Toraja

Dalam satu acara History Channel, Ancient Aliens, pernah dibahas bahwa manusia jaman dahulu pernah mempunyai hubungan akrab dengan makhluk yang datang dari luar angkasa. Bukan hanya menjadi guru bagi manusia saat itu tapi juga dipercaya sebagai makhluk luar angkasa ini juga dipercaya sebagai leluhur manusia. Bahkan ada juga yang memuja makhluk ini sebagai dewa. Begitu menurut beberapa teori yang diungkap dalam acara tersebut.

Hal ini diperkuat beberapa hieroglif, nama daerah atau nama raja suatu kaum, yang semuanya merujuk pada “seseorang yang turun dari langit”. Meski terkadang rasanya janggal jika mengasosiasikan gelar – gelar raja masa lalu yang merujuk kepada sesuatu yang dipercaya tinggal diangkasa sebagai suatu petunjuk bahwa manusia leluhurnya adalah alien.

Seperti gelar – gelar raja Nusantara masa lampau yang selalu melibatkan nama – nama dewa dalam gelarnya, bukan berarti mereka adalah keturunan langsung dewa – dewi. Tetapi lebih ke penyematan nama untuk seseorang yang mulia ( raja ) dan juga sebagai harapan bahwa raja tersebut akan terbawa pengaruh baik dari penyematan nama dewa dewi dalam gelarnya.

Ulasan dalam acara itu sempat membuat saya terengah – engah, terkejut, mulut terkunci ( lebaaaaay ), intinya kaget aja karena setelah berbagai macam budaya – budaya dari negara luar yang dicurigai berhubungan dengan alien, ternyata para peneliti luar negeri “mencurigai” juga salah satu suku bangsa di Indonesia.

Suku Toraja menjadi ketertarikan peneliti luar negeri karena mempunyai beberapa keunikan yaitu proses pemakaman yang unik, bentuk desain rumah yang unik dan terakhir kata toraja sendiri. Disini saya hanya akan coba menelusuri arti kata Toraja, apakah benar memang menunjukkan adanya korelasi antara orang – orang toraja dan alien.

Suku Toraja adalah suku yang bertempat tinggal di Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan. Menurut torajasite.blogspot.com kata Toraja mulai dikenal sejak orang – orang kerajaan Tondok Lepungan Bulan Tanah Matarik Allo ( kerajaan yang memerintah negeri toraja dimasa lampau ) berhubungan dengan kerajaan sekitarnya.

Toraja berasal dari dua kata To dan Raja. Menurut suku Bugis Sidendreng Toraja berarti “orang yang bermukim dipegunungan sebelah utara”. Suku Luwu mengartikan Toraja sebagai “orang yang bermukim disebelah Barat”. Kenapa sampai ada dua arah mata angin yang berbeda? karena sesuai tempat mereka masing – masing. Bagi Sidendreng Toraja ada disebelah Utara, sedangkan disebelah barat Luwu ada Toraja.

Arti kata Toraja ini yang menjadi salah satu indikasi bagi peneliti luar negeri karena mereka mengartikan Toraja sebagai ” people from above “ atau “orang – orang dari atas”. Tetapi ada juga yang mengartikan Toraja sebagai “people from uplands” atau orang – orang dari dataran tinggi. Definisi ini sesuai dengan asal kata Bugis dalam mengartikan Toraja.

Mungkin juga para peneliti luar negeri terpancing menafsirkannya seperti itu karena orang – orang Toraja sendiri ,menurut kepercayaan yang dianut, bahwa leluhur orang Toraja turun dari nirwana. Leluhur ini turun dengan “tangga dari langit” dan bertugas sebagai mediator antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Hal lain yang menurut para peneliti luar negeri janggal adalah desain rumah Tongkonan, rumah tradisional suku Toraja. Desain atapnya yang membuat para peneliti memprediksi bahwa ini menyerupai sebuah perahu dan mungkin saja sebuah pesawat. Walaupun bagi saya desain ini lebih menyerupai sepasang tanduk kerbau. Secara terperinci tentang desain rumah tongkonan bisa dilihat di positiveinfo.wordpress.com.

Well sebuah kemisterian masa lampau memang sulit untuk ditelusuri pada masa kini. Apalagi sejarah yang tidak tertulis dan lebih banyak diteruskan lewat lisan bisa sangat mengaburkan makna sesungguhnya dari sebuah sejarah yang bisa berujung pada timbulnya mitos. Seperti mitos asal – usul orang Toraja yang semakin kabur dan sukar dicari arti sebenarnya.

Bagi saya selama teori – teori peneliti asing itu tak jadi masalah selama mereka tidak mencoba menyatakan bahwa kita diciptakan alien atau juga kita adalah makhluk hasil evolusi alien yang pastinya akan semakin membawa kita kedalam kebingungan.

sumber :

http://www.positiveinfo.wordpress.com
http://www.titusbercerita.blogspot.com
http://www.torajasite.blogspot.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s