Kami Tetap Bangga

source : http://www.bisnis-jabar.com

Celebes Cup II yang berhasil dimenangkan Persib Bandung lewat gol tunggal M.Ridwan ke gawang Sriwijaya FC hari minggu lalu, sedikitnya mengobati dahaga gelar Persib yang telah 17 tahun tanpa raihan trophy. Bobotoh bersuka cita atas gelar pertama musim ini ditangan pelatih anyar, Jajang Nurjaman.

Tapi ternyata suksesnya Persib ini, kembali memunculkan nada – nada negatif yang disuarakan satu kubu. Sudah tak aneh dan bukan salah lagi, kaum pembela PSSI yang begitu cemburu melihat kesuksesan Persib.

Turnamen ilegal, turnamen ditunggangi KPSI, bobotoh tidak usah bangga, adalah beberapa komentar – komentar negatif seiring penyelenggaraan Celebes Cup II.

Sebelum turnamen dimulai nada negatif sudah muncul diantaranya juara Celebes Cup sudah diatur. Masih banyak lagi suara – suara sumbang yang cukup membuat naik emosi.

Mengenai turnamen legal atau ilegal, bukanlah satu hal yang mesti dibahas panjang. Ini turnamen pra-musim dan tidak diselenggarakan oleh federasi sepakbola. Bayangkanlah ini sebuah turnamen ujicoba/pemanasan/ persiapan klub. Klub – klub Eropa pun sering melakukan ini ketika sedang melakukan pra musim, tanpa perlu mempertanyakan status dari turnamen. Pandanglah ini seperti Emirates Cup atau Amstermdam yang sama – sama berstatus turnamen pra musim.

Pada situs wikipedia turnamen semacam ini disebut Friendly Association Football Tournament. Ingat ada kata “Friendly”. Pertandingan friendly rasa – rasanya tidak perlu mempermasalahkan status legal atau ilegal. Bahkan saat kompetisi berjalan pun, satu klub bisa melakukan friendly match pada saat tak bertanding.

Tempat yang berpindah tidak sesuai dengan nama Celebes ( Sulawesi ) juga tidak masalah. FA ( Badan Sepakbola Inggris ) pun sering mengadakan turnamen pramusim di Asia tanpa masalah. Premiere League Asia Trophy terakhir diadakan tahun 2011 di Hongkong dengan peserta Chelsea, Blackburn Rovers, Aston Villa, dan Kitchee SC.

Mengenai izin polisi yang sempat terhambat juga pada akhirnya tidak menjadi masalah, karena ini merupakan kelalaian panitia pelaksana. Meski sempat mundur jam, namun turnamen berjalan lancar dalam 2 hari penyelenggaraan.

Turnamen ditunggangi KPSI adalah khas suara pembela PSSI. Tak lain adalah bentuk kecemburuan mereka melihat turnamen yang meriah. Saat ini status Liga Super Indonesia sudah diakui oleh AFC, juga beberapa anggota KPSI menjadi anggota Joint Comittee ( JC ), lantas apa yang perlu dipermasalahkan??.

Sakit hati PSSI adalah karena Persib keluar dari LPI. Sayangnya hijrahnya Persib ke LSI tidak pernah PSSI sadari sebagai kesalahan mereka. Jika saja waktu itu Djohar Arifin dkk membuat kongres lagi yang mengamandemen keputusan kongres Bali, rasanya klub – klub Liga Super tidak akan pindah. Inilah kesalahan PSSI yang main labrak aturan.

Suara – suara sumbang pun adalah suara – suara sakit hati. Bahkan tak jarang mereka menggunakan istilah cerdas dan bodoh untuk membuat satu pemisah yang jelas, bahwa yang sakit hati adalah yang cerdas. Hanya saja apapun yang mereka jabarkan semakin menampakkan kebodohan mereka. Alasan – alasan mereka buat untuk memaksakan keyakinan mereka kepada orang lain. Seperti diatas, ini friendly turnamen, kenapa harus mempertanyakan status legal – ilegal.

Pada akhirnya bagi saya selaku bobotoh, menang adalah sukacita dan kalah adalah untuk perbaikan. Pertandingan bertajuk apapun, lawan siapapun, jika berakhir kemenangan tetap akan menghadirkan kegembiraan dan kebanggaan. Trofi Celebes Cup II jelas akan menambah koleksi trofi Persib dan tertulis dalam riwayat klub ini.

Bagi kaum yang sering mencaci kami, percayalah semakin kalian mencaci kami, semakin kalian menyebar kebohongan, maka semakin terlihat kami lebih baik dari kalian, kebesaran klub kami tak akan pernah luntur, dan kalian terlihat semakin bodoh juga mungkin saja keyakinan kalian sudah goyah.

Hidup Persib !!!!!!!!

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s