Football Glossary

Terkadang ketika membaca sebuah artikel yang mengulas tentang sepakbola saya kebingungan mengartikan kalimat – kalimat tertentu. Kalimat – kalimat ini biasanya merupakan hasil terjemahan dari bahasa Inggris yang telah diolah kedalam bahasa Indonesia namun bila tak tahu yang dimaksud, saya ( pembaca ) cukup bingung juga. Beberapa kata atau kalimat akan saya bagi disini beserta definisi.

1. Garis Pertahanan yang tinggi : Artinya satu tim memajukan posisi pemain bertahan ( bek ) hampir mendekati garis tengah lapangan. Biasanya tim yang memakai perimeter pertahanan seperti ini adalah tim yang mempunyai agresifitas tinggi.

2. Cut Inside : Bisa diartikan pergerakan ke kotak penalti lawan membuka pertahanan lawan. Secara mudah bisa dibayangkan pergerakan pemain sayap dari sisi lapangan tiba – tiba mengubah arah geraknya ke tengah menuju kotak penalti lawan.

3. Gelandang pengangkut air ( box to box midfielder ) : Pemain tengah yang bisa bertahan maupun menyerang dan mengemban 2 tugas itu selama dilapangan. Gelandang tipe ini bisa menjelajah semua sisi lapangan ketika permainan berlangsung. Steven Gerrard adalah salah satu gelandang bertipe ini.

4. Inside Forward : Posisi pemain ini bisa didepan bersanding dengan striker atau ditengah. Pemain dengan posisi ini bertugas untuk menyediakan umpan bagi striker, membuka ruang pertahanan lewat gerakan dengan atau tanpa bola. Istilah modern nya adalah second striker.

5. Poacher : striker.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s