FIFA letter 13 February 2013

535644_10151418869903563_225444871_n

Langkah Menpora, Roy Suryo, untuk mendamaikan konflik PSSI vs KPSI mendekati kenyataan. Melalui surat FIFA tertanggal 13 Februari 2013, FIFA mengharapkan peran Menpora untuk mengatasi kisruh sepakbola Indonesia.

4 poin ditekankan oleh FIFA sejalan dengan 4 poin dalam MOU antara AFC – PSSI – KPSI pada bulan Juni 2012 silam. 4 poin dalam penyelesaian kisruh ini adalah :

1. Unifikasi 2 liga;

2. Revisi Statuta PSSI;

3. Pengembalian 4 exco ke PSSI tanpa syarat;

4. Penyelenggaraan Kongres PSSI ( sesuai dengan MOU AFC-PSSI-KPSI ) dengan peserta voter kongres Solo bulan Juli 2011.

PSSI sudah tidak bisa mengelak lagi dengan adanya surat FIFA kepada Menpora. Sudah jelas tertera bahwa FIFA & AFC menginginkan realisasi dari 4 poin ini sebagai jalan penyelesaian kisruh persepakbolaan nasional.

4 poin ini pernah diabaikan PSSI ketika menggelar kongres Palangkaraya pada bulan Desember 2012. Kongres yang tidak berjalan mulus ini, diwarnai dengan pembatalan MOU secara sepihak oleh PSSI.

Pada saat itu PSSI mengklaim, FIFA menggagalkan MOU dan PSSI harus terus berjalan dengan kembali merujuk kepada statuta FIFA.

Hanya saja, surat terbaru dari FIFA kepada Menpora pada bulan Februari ini, menegaskan ternyata tidak ada pembatalan MOU. Karena isi surat FIFA dan poin – poin dalam MOU ternyata sama.

PSSI pun melalui Sekjen Halim Mahfudz mengatakan telah mempunyai surat ini. Hanya saja mereka menganggap pemerintah hanya fasilitator poin – poin yang telah disepakati.

Rencananya Menpora akan bertemu dengan PSSI dan KPSI malam ini, membahas isi surat ini. Penyelesaian rupanya harus segera didapat karena FIFA akan memutuskan nasib Indonesia pada 18 Maret 2013 jika perselisihan masih terus terjadi.

Uniknya dibagian akhir surat ini, FIFA menyebutkan bahwa mereka berharap usaha Menpora untuk mendamaikan kedua kubu akan membuahkan hasil, karena pendukung sepakbola Indonesia sedih akan pertikaian yang dipicu keegoisan kelompok – kelompok yang berkepentingan.

sumber :

www.bola.net

www.kompas.com

forum You Need Me

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “FIFA letter 13 February 2013”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s