Uhang Pandak

Orang Pendek. Misteri makhluk misterius ini kembali memenuhi pikiran saya ketika membaca tentang kesaksian baru seputar penampakan orang pendek yang dipercaya mendiami pulau Sumatra.

Beberapa kesaksian seputar penampakan orang pendek ( Uhang Pandak ) menjelaskan ciri – ciri makhluk ini :

1. Berbulu lebat disekujur tubuh. Ada yang melihat warna bulunya keemasan, coklat atau warna madu.

2. Jalan dengan 2 kaki

3. Tinggi badan diperkirakan 1 – 1,3 meter

4. Berbadan agak besar

Disamping banyak kesaksian penampakan orang pendek bahkan dari para ahli yang memang mencari keberadaan orang pendek ini, tapi keberadaannya masih menjadi misteri. Semua orang yang mengaku pernah melihat orang pendek ini, ketika mereka melihat menunjukkan reaksi yang sama “Kaget” dan kemudian diam mematung tanpa berhasil mengabadikan penampakan ini. Semua orang yang pernah melihat lupa untuk membidikkan kamera mereka, sehingga momen berharga ini terlewatkan dan semakin meningkatkan derajat kemisteriusan orang pendek.

Bahkan dalam situs dan artikel yang sama, disebutkan pula bahwa bentuk pemukimannya pernah diketahui yang menunjukkan pemukiman orang pendek ini sudah diketahui. Hanya saja kenapa keberadaan makhluk ini masih misterius?

Pertanyaan selanjutnya yang ada dipikiran saya, apakah mereka suku yang terisolasi atau bukan manusia ( kera )? hanya dari satu kesaksian bahwa orang pendek membawa tombak, menyimpulkan untuk sementara bahwa mereka manusia.

Bisa saja mereka adalah suku yang terisolasi dan memang memiliki bentuk yang berbeda dengan homo sapiens, karena memang manusia diciptakan berbeda – beda bukan?

Keberadaan manusia dengan bentuk yang berbeda dengan manusia pada umumnya ini, bukan hanya ada di Sumatra. Malaysia punya legenda tentang Orang Mawas atau orang dalam. Singapura punya legenda Bukit Timah Monkey Man. Hanya saja dua makhluk misterius dari negara tetangga ini punya sedikit perbedaan yaitu lebih tinggi.

Sampai sekarang keberadaan Orang Mawas atau Manusia Kera Bukit Timah sama – sama masih misteri. Banyak laporan penampakan namun hanya seputar keterangan – keterangan tanpa hasil foto yang meyakinkan.

Bisa dibilang mereka ini adalah Bigfoot Asean. Makhluk yang menurut para ahli mirip kera tapi juga punya ciri manusia, punya bulu lebat dan keberadaannya masih sulit ditemukan.

Bagi saya jika menurut beberapa kesaksian, saya akan lebih ikut pada pendapat mereka adalah suku yang terisolasi dari dunia luar. Mungkin bagi para ahli luar negeri mereka akan mencoba lebih membuktikan orang pendek adalah primata, karena mereka akan mencoba membuktikan bahwa teori Charles Darwin bahwa manusia berasal dari kera itu benar adanya.

Soal kesaksian, kalian bisa klik www.viva.co.id. Oh ya, ternyata bukan hanya di Indonesia, Malaysia dan Singapura, diberbagai belahan dunia ada juga legenda – legenda semacam ini. Silahkan diklik www.iloveprimates.com.

Mungkin juga para orang pendek ini memang menutup diri dari kontak luar. Ini terbukti dari beberapa “pertemuan” dengan saksi mata, orang pendek seperti sama – sama kaget dan sejurus kemudian langsung lari menghilang kedalam hutan. Beberapa suku didunia juga masih menutup diri dari dunia luar seperti the sentinelese.

So tidak menutup kemungkinan orang pendek adalah suku yang masih malu – malu untuk menampakkan diri ke dunia luas. Pada artikel yang sama tentang orang pendek dikupas juga ada suku Oni yang mempunyai ciri tubuh pendek tinggal di Bone Sulawesi. Suku ini tinggal digua – gua dan bersembunyi dari dunia luar. Meski bersembunyi mereka pernah “mengundang” kades setempat untuk datang ke persembunyian mereka. Disebutkan pula bahasa mereka tidaklah dimengerti.

So, kesimpulan sementara saya Orang pendek adalah manusia yang dari sebuah suku yang memilih bersembunyi dari peradaban. Hanya mereka masih misterius karena jarang sekali bisa ditemukan.

sumber :

http://www.viva.co.id
http://www.wikipedia.org
http://www.iloveprimates.com
http://www.bugisposonline.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s