Football Glossary : Derby Match

Derby merujuk pada pertandingan olahraga yang melibatkan tim dari satu kota atau satu daerah.

Kata Derby sendiri diperkirakan bermula dari The Derby yakni sebuah balapan kuda di Inggris pada tahun 1780 yang diadakan oleh Edward Smith-Stanley yang bergelar Earl of Derby 12th. Kata Derby ini kemudian disematkan pada pelbagai kompetisi olahraga sejak tahun 1840. Muncul juga pemaknaan lain dari kata derby yang merujuk pada persaingan dua kompetitor dari daerah yang sama.

Ada teori lain yang menyebutkan kata derby berasal dari pertandingan sepakbola Shrovetide yang diselenggarakan di Derbyshire. Pertandingan ini unik karena melibatkan hampir semua penduduk kota dan tidak menggunakan lapangan konvensional. Hampir 1000 orang biasanya terlibat untuk membawa bola menuju gawang yang letaknya berjauhan. Satu gawang di utara kota dan satu lagi diselatan kota. Tetapi teori ini tidak diterima Oxford English Dictionary.

Beberapa Derby yang dikenal dalam sepakbola adalah :

1. Derby Cairo : Al-Ahly vs Zamalek
2. Osaka Derby : Gamba Osaka vs Cerezo Osaka
3. Prague Derby : Sparta Prague vs Slavia Prague
4. Derby Della Madonnina : Inter Milan vs Ac Milan
5. Old Firm Derby : Glasgow Celtic vs Glasgow Rangers
6. Basque Derby : Athletic Bilbao vs Real Sociedad

Tiap negara mempunyai derby-nya masing – masing. Ini karena biasanya satu kota mempunyai lebih dari satu klub sepakbola. Namun kemudian ternyata “kota” tidak menjadi batasan untuk kata derby karena dua tim nasional dari benua sama pun berpotensi memunculkan derby. Seperti persaingan antara Inggris vs Skotlandia atau Argentina vs Brazil.

Derby kini tidak hanya terbatas kota, duel El-classico antara Barcelona vs Real Madrid pun dikenal dengan derby. Derby punya batasan yang meluas saat ini. Dua klub yang mempunyai sejarah panjang, prestasi hebat lokal atau regional, dan merupakan representasi wajah / identitas masyarakat ( kebanggaan ) bisa memunculkan derby.

Persaingan ketat antar klub untuk menjadi yang terbaik dinegaranya, atau persaingan antar negara untuk menjadi yang terbaik dibenuanya, ternyata juga bisa dilabeli dengan kata “derby”.

Secara sederhana, saya membuat patokan derby :

Derby adalah persaingan antar :
1. Tim dari kota yang sama;
2. Tim dari benua yang sama;
3. Tim yang merupakan kebanggaan suatu komunitas masyarakat;
4. Tim yang mempunyai sejarah persaingan ketat;
5. Tim yang mempunyai catatan prestasi ditingkat lokal atau regional;

Suasana Old Firm Derby
Suasana Old Firm Derby

Mungkin saja ukuran – ukuran lain bisa ditambahkan seiring berjalannya waktu. Kita tahu di Indonesia ada Derby Indonesia antar Persija vs Persib yang baru muncul beberapa tahun belakangan, itupun lebih merupakan pelabelan dari media.

Di era perserikatan sebenarnya kedua tim ini tidak punya sejarah persaingan ketat. Kalau dilihat sejarah, mungkin Derby lebih cocok disematkan ke pertandingan PSMS vs Persib yang secara historis pernah bertemu dua kali di final perserikatan.

Mungkin saja media menamai pertandingan Persija vs Persib karena kedua klub ini punya catatan prestasi bagus di era perserikatan, dan era Liga Indonesia. Mungkin juga karena kedua klub ini merupakan identitas dua kota besar di Indonesia, Jakarta dan Bandung.

Pertandingan derby sendiri selalu mempunyai gengsi dan tensi tersendiri. Untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik tidak hanya gesekan – gesekan keras dilapangan hijau, namun dalam pertandingan derby terkadang bentrokan antar suporter pun terjadi.

Pertandingan derby merupakan satu hiburan tersendiri yang selalu ditunggu setiap musim berlangsung.

sumber :

http://www.wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Football Glossary : Derby Match”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s