada mengenai hal ini. Laporan ini dilabeli ” UFO Reports “.

Tingkat kemisteriusan objek yang jatuh di Teluk Maine ini bertambah setelah angkatan laut Kanada dan angkatan laut Amerika melaksanakan penyelidikan yang sangat rahasia tentang insiden ini.

Salah satu keterangan dari pihak militer menyebutkan bahwa radar menangkap objek yang jatuh ini muncul di Siberia. Objek ini pula disebut menyelam dalam air layaknya kapal selam.

Keterangan lain menyebutkan objek tidak dikenal ini jatuh kedalam air dan kemudian bergerak sejauh 25 ke sebuah lokasi yang dikenal dengan nama Government Point. Pihak Militer Kanada maupun Pihak Militer Amerika sama – sama mendeteksi objek ini dan mengikuti pergerakannya selama hampir 3 hari.

Ketika Kanada dan Amerika hendak melakukan operasi militer untuk mengejar objek ini, ternyata UFO lain terdeteksi.

Pengejaran yang dilakukan oleh kedua negara ini mengalami sedikit “gangguan” setelah kapal selam milik Rusia terdeteksi juga mendekati perairan Kanada.

Pada saat itu kedua objek yang tidak dikenal ini bergerak kembali menuju teluk Maine. Pihak Militer Kanada dan Amerika melakukan pengejaran . Tetapi kedua objek ini berhasil lolos dengan cara muncul ke permukaan dan kemudian terbang.

Keterangan – keterangan tentang Insiden ini disebut sangat sulit didapatkan karena pihak – pihak yang berkompeten memberikan keterangan dan terlibat dalam penyelidikan terlihat ditekan agar tidak membocorkan apa yang terjadi kepada pihak manapun.

Karena itu, sampai saat ini tidak ada kejelasan tentang Insiden yang mengguncang Shag Harbour 45 tahun yang lalu ini.

sumber :

www.wikipedia.org

www.dewabrata-ceritadunia.blogspot.com

www.ufocasebook.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s