Farewell – Transfer LSI

Jika musim kemarin saat jeda paruh musim, striker asal Ghana Moses Sakyi dilepas Persib, kini giliran striker asal Kamerun, Herman Dzumafo Epandi yang akhirnya harus merasakan pemutusan kontrak. Alasan pemutusan kontrak Dzumafo adalah karena menurunnya performa striker yang musim lalu menjadi bagian penting Arema menghindar dari zona degradasi.

6 gol telah dicetak oleh Dzumafo selama berkarir di Persib, hanya memang sangat jelas terlihat penampilan Dzumafo tidak segarang musim lalu meski ia sering ditugaskan menjadi target man dalam skema permainan Djajang Nurjaman bahkan setelah kedatangan SVD. Hanya memang saja ia terlihat menurun. Maka pemutusan kontrak yang selama ini merupakan isu seputar nasib Dzumafo saat ini telah menjadi keputusan tetap.

Kalau Dzumafo telah ramai akan dilepas manajemen, maka suatu hal yang mengejutkan jika Maman Abdurahman masuk dalam daftar pemain yang dilepas. Bek yang musim lalu masih menjadi andalan lini belakang Maung Bandung ini memang menjalani musim yang kurang menyenangkan saat ini. Ia lebih akrab sebagai penghangat bangku cadangan setelah kedatangan Naser Al-Sebai ( Suriah ) dan Aang Suparman. Meski setelah buruknya penampilan Naser Al – Sebai pada tur Kalimantan, Maman kembali bangkit bahkan sempat mencetak gol pada saat melawan Barito Putra, nyatanya pada beberapa pertandingan menjelang ditutupnya paruh pertama, Maman kembali ke bangku cadangan.

Skema Djajang Nurjaman yang memilih 4-4-2 dengat duet centre back Abanda Herman – Naser didampingi Supardi dan Tony Sucipto hanya memberikan sedikit peluang bagi Maman bahkan bagi Aang Suparman. Memang tidak ada yang menyangka jika Maman adalah yang dicoret karena ia merupakan bagian vital Persib selama beberapa musim. Tercatat ( menurut Wikipedia.org ) ia mengoleksi 120 penampilan bagi Persib dari tahun 2008. Mungkin pencoretan Aang akan sedikit logis namun inilah dinamika sepakbola yang sering terjadi dimana pun.

Life must goes on bagi dua pemain ini yang masih masuk dalam hot property Liga Super Indonesia. Dzumafo dikabarkan sedang didekati Persisam Samarinda yang mendepak Anoure Obiora, sedangkan Maman didekati Gresik United yang di jeda paruh musim ini akan mendepak 5 pemain lama. Farewell and thank you for the dedication.

Bursa Transfer

Beberapa perpindahan pemain dijeda paruh musim ini cukup mengagetkan. Seperti perpindahan Ikpefua Marvelous Osas ( Osas Saha ) yang merupakan andalan Persepam Madura United di lini depan kini pindah ke Persisam Putra Samarinda.

Camara Sekou yang juga merupakan andalan Persiwa Wamena kini telah resmi bergabung dengan The Boys Are Back Pelita Bandung Raya. Oktavianus Maniani kembali berkompetisi di Liga Super Indonesia setelah diikat oleh Barito Putra. Eks Kiper Persebaya 1927, Dedi Imam pun bergabung dengan Barito Putra untuk putaran 2.

Persija merupakan klub yang paling ambisius dalam perekrutan pemain. Sesuatu yang tidak aneh karena posisi 18 di klasemen Liga Super Indonesia merupakan gerbang terdekat degradasi. Setelah merekrut Emmanuel Kenmogne, Rohit Chand serta beberapa pemain lainnya, kini eks Arema Johan Al-Farizi kembali diikat untuk menambah kedalaman skuad asuhan Benny Dollo. Ini pula yang menyebabkan Fabiona Beltrame akhirnya memilih bertahan karena ia menganggap ada langkah serius dari manajemen untuk memperbaiki situasi.

Persib tak ketinggalan menjadi klub yang ramai diisukan akan membeli pemain anyar pada untuk putaran 2. Andik Vermansyah sempat diisukan akan dibeli Persib. Namun yang kini sedang menjadi hot issue adalah playmaker Argentina, Gustavo Lopez, asal Persela yang ramai diperbincangkan akan diikat Persib. Namun sampai saat ini manajemen Persib belum memberikan keputusan apa – apa meski satu slot pemain asing non Asia tersedia dengan hengkangnya Herman Dzumafo.

Arema juga merupakan salah satu klub yang menginginkan Gustavo Lopez. Tetapi mereka ternyata telah mengikat playmaker asal Lebanon, Haitham Faour, dari klub Al-Ahed. Kedatangan playmaker timnas Lebanon ini dengan sendirinya menutup pintu bagi Gustavo Lopez.

Haitham Faour
Haitham Faour

Playmaker lain yang juga pada break paruh musim pindah klub adalah eks punggawa PSPS Pekanbaru, Ade Suhendra, yang memilih bergabung dengan Persiba Balikpapan. Ade merupakan salah satu pemain yang hengkang dari klub kebanggaan Asykar The King karena ketidakjelasan gaji.

Persiba juga mendatangkan Yericho Christiantoko dan Reza Mustofa dari Arema. Menurut kabar status kedua pemain ini adalah pinjaman. Masih ada beberapa pemain yang diincar Persiba namun belum ada kejelasan.

Perpindahan pemain masih akan terjadi karena PT.Liga Indonesia selaku administrator Liga Super Indonesia memberikan waktu sampai menjelang akhir bulan Mei meskipun Liga Super Indonesia akan kembali berputar pada akhir minggu ini.

*dari berbagai sumber*

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s