First Half LSI

Persipura Jayapura seakan melaju pada jalan bebas hambatan dalam separuh perjalanan Liga Super Indonesia 2012/2013. Pasukan Mutiara Hitam masih menjadi sesuatu yang menakutkan bagi klub – klub lainnya dan mampu menjaga konsistensi permainan meskipun musim ini tidak banyak memasukkan pemain baru.

Kekompakan menjadi salah satu modal utama anak asuh Jacksen F Tiago. Musim ini Ottavio Dutra, Lim Jung Sik, Patrich Wanggai dan Ferinando Pahabol masuk distarting Line Up Persipura. Kehadiran mereka semakin melengkapi ketangguhan Persipura. Musim ini pula Boaz Solossa comeback setelah mengalami cedera panjang musim sebelumnya. Saat ini Boci, panggilan Boaz, memimpin topskor sementara dengan 15 gol.

12 kemenangan, 4 draw dan tanpa kekalahan dalam 16 pertandingan membuktikan Persipura layak kembali menjadi kandidat juara seperti musim – musim sebelumnya.

Skuad dipenuhi dengan pemain – pemain kategori bintang ternyata tidak menjamin Gresik United akan menghuni papan atas. Pada awal musim performa baik sempat mereka tunjukkan, namun kemudian kabar keretakan internal tim yang ditandai dengan dipecatnya Suharno dari kursi pelatih, membuat klub ini berkutat diposisi bawah. Hanya 4 kemenangan dan 4 draw melengkapi 8 kekalahan yang mereka terima musim ini.

Meskipun beberapa pemain seperti Aldo Baretto, Matsunaga Shohei, Ahmad Sembiring musim sebelumnya sama – sama membela Persiba Balikpapan tetapi sejauh ini belum bisa mengangkat tim kebanggaan masyarakat Gresik tersebut.

Juara musim lalu, Sriwijaya FC, langkahnya tidak semulus musim lalu. Banyaknya pemain yang eksodus seperti M.Ridwan, Supardi, Firman Utina, Keith Kayamba Gumbs, Siswanto, memang berusaha digantikan oleh para pemain baru yang hampir bisa dikatakan mempunyai kapasitas sama seperti pendahulunya. Tantan, Eddie Boakay Foday, Erick Weeks, Sultan Samma, M.Fachrudin merupakan para pemain yang bisa “menggoreng” bola sama seperti senior – senior mereka di Sriwijaya sebelumnya. Gaya bermain Sriwijaya musim lalu juga dipertahankan oleh Kas Hartadi, hanya saja karena mereka baru bergabung musim ini tentunya perbedaan akan terasa, butuh waktu adaptasi lagi. Saat ini mereka berkutat di peringkat 4 klasemen.

Mitra Kukar menancapkan diri sebagai penggoyang kestabilan papan atas klasemen. Jika musim lalu sampai putaran pertama mereka sempat dipapan atas lalu kemudian meluncur ke papan tengah sampai akhir musim. Musim ini kematangan skuad telah nampak, kekompakan pun terlihat. Sebagian besar pemain andalan musim lalu masih dipertahankan. Tambahan beberapa pemain seperti Paolo Frangipane memperkuat tim naga mekes.

Hanya saja inkonsistensi masih sering terjadi pada klub yang dilatih pelatih Swedia, Stefan Hanson, mereka bisa sangat tangguh tetapi dipertandingan lain mereka bisa mudah dikalahkan. Klub ini sudah memainkan seluruh pertandingan diputaran pertama. Saat ini mereka duduk di peringkat 5 klasemen.

Persib Bandung yang sempat terseok – seok diawal musim, menemukan ritme tepat menjelang akhir putaran pertama. Tambahan amunisi pada diri Sergio Van Dijk memang menjadi nutrisi yang dibutuhkan pangeran biru. Sergio Van Dijk menjustifikasi harga mahal yang harus ditebus Persib untuk memboyong dirinya. 11 gol telah ia cetak dalam 11 pertandingan Persib. Belum lagi Sergio bisa berfungsi sebagai playmaker dan penyedia assist.

Kredit lain layak diberikan kepada Hariono yang kembali menempatkan dirinya di starting eleven meskipun Asri Akbar didatangkan pada musim ini. Kematangan Hariono sangat menjamin keamanan sisi pertahanan Persib. Sisi agresif juga diperlihatkan oleh Hariono. Saat berduet dengan Mbida Messi pada pertandingan melawan Persepam Madura di Bangkalan, Hariono berkali – kali melakukan tusukan ke jantung pertahanan lawan. Gaya permainannya yang dulu cenderung kaku, kini lebih terlihat fleksibel.

Posisi runner up diakhir putaran pertama masih mungkin menjadi Persib. Berita lain yang cukup positif dari Persib adalah rencana tidak melakukan bongkar pasang terlalu banyak untuk putaran 2.

Persija disisi lain kehilangan keangkerannya musim ini. 2 kali mereka dipermalukan di SUGBK oleh Mitra Kukar dan Persiran Raja Ampat. Kendala teknis yaitu minimnya dana membuat Persija banyak kehilangan pemain – pemain seniornya termasuk Bambang Pamungkas. Juru kunci diklasemen masih menjadi tempat Persija sampai menjelang akhir putaran pertama.

Sampai akhir menjelang putaran pertama ada 2 gol yang menarik perhatian saya. Gol kedua Sergio Van Dijk kala Persib mengalahkan Persija dan gol Nelson Alom saat Sriwijaya dikalahkan Persipura. Dua – duanya dicetak dari luar kotak penalti.

Gol Sergio Van Dijk

Gol Nelson Alom

Komisi Disiplin menunjukkan taringnya. Terakhir mereka mengeluarkan keputusan menghukum seumur hidup Pieter Rumaropen ( Persiwa ) karena memukul wasit saat Persiwa dijamu Pelita Bandung Raya. Beberapa keputusan lain juga dikeluarkan oleh Komisi Disiplin seperti memberikan sanksi pada wasit Aeng Suarlan.

Klub promosi yang diwakili oleh Barito Putera, Persita Tangerang dan Persepam Madura menunjukkan kemampuan untuk bersaing. Terlebih bagi Barito Putera yang sampai saat ini duduk di posisi 5, Persepam diperingkat 11 dan Persita diperingkat 15. Ketiga klub promosi ini sejauh ini menunjukkan trend positif dan bisa menjadi lawan tangguh bagi senior – senior mereka di LSI.

5 Pertandingan akan dimainkan sore ini ( 2 / 5 ). Persib, Sriwijaya dan Arema akan saling bersaing untuk merebut posisi runner up. Persib akan dijamu oleh Persela, Sriwijaya dijamu Persiram dan Arema akan menghadapi Persipura. Kita nantikan sore ini siapa yang akan menjadi penguasa kedua setelah Persipura.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

One thought on “First Half LSI”

  1. Janur pun tidak ingin kondusifitas yang sudah terjalin di tim Persib terusik dengan berbagai isu yang tidak pasti. Terkait perubahan personil skuadnya, Janur mengaku tidak ingin salah langkah. Ia berkaca saat menjadi asisten pelatih Persib musim 2007 silam. Headcoach Arcan Iurie, saat itu melakukan pergantian komposisi pemain asing yang merusak kondusifitas tim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s