Football Glossary : deep-lying playmaker

Perkembangan formasi dalam taktik sepakbola menghasilkan peran – peran baru yang sesuai dengan tuntutan permainan. Ada posisi trequarista, ada sweeper, dan ada juga Deep-lying playmaker.

Deep-lying playmaker adalah posisi pemain yang bertugas untuk mengatur serangan dimulai dari posisi tim sedang bertahan. Pemain yang berada diposisi ini mempunyai “hak” untuk menentukan alur distribusi bola dalam penyusunan serangan, dan juga mengendalikan permainan.

abc2gtwank

Meskipun posisi pemain ini berada dibelakang garis tengah, tapi pemain dalam posisi deep-lying playmaker ini bukanlah seorang defensive midfielder yang bertugas untuk jadi tembok penghalau serangan lawan. Deep-lying playmaker memang punya tugas dalam pertahanan tetapi bukanlah untuk melakukan pekerjaan “kasar” seperti tackling. Justru posisi deep-lying playmaker mesti didukung oleh seorang gelandang bertahan.

Selain menyusun serangan dipertahanan, pemain dengan posisi ini juga diberikan kebebasan untuk ikut merangsek ke depan gawang lawan tergantung kebutuhan permainan.

Saat ini ada 3 nama pesepakbola kelas dunia yang diakui sebagai pemain yang bisa menerjemahkan fungsi deep-lying playmaker dengan sempurna. Andrea Pirlo, Xavi Hernandez dan Paul Scholes merupakan deep-lying playmaker yang sudah diakui kehebatannya.

Kecepatan tidak menjadi satu syarat bagi para pemain yang menempati posisi ini. Syarat yang harus dimiliki adalah umpan panjang akurat, stamina bagus, kemampuan melepaskan umpan – umpan pendek terukur, kreatifitas dan visi permainan yang baik, dan olah bola yang bagus ketika berada dalam tekanan lawan.

Ketiga pemain diatas masih menjadi yang terbaik dalam posisi deep-lying playmaker. Hal ini dikarenakan posisi ini mulai ditinggalkan oleh banyak manajer. Pep Guardiola pada tahun 2004 menyebutkan bahwa posisi deep-lying playmaker sudah tidak banyak digunakan lagi dalam sepakbola, berbeda keadaannya dengan 20 tahun yang lalu.

Tapi posisi ini masih diperlukan jika gaya permainan yang dikembangkan lebih kepada penguasaan bola. Sekalipun di Inggris yang dikenal dengan permainan cepat, dan para pemain tengah punya waktu sebentar untuk memegang bola, posisi deep-lying playmaker justru mempunyai peranan untuk mengendalikan kecepatan permainan dan membuat para pemain lainnya mempunyai waktu, menempati posisi untuk menerima umpan.

sumber:

www.guardian.co.uk

http://www.wikipedia.org

www.soccerlens.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Football Glossary : deep-lying playmaker”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s