Chatting Review

Era Short Message Service ( SMS ) dimasa depan bisa saja tergantikan. Banyaknya aplikasi chatting seperti BBM, Whatsapp, Line dan sebagainya membuat orang sedikit melupakan SMS dan beralih ke aplikasi chatting ini selain karena harga murah walau berkirim banyak pesan, fitur – fitur lain seperti berbagi foto, rekaman suara bahkan video dimungkinkan oleh aplikasi ini. Selama handphone kita terhubung dengan paket data maka komunikasi pun akan terus lancar.

Blackberry Messenger, merupakan salah satu yang terkenal sebelum datangnya beberapa aplikasi yang lain. Hanya satu kelemahan Blackberry Messenger yaitu soal keterbatasan akses. BBM hanya bisa berjalan pada Blackberry tidak pada perangkat merk lain.

(kepanjangan intronya dan mulai kebingungan mencari koneksi antar paragraf)

So langsung saja dibawah ini, ya bisa dibilang review singkat seputar 3 aplikasi chatting yang bisa digunakan oleh Hape non-BB dengan OS ( Operating System ) android, symbian, iphone dan window mobile.

1. Whatsapp

images

Ini aplikasi chatting pertama yang gue tahu setelah era ebuddy, Yahoo Messenger dan yang lainnya. Whatsapp ini menawarkan kemudahan berkomunikasi lintas platform. Whatsapp tersedia untuk symbian, android, android, dan windows mobile. Bahkan versi java nya pun sudah ada yang dikenal dengan versi s40 ( kalo ga salah ). Pertama kali dipasang di Nokia c5-00, whatsapp sempat menjadi populer dilingkungan kerja karena beberapa orang memasang dan mulai membuka grup di Whatsapp.

Fasilitas Whatsapp selain chatting lewat teks juga bisa kirim foto,suara dan video ( belum pernah nyoba ). Selain itu juga semakin kesini emoticonnya semakin lengkap. Kalian juga bisa bikin grup disini. Whatsapp akan secara otomatis mencari teman kalian yang pake Whatsapp dari kontak kalian. Karena Whatsapp ini beroperasi dengan menggunakan nomor telepon sebagai pin user.

Selain aplikasinya masih gratisan, whatsapp pun tidak terlalu makan banyak pulsa apalagi kalo kita beli paket data. Hanya bagi para pengguna symbian mesti waspada soalnya Whatsapp ini secara otomatis akan terinstall di memory interal handphone. Semakin tinggi versi Whatsapp semakin aplikasi ini memakan banyak space memori. Solusinya adalah carilah crack Whatsapp ( cari aja di google ) sehingga bisa diinstal di memory external.

Bagi para pengguna Blackberry biasanya hanya paket full service yang bisa dipake Whatsapp-an. Paket harian atau mingguan belum bisa.

2. Line Messenger

LINE Free Download of LAVONEX

Aplikasi buatan Jepang ini hadir setelah Whatsapp. Beroperasi di beberapa OS kecuali symbian. Faktor plus dari Line adalah fasilitas free call dengan sesama user. Selain itu juga Line menyediakan game – game yang bisa dimainkan sendiri atau barengan temen kita yang pake Line. Ada juga fasilita penambahan emoticon yang bisa didonlod oleh user dengan menggunakan poin yang kita dapat hasil maen game di line.

Berbasis sama dengan whatsapp, hanya saja line juga bisa disinkronkan dengan facebook, sehingga orang yang ga kita save nomor teleponnya bisa ujug – ujug muncul untuk kita add. Beberapa selebritis juga punya akun Line resmi.

Minusnya adalah aplikasi ini bisa dibilang “lelet” banget. Bahkan jika kita ingin membersihkan chattingan kita butuh koneksi internet. Chattingan ga bisa dihapus kalo ga ada akses internet.

3. Wechat

images1

Aplikasi buatan Cina yang hadir setelah Line. Basisnya sama dengan line dan whatsapp. Hanya wechat menawarkan kelebihan dengan bisa mencari teman lewat fasilitas look around dan shake. Look Around akan mencari pengguna wechat yang kebetulan jaraknya dekat dengan kita atau disekitar wilayah tempat tinggal kita. Sedangkan shake adalah fasilitas mencari teman lewat menggoyangkan handphone. Jika ada seseorang disana ( somewhere out there ) yang kebetulan juga menggoyangkan handphonenya ia akan terbaca di wechat kita dan bisa kita add.

Emoticon variatif dan punya fasilitas menyimpan foto bagi user. Bahkan bisa membuat album foto di wechat kita dan kita bisa berbagi dengan teman – teman wechat kita.

Kalau kamu udah lama ga wechat-an, team wechat angel akan “menegur” kamu bahwa kamu udah lama ga pake wechat dan nyuruh kamu pake wechat ( care atau kepo ya??).

Kesimpulan

Whatsapp, Line, Wechat punya basis sama yaitu menggunakan nomor telepon sebagai pin user. Fasilitas dasar sama yaitu komunikasi lewat teks, foto, audio dan video.

Sebagai adik dari whatsapp, line dan wechat menawarkan banyak fasilitas. Salah satunya adalah memperluas jaringan pertemanan tidak hanya terpaku pada kontak yang disave ditelepon kita.

Fasilitas game tidak dimiliki whatsapp, jika kamu game addict dan seneng mantengin layar handphone lama – lama line dan wechat bisa kamu pilih.

Soal ringan alias ga lelet, Whatsapp bisa dibilang nomor satu dan wechat kedua. Memang soal lelet ngebuka aplikasi bisa juga disebabkan oleh faktor penuhnya memory telepon kita tapi kedua aplikasi ini memang ringan.

so mana yang akan kamu pilih? well ketiga – tiganya diinstall dihandphone pun ga masalah asal ga pusing aja dan jangan ampe salah sambung hihihi.

sumber :pengalaman

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Chatting Review”

  1. WeChat adalah applikasi pengirim pesan yang paling populer di Cina. Mirip dengan WhatsApp, metode pendaftaran WeChat juga menggunakan nomor telepon. Tak ketinggalan WeChat juga memiliki fasilitas video call untuk para penggunanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s