Keep Semangat

Semangat. Kata ini yang hampir selalu menjadi pembuka ketika siaran. Hampir setiap jadwal pagi siaran, saya selalu mengucapkan kata ini. Tidak hanya jadi bagian salam pembuka tapi juga kadang menjadi topik bahasan.

Semangat ibaratnya bahan bakar dalam diri kita yang akan menggerakkan kita menuju satu tujuan. Semangat bisa tumbuh dari apa saja. Kenyamanan suasana, ketenangan hati dan pikiran, bahkan amannya kondisi finansial bisa membuat kita semangat.

Semangat bisa luntur salah satunya karena kondisi yang tidak mendukung tujuan kita. Semangat bisa hancur pula ketika kita terlalu banyak takut dan kita menyerah sebelum bertarung.

Susah – susah mudah menjaga semangat ini agar selalu dalam kondisi baik yang mendukung langkah kita. Karena semangat akan selalu menjadi api yang membara membuat kita selalu berusaha meski kelelahan begitu kita rasakan.

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga semangat. Beberapa tips yang saya dapat dari searching di internet menyebutkan bahkan melihat tanaman – tanaman hijau dipagi hari akan membantu kita mempertahankan semangat. Tertawa pun bisa membuat kita bersemangat. Energi tertawa yang mengeluarkan keceriaan dari dalam hati akan sangat berpengaruh pada suasana hati.

Bisa juga semangat kita pertahankan dengan menyadari begitu pentingnya tujuan yang akan kita capai. Begitu inginnya kita mencapai satu tujuan karena selalu menjadi mimpi yang ada di benak kita.

Semangat bisa pula dipertahankan oleh rasa penasaran. Meskipun dengan adanya kondisi yang tidak mendukung tujuan kita, rasa keingin tahuan, rasa penasaran akan membangun semangat kita.

Sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan teman, manusia bisa juga mempertahankan semangat dengan berbagi pikiran dengan teman ketika kita menemukan jalan buntu dalam langkah kita mencapai tujuan.

Hanya saja tidak semua teman bisa membantu kita dalam berbagi pikiran. Tidak semua teman bisa memberikan pemikiran positif yang berbeda, sebagian diantaranya hanya bisa mendengarkan. Tapi apapun ketika mencurahkan permasalahan kita, meski tanpa respon, setidaknya kita akan sedikit merasa lega.

Ketika kita semangat mulai luntur karena banyak rintangan yang menghalangi jalan kita, kadang kita perlu beristirahat sejenak untuk men-charge kembali “baterai” tubuh dan jiwa kita.

Lupakan dan tinggalkan sejenak jalan yang sedang anda tapaki, carilah dahulu senyuman, tertawa, dan kegembiraan. Tak jarang ketika anda sedang tertawa anda bisa tiba – tiba menemukan kunci untuk melompati semua rintangan.

Banyak cara bagi kita untuk selalu menjaga semangat. Semua orang punya caranya sendiri. Namun rasanya yang harus selalu dimiliki adalah kesadaran akan pentingnya satu tujuan, untuk apa kita mewujudkan tujuan itu dan kehendak yang kuat untuk tujuan itu.

Karena bisa saja ketika semangat mulai hilang dan kita mencari cara untuk membangkitkan semangat lagi, ternyata semangat tak muncul lagi. Karena kita sendiri tidak mengetahui untuk apa kita mewujudkan tujuan itu. Jadi sebelum memulai, merencanakan, beraksi, jawablah dulu pertanyaan “untuk apa?”. Ketika anda sudah bisa menjawab dan jawabannya betul – betul meresap kedalam jiwa, inilah yang akan selalu menjaga semangat kita.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “Keep Semangat”

  1. Lantas bagaimana saya menjaga semangat tetap membara? Pertama, saya selalu “menghidupkan” mimpi-mimpi yang ingin saya wujudkan dalam hidup setiap hari. Menjelang subuh atau usai sholat subuh saya selalu mengingat 5 mimpi besar yang ingin saya wujudkan dalam hidup. Saya bayangkan bila 5 mimpi besar itu terwujud, betapa banyak orang yang bisa tersenyum, betapa banyak orang yang bisa hidupnya semakin berarti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s