Dybbuk

Dybbuk. Kata ini berkaitan dengan dua film ( satu sudah ditonton dan satu mau ditonton ). Pertama The Unborn yang dirilis pada 2009 ( saya nonton 2 minggu lalu disalah satu tv ). Kedua, The Possession, film yang dirilis tahun 2012. Keduanya film horor dengan “bintang utama” Dybbuk.

Dybbuk merujuk pada iblis yang sering merasuki tubuh orang yang sudah mati. Kepercayaan terhadap dybbuk ini muncul dari mitologi Yahudi dan muncul pertama kali dalam tulisan pada abad ke – 16.

Dalam film The Unborn, dybbuk merasuki anak kecil yang sudah mati dan kemudian menghantui keluarga si anak dengan tujuan mencari tubuh baru yang bisa ia tempati. Sedangkan dalam film The Possession, dybbuk ini disekap dalam sebuah kotak atau disebut Dybbuk Box.

Ada satu yang menarik ketika saya melihat trailer film The Possession di youtube. Tertulis disitu “based on true story”. Penasaran langsung googling akhirnya saya menemukan cerita nyata yang mendasari pembuatan film ini.

Kisah nyata ini uniknya diawali dari lelang ebay.Dybbuk box merupakan kata yang digunakan Kevin Mannis sebagai keterangan kotak/peti yang dia jual di ebay. Menurut keterangan Kevin, ia membeli kotak itu pada tahun 2001.

DBox_250_082412

Kevin menyebutkan kotak itu asalnya dimiliki dari korban Holocaust Nazi bernama Havela yang bisa lolos dari kamp konsentrasi Nazi dan kabur ke Amerika Serikat. Cucu dari Havela mengungkapkan bahwa kotak itu dibeli di Spanyol ketika Havela kabur dari kamp konsentrasi.

Selama dimiliki oleh Havela, kotak itu selalu disimpan diruang menjahit Havela dan tidak ada pernah dibuka karena disebutkan bahwa Dybbuk tinggal didalam kotak itu.

Pada awalnya Kevin, setelah menerima keterangan dari cucu Havela, mencoba mengembalikan kotak itu kepada keluarga Havela karena menganggap itu adalah warisan keluarga. Namun niat Kevin itu ditolak oleh Keluarga Havela dan lebih memilih menyerahkannya kepada Kevin.

Pada saat kotak itu dibuka oleh Kevin, didalamnya terdapat 2 koin receh dari tahun 1920, seikat rambut berwarna pirang, seikat rambut warna hitam, patung kecil dengan tulisan ibrani “shalom”, tatakan lilin 4 kaki dan beberapa benda lainnya yang semuanya merupakan alat upacara pengusiran setan dalam budaya Yahudi.

Tidaklah menimbulkan kontroversi jika tidak ada cerita aneh. Beberapa pemilik kotak itu menceritakan fenomena – fenomena aneh ketika kotak itu dimiliki.

Kevin Mannis : Ibunya mengalami stroke ketika Kevin Mannis menghadiahkan kotak itu untuk ulangtahun ibunya.

Iosif Neitzke : Orang yang terakhir menjual kotak ini di Ebay mengatakan kotak ini menyebabkan api yang membakar rumahnya. Juga Iosif mengalami kerontokan rambut.

Jason Haxton : Orang yang membeli kotak ini dari Neitzke sekaligus pemilik terakhir dybbuk box. Mengatakan mengalami gangguan kesehatan selama memiliki kotak ini. Haxton pula lah yang “menyegel” kembali kotak ini dengan bantuan pendeta Yahudi dan menyembunyikan kotak ini ditempat yang dirahasiakan.

Ada beberapa fenomena yang dialami oleh para pemilik dybbuk. Mereka semua mencium bau urine kucing dan bunga Jasmine dari kotak itu. Mereka semua juga mengalami mimpi buruk tentang perempuan tua berwajah menyeramkan.

Satu hal yang menarik, dalam kedua film itu latar waktu kemunculan dybbuk sama. Yaitu diawali dari kamp Holocaust Nazi. The Unborn mengisahkan dybbuk muncul dengan merasuki jasad seorang anak di kamp Holocaust. Sedangkan dybbuk box, sesuai dengan keterangan keluarga Havela, juga dilatari kamp Holocaust karena Havela pernah ditangkap dan dimasukkan ke kamp holocaust Nazi.

Pertanyaan selanjutnya dalam diri saya apakah ini cerita yang muncul karena rasa depresi para penghuni kamp holocaust, karena memang dybbuk sendiri sudah dikenal dalam kisah lama kebudayaan yahudi.

Komentar menarik datang dari Chris French, peneliti anomali psikologi dari universitas Goldsmith. Ia mengatakan sugesti sangat menentukan dalam hal ini. Jika kita sudah percaya bahwa kita kena kutukan maka kita akan selalu hidup dalam pola pikir bahwa kita dikutuk, sehingga apapun yang terjadi akan selalu dikaitkan dengan kutukan.

Tapi dalam semua kisah horor, semuanya akan selalu menimbulkan kontroversi dan selalu menarik untuk dibahas.

sumber :

http://www.wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

3 thoughts on “Dybbuk”

  1. Saya sangat suka film ini seru banget dan menengangkan untung saya gak takut karna film ini gak menakutkan sm sekali karna horor ini tidak terlslu seram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s