Who Would Be The Best Eleven ( Timnas Indonesia )

Caretaker Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago, akhirnya mengumumkan 28 pemain yang disiapkan untuk laga Pra Piala Asia menghadapi Arab Saudi, Sabtu 23 Maret 2013. Ke – 28 pemain ini adalah :

1. Kurnia Meiga ( Arema )
2. I Made Wirawan ( Persib )
3. Samsidar ( Mitra Kukar )
4. Hamka Hamzah ( Mitra Kukar )
5. M.Roby ( Persisam )
6. Victor Igbonefo ( Arema )
7. Abdul Rahman ( Sriwijaya FC )
8. Zulkifli Syukur ( Mitra Kukar )
9. Ricardo Salampessy ( Persipura )
10.Supardi ( Persib )
11.Ruben Sanadi ( Persipura )
12 Tony Sucipto ( Persib )
13.Immanuel Wanggai ( Persipura )
14.Ponaryo Astaman ( Sriwijaya FC )
15.Ahmad Bustomi ( Mitra Kukar )
16.Raphael Maitimo ( Unattached )
17.M.Taufiq ( Persebaya 1927 )
18.M.Ridwan ( Persib )
19.Andik Vermansah ( Persebaya 1927 )
20.Greg Nwokolo ( Arema )
21.Boaz Solossa ( Persipura )
22.Firman Utina ( Persib )
23.Ferinando Pahabol ( Persipura )
24.Irfan Bachdim ( Chonburi FC )
25.Zulham Zamrun ( Mitra Kukar )
26.Ian Louis Kabes ( Persipura )
27.Sergio van Dijk ( Persib )
28. Titus Bonai ( Semen Padang )

95 % skuad timnas diisi oleh para pemain yang berkompetisi di Indonesian Super League ( ISL ). IPL hanya mengirimkan tiga wakil lewat M.Taufiq dan Andik Vermansyah ( Persebaya 1927 ) dan Titus Bonai ( Semen Padang ). Sebagian besar pemain datang dari Arema, Persib, Sriwijaya, Mitra Kukar dan Persipura. So Who Would Be the Best Eleven?

Pilihan disektor penjaga gawang, jika melihat pada statistik kemasukan gol di klub masing – masing, mungkin akan menempatkan Kurnia Meiga pada pilihan nomor satu. Arema saat ini baru kebobolan 12 gol, Mitra Kukar kebobolan 22 gol dan Persib kemasukan 16 gol. Kurnia Meiga sendiri di Arema posisinya tidak tergoyahkan, beda kondisinya dengan I Made Wirawan yang sempat “diparkir” karena performanya sempat menurun saat kemasukan 11 gol dalam 6 pertandingan.

Samsidar pernah juga dicadangkan namun karena alasan cedera. Tetapi jika melihat performa Samsidar sendiri masih inkonsisten. Gawangnya masih mudah kebobolan. Kurnia Meiga bisa dikatakan, jika melihat perjalanan ISL sejauh ini, bisa dikatakan terdepan untuk dipilih duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago. Hanya saja, I Made Wirawan punya poin tersendiri karena ia pernah berhasil menjaga gawang Indonesia tetap bersih saat Indonesia beruji coba dengan Arab Saudi, pada 7 Oktober 2011. Skor akhir ujicoba tersebut adalah 0 – 0.

Pilihan lini belakang, bagi saya cenderung untuk menduetkan Victor Igbonefo dan M.Roby di jantung pertahanan. Victor Igbonefo punya catatan baik selama berkarir di Indonesia. Ia tetap merupakan bek tangguh yang sukar dilewati penyerang lawan. Sedangkan M.Roby punya ketenangan dan penempatan yang bagus. Dari tahun ke tahun M.Roby bisa mempertahankan konsistensi, hanya saja hantu cedera menjadi nilai minus dari M.Roby.

Abdulrahman dan Hamka Hamzah lebih cenderung, menurut saya, kurang cocok untuk menghadapi pemain – pemain Arab Saudi yang punya kecepatan. Keduanya dalam penampilan di klub masing – masing, terkadang out of position dan terlalu mengumbar tackle. Tentunya dalam pertandingan nanti, wasit luar negeri yang tidak segan – segan mencabut kartu mesti diwaspadai. Ricardo Salampessy bisa dikedepankan jika salah satu antara Victor dan M.Roby urung tampil.

Posisi full back di kiri pilihannya antara Ruben Sanadi dan Tony Sucipto. Tony lebih sering tampil reguler diklub dibandingkan Ruben Sanadi. Memang masih ada pilihan pada diri Supardi. Tetapi ia akan ditempatkan dikiri, jika Zulkifli Syukur menempati posisi full back kanan. Melihat performa diklub, saya berpendapat jika Supardi dikanan dan Tony Sucipto dikanan. Supardi lebih agresif dibandingkan Zulkifli Syukur dan ia pun sering melakukan cut inside mengambil inisiatif membongkar pertahanan lawan tidak hanya hanya menyasar areal sayap kiri lawan.

Jika dua gelandang bertahan yang digunakan, Ahmad Bustomi dan Immanuel Wanggai layak dicoba. Ahmad Bustomi bisa lebih menjadi deep-lying playmaker sedangkan Immanuel Wanggai sebagai pemain yang melakukan “dirty work” memutus serangan lawan. Selama ini M.Taufiq berperan dilini tengah timnas Indonesia, dia pun punya poin lebih dibandingkan gelandang tengah lain karena masih reguler tampil dilaga timnas. Tapi rasanya dengan kedatangan Ahmad Bustomi, Immanuel Wanggai dan Ponaryo Astaman, M.Taufiq harus bekerja ekstra keras mendapatkan satu slot dilini tengah.

Ponaryo Astaman masih salah satu yang terbaik di Indonesia. Hanya saja mungkin faktor usia perlu dipertimbangkan oleh duet pelatih timnas Indonesia. Raphael Maitimo juga masih harus membuktikan diri, dalam gelaran AFF 2012 ia lebih sering jadi fullback kanan. Firman Utina pun masih tersedia untuk menjadi motor serangan Indonesia.

Untuk sementara posisi idaman saya, adalah :

Penjaga gawang : Kurnia Meiga/ I Made Wirawan

Pemain bertahan : Supardi, Victor Igbonefo, M.Roby, Tony Sucipto

Gelandang tengah : Immanuel Wanggai & Ahmad Bustomi

Kalau 4-4-2 yang digunakan, dalam 28 pemain ini, ada 4 pemain yang bisa mengisi pos sayap kanan dan kiri. Ada Andik dan M.Ridwan disayap kanan sedangkan Ian Kabes dan Zulham Zamrun disayap kiri. Menurut saya Zulham Zamrun dan M.Ridwan layak untuk diberikan kesempatan.

Dipos penyerang, Sergio Van Dijk sangat layak diberikan kesempatan. 6 gol dalam pertandingan ISL menjadi bukti kenapa pria ini pantas untuk dinaturalisasi. Satu tempat penyerang lainnya akan dipertarungkan oleh Boaz, Greg, Irfan Bachdim, Titus Bonai dan Ferinando Pahabol. Saya cenderung memilih antara Boaz dan Greg untuk mendampingi Sergio Van Dijk. Faktor cedera Greg Nwokolo memang harus dipertimbangkan tapi jika ia fit, satu tempat mungkin menjadi miliknya.

So, 4-4-2 :

Penjaga gawang : Kurnia Meiga/ I Made Wirawan

Pemain bertahan : Supardi, Victor Igbonefo, M.Roby, Tony Sucipto

Gelandang tengah : Immanuel Wanggai & Ahmad Bustomi

Gelandang Sayap : M.Ridwan & Zulham Zamrun

Penyerang : Sergio Van Dijk, Boaz Solossa/ Greg Nwokolo

Jika 4-3-3 yang digunakan ( karena baik RD dan Jakcsen F Tiago pernah memakai formasi ini ), menurut saya bisa saja :

Penjaga gawang : Kurnia Meiga/ I Made Wirawan

Pemain bertahan : Supardi, Victor Igbonefo, M.Roby, Tony Sucipto

Gelandang : Ahmad Bustomi, M.Ridwan, Zulham Zamrun / Firman Utina

Penyerang : Sergio Van Dijk, Boaz Solossa, Greg Nwokolo

Inilah my best eleven, bagaimana menurut anda???

sumber :

http://www.goal.com
http://www.ligaindonesia.co.id

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s