The Issues is Sergio Van Dijk

Rumor itu berjudul ” Sergio Van Dijk” . Striker asal Belanda yang punya garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya masih menjadi salah satu bahasan utama bobotoh. Diawal musim ISL 2012 / 2013 ia sempat diisukan akan dikontrak tim Maung Bandung. Nyatanya sampai 2 pertandingan berjalan, Sergio Van Dijk, masih belum ada.

Image

Harga yang cukup mahal dan habisnya slot pemain asing Persib menjadi kendala. Alasan terakhir mungkin sebentar lagi akan terselesaikan, karena sejak jauh – jauh hari, Sergio Van Dijk sempat akan dinaturalisasi. Hanya saja karena Indonesia tidak menganut dua kewarganegaraan, kabarnya Sergio masih mempertimbangkan jadi WNI. Beberapa pesepakbola Belanda yang punya garis keturunan Indonesia urung menjadi WNI karena masalah kewarganegaraan Belanda yang harus mereka lepas.

Masalah harga jadi kendala utama. Karena jika pun Sergio tidak jadi dinaturalisasi, maka pertengahan musim bisa saja ada pemain asing yang dilepas agar tersedia satu slot pemain asing.

6 hari lalu, seperti yang dikutip dari JPPNN.com, manajemen Persib masih menggali sumber dana untuk membayar uang muka transfer Sergio Van Dijk yang sudah berstatus free agent setelah kontrak kerjanya dengan Adelaide United usai.

Direktur Marketing PT.PBB, M.Farhan, menyebutkan Sergio akan menjadi investasi terbesar Persib. Kontrak yang besar dan diharapkan pula kedatangan Sergio Van Dijk bisa lebih mendongkrak keuntungan Persib.

Seberapa spesial Sergio Van Dijk? sehingga 2 tahun kebelakang ia sempat diisukan akan segera dinaturalisasi karena dibutuhkan timnas dan sekarang Persib bernafsu mendatangkannya.

Catatan gol Sergio dari wikipedia.org, memang cukup membuktikan ketajamannya. Saat di Helmond Sport di Eerste Divisie dari tahun 2002 – 2005 dalam 87 penampilan ia mencetak 13 gol.  Tahun 2005 – 2008 ia habiskan bersama Emmen masih di Eerste Divisie. Dari 98 penampilan ia mencetak 32 gol.

Rasio gol Sergio membaik ketika ia pindah ke A-League bergabung dengan Brisbane Roar. Dari 50 pertandingan ia mencetak 25 gol atau dalam rata – rata 2 pertandingan ia mencetak 1 gol selama 2 musim.

Tahun 2010 – 2012 ia pindah ke Adelaide United. Musim 2010/2011 ia meraih Golden Boot A- League dengan raihan 16 gol. Musim berikutnya Sergio mencetak 8 gol dari 22 penampilan di Liga.

Pemain yang punya label clothing dengan nama Sixlovesnine ini mempunyai gaya permainan sebagai target man. Pergerakan Sergio Van Dijk kebanyakan dikotak penalti. Pada waktu Adelaide United melawan Persipura di Liga Champions Asia musim lalu, Sergio lebih banyak menunggu umpan dikotak penalti, mencari celah diantara kepungan pemain bertahan.

Kaki andalannya adalah kaki kiri. Punya kecepatan yang cukup untuk ukuran striker dan juga umpan – umpan yang cukup terukur. 6 assist dimusim pertama bersama Brisbane Roar cukup membuktikan. Meskipun di 3 musim terakhir ia hanya mengumpul 8 assists.

Apakah Sergio Van Dijk akan setara dengan harga mahalnya ketika usianya sudah 30 tahun?

Jawabannya akan bisa kita lihat (mungkin saja dipertengahan musim, karena tenggat waktu pendaftaran pemain ISL sudah terlewati), jika Persib resmi memboyong pemain kelahiran Belanda yang namanya terinspirasi dari bintang Brazil di Piala Dunia 1982, Sergio Chulapa. Atau juga klub lain yang justru akan menggunakan jasanya? semua jawaban masih bisa terjadi.

 

sumber :

www.wikipedia.org

www.jpnn.com

www.abc.net.au

 

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s