Perahu Retak

Kesepakatan yang menyerupai MOU AFC – PSSI – KPSI bulan Juni 2012 silam, 2 hari yang lalu ditandatangani antara Menpora – PSSI – KPSI – dan KONI. Dalam kesepakatan ini butir – butir yang disetujui pun sesuai dengan MOU AFC dan surat FIFA 13 Februari 2013 kepada Menpora, Roy Suryo.

Djohar Arifin, selaku ketua umum PSSI, seperti dilansir situs goal.com sepakat akan menggelar kongres PSSI pada 17 Maret 2013 dengan peserta kongres berdasarkan peserta kongres 9 Juli 2011, saat Djohar Arifin dan Farid Rahman terpilih memimpin PSSI.

Situasi di internal PSSI sendiri kini retak. Saleh Ismail Mukadar, Deputi Sekjen Bidang Kompetisi, mengatakan mulai 1 Maret 2013 diberitakan akan mundur dari jabatannya di PSSI dengan alasan ingin fokus menjalani perannya sebagai anggota DPRD Jawa Timur.

Sementara Djohar Arifin sendiri kini menghadapi tentangan dari para bawahannya. Djohar dilaporkan ke Komite Disiplin dan Komite Etik PSSI terkait dengan timnas.

Seperti yang diketahui, Djohar membentuk Badan Tim Nasional untuk mengurusi masalah tim nasional. Djohar pula menunjuk Luis Manuel Blanco, pelatih asal Argentina, untuk menangani timnas senior. Luis Manuel Blanco sendiri datang ke Indonesia disebut Djohar atas niatan baik Presiden SBY.

Hal ini menimbulkan penentangan dari beberapa anggota exco PSSI terutama yang selama ini terlibat dalam pengurusan PSSI. Sehingga saat ini bisa diibaratkan ada dua panggilan bagi pemain ke timnas. Bisa dibilang juga ada dua timnas. Satu bentukan BTN dan satu lagi bentukan pengurus lama dengan pelatih Nil Maizar.

Apalagi saat ini, Harbiansyah Hanafiah CEO Persisam Samarinda, ditunjuk sebagai wakil ketua Badan Timnas. Pihak yang selama ini sangat ditolak oleh PSSI karena merupakan perwakilan ISL.

Menpora sendiri mendukung langkah Badan Tim Nasional mengingat pertandingan Pra Piala Asia melawan Arab Saudi tinggal 1 bulan lagi. Dengan masuknya Harbiansyah sendiri maka pemain ISL pun dikabarkan diizinkan bergabung.

Langkah defensif justru ditunjukkan oleh Sekjen PSSI, Halim Mahfudz. Halim Mahfudz menolak untuk menggelar kongres pada 17 Maret nanti dan juga mengatakan bahwa masih akan meneliti surat FIFA 13 Februari 2013 kepada Menpora. Dikabarkan Halim Mahfudz berusaha membatalkan kongres dengan berangkat ke markas AFC.

PSSI punya 2 timnas dan punya 2 komando. Suara Djohar Arifin sendiri kini tampaknya sudah tidak didengarkan oleh para anggota kabinetnya. Sekjen PSSI yang kini lebih punya peranan.

Kondisi internal yang sudah tidak kondusif membuat PSSI semakin suram masa depannya. Belum lagi, kompetisi IPL pun dimundurkan kembali jadwalnya, sementara Persiba Bantul siap mundur dari kompetisi karena masalah finansial.

Perahu retak !!

sumber:

http://www.beritajatim.com
http://www.medanbisnisdaily.com
http://www.jpnn.com
http://www.goal.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s