Football League In ASEAN

Mari kita mengenal liga sepakbola tetangga – tetangga Indonesia yang tergabung dalam ASEAN untuk nambah – nambah wawasan.

1. Thai Premier League ( TPL )

Toyota_Thai_Premier_League_logo

Thailand Premier League atau dikenal juga Toyota Thai Premier League. Liga negeri gajah putih ini sudah berlangsung sejak tahun 1996. Beranggotakan 18 klub yang merupakan pemegang saham Thai Premier League. Thai Premier League ini merupakan kasta teratas dalam kompetisi sepakbola Thailand. Dibawah TPL ada Yamaha League – 1 dan dibawahnya lagi ada Regional League Division 2 ( Thai division 1 league ). Muangthong United tercatat sebagai “penguasa” TPL dengan koleksi 3 gelar juara. Selain itu pula ada FA Cup dan League Cup yang mendampingi TPL. Pada kompetisi Asia pemenang TPL akan mendapat tiket otomatis lolos ke fase grup Liga Champion Asia dan pemenang FA Cup akan melewati playoff liga Champion.

Untuk musim 2012-2013, 18 klub yang berkompetisi adalah Army United, Bangkok Glass, Bangkok United, BEC Tero Sasana, Buriram United, Chainat, Chiangrai United, Chonburi, Muangthong United, Osotspa Saraburi, Pattaya United, Police United, Ratchaburi, Samut Songkhram, Sisaket, Songkhla United,Suphanburi,TOT.

Aturan pemain asing di TPL adalah maksimal pemain asing namun hanya 4 pemain yang bisa dimainkan bersamaan dalam satu pertandingan. Satu tim bisa memainkan 5 pemain asing secara bersamaan dengan syarat 1 pemain asing berasal dari Asia.

Pemain Indonesia yang pernah bermain di TPL adalah Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo yang bergabung bersama Chiangrai United. Sedangkan Irfan Bachdim saat ini masih tercatat sebagai pemain Chonburi FC.

2. Vietnam League ( V- League )

V-league2011

Cikal bakal V-League ini sudah dimulai dari tahun 1980. Saat ini 12 klub berkompetisi di V-League sebagai kompetisi teratas di Vietnam. Liga ini disponsori oleh Eximbank. Pemenang liga akan mendapatkan tiket otomatis untuk bertanding di AFC Cup ( Vietnam tidak mendapat jatah di Liga Champion Asia ). Pemegang rekor juara di V-League adalah The Cong yang kemudian berganti nama menjadi Viettel FC dengan catatan 5 kali jadi juara.

Vietnamese National Cup merupakan kompetisi pendamping V-League. Divisi dibawah liga ini adalah First Division dan Second division.

12 klub yang bertanding pada musim ini adalah Becamex Bin Duong, SHB Da Nang, Dong Nai, Dong Tam Long An, Vicem Hai Phong, Hanoi T&T, Hoang Anh Gia Lai, Kienlongbank Kien Giang, Vissai Ninh Binh, Xuan Thanh Sai Gon, Song Lam Nghe An, Thanh Hoa.

Untuk pemain asing, V-League memiliki peraturan maksimal 4 pemain asing yang boleh dimiliki klub.

2 klub paling bawah diakhir kompetisi akan terdegradasi secara otomatis ke First Division sedangkan peringkat 9 diakhir kompetisi akan menjalani playoff promosi degradasi dengan peringkat ketiga First Division.

3. Metfone C-League

108733

Liga ini adalah kompetisi teratas di Kamboja. Beranggotakan 10 klub dan cikal bakal liga ini sudah dirintis sejak tahun 1982. Liga ini didampingi Hun Sen Cup. Pemegang rekor Metfone C-League adalah Phnom Penh Crown dengan 4 kali menjadi pemenang liga.

Pemenang liga ini tidak mendapatkan jatah di Liga Champion Asia ataupun AFC Cup. Tetapi mendapatkan jatah di AFC President Cup ( kompetisi kasta ketiga di Asia ).

10 klub yang berkompetisi untuk musim 2013 adalah Asia Europe University, Boeung Ket, Build Bright United, Kirivong Sok Sen Chey, Naga Corp, National Defense Ministry, Phnom Penh Crown, Police Commissary, Preah Khan Reach (aka Royal Sword), Senate Secretariat.

Liga ini membatasi jumlah pemain asing disetiap klub sebanyak 5 pemain dengan aturan 3 orang pemain asing bisa diturunkan secara bersamaan dalam satu pertandingan. Boeung Ket dan Naga Corp tercatat untuk musim ini memiliki 5 pemain asing. Pemain asing terbanyak di Metfone C-League datang dari Nigeria.

4. Myanmar National League ( MNL )

Myanmar-national-league-logo

MNL diluncurkan pada tahun 2009 untuk menggantikan kompetisi sebelumnya yaitu Myanmar Premier League. MNL beranggotakan 12 klub yang tersebar diberbagai wilayah Myanmar berbeda dengan Myanmar Premier League yang hanya beranggotakan klub yang berbasis di Yangon.

Sejak dirilis tahun 2009 klub Yadanabon dan Yangoon United berbagi rekor sama yaitu 2 kali menjuarai liga. Juara MNL mendapatkan hak untuk bermain di AFC Cup. Myanmar tidak mendapat jatah di Liga Champion Asia. Kompetisi lainnya di Myanmar adalah Myanmar National League Cup dan MFF Cup. Dalam hierarki kompetisi dibawah MNL ada MNL-2.

Klub – klub yang saat ini tengah berkompetisi di MNL adalah Yangon United, Yadanabon, Kanbawza, Zeyar Shwe Myay, Magyaw, Nay Pyi Taw, Ayeyawady United, Manaw Myay, Southern Myanmar United, Zwekapin United, Hantharwady United dan Rakhine United.

5. United Football League ( UFL )

Ufl_logo

Liga ini merupakan salah satu kompetisi yang ada di Filipina. Selain UFL ada juga UFL Cup dan PFF National Men’s League. UFL sendiri mempunyai divisi 1 dan divisi 2 yang masing beranggotakan 10 klub.

Klub yang saat ini tengah berkompetisi di UFL divisi 1 adalah Loyola Meralco Sparks, Stallion Sta.Lucia, Global FC, Kaya FC, Pachanga Dilliman, Green Archers United, Pasargad FC, Manilla Nomads, Philippine Air Force, Philippine Army.

Musim ini adalah musim yang keempat bagi UFL sejak rilis pada tahun 2009 sebagai liga semi profesional. Klub milik angkatan udara filipina, Philippine Air Force tercatat 2 kali menjuarai liga ini. Pemenang UFL berhak mewakili Filipina di AFC Cup. Sampai saat ini Filipina belum mendapatkan jatah liga champion.

6. Lao League

Lao_League_logo

Dari namanya saja sudah kita duga ini merupakan kompetisi tertinggi di Laos. Kompetisi yang memiliki tv partner LNTV 1 dan LNTV 3 ini beranggotakan 12 klub. Lao Army Fc merupakan pemegang rekor juara terbanyak dengan 8 kali menjadi juara.

Tetapi untuk musim ini pada liga yang baru dimulai pada 16 Maret 2013 ini hanya tercatat 8 klub mengikuti kompetisi ini. Mereka adalah SHB Champasak FC, Ezra FC, Friends Development FC, Hoang Anh Attapeu FC, Lao Lane Xang FC, Lao Police Club, Eastern Star FC, dan Yotha FC.

7. S-League

Yeo's_Great_Eastern_S.League_logo

Singapura memulai S-League pada tahun 1996. Sebanyak 12 klub ikut berkompetisi di S-League. Kompetisi ini termasuk unik karena ada 2 klub “asing” pada liga ini. S-League juga mempunyai tim satelit ( cabang dari satu klub diluar Singapura ) setelah pada tahun – tahun sebelumnya juga tercatat beberapa klub satelit seperti Etoille FC dan Dalian Shide Shiwu.

Klub – klub yang bertanding pada musim ini adalah Albirek Niigata ( klub satelit Albirex Niigata Jepang ), Harimau Muda B ( Timnas muda Malaysia ), DPMM FC ( klub Brunei Darussalam ), Balestier Khalsa, Court Young Lions, Home United, Hougang United, Tampines Rovers, Tanjong Pagar United, Warriors FC, Woodland Wellington.

Rekor juara dipegang oleh Singapore Armed Forces Football Club yang kini berganti nama menjadi Warriors FC dengan catatan 8 kali juara. Sementara itu kompetisi yang mendampingi S-League ada Singapore Cup, Singapore League Cup dan Singapore Charity Shield. Jumlah pemain asing yang bisa dimiliki oleh satu klub adalah 5 pemain asing. Pemenang S-League langsung lolos ke AFC Cup.

8. Malaysia Super League

Logo_Astro_Liga_Super_Malaysia_2012

Malaysia Super League merupakan kompetisi kasta tertinggi di Malaysia dan beranggotakan 12 klub. Kelantan FA, Kedah FA dan Selangor FA masing – masing pernah menjuarai liga ini sebanyak 2 kali.

Uniknya musim 2013 ini Lions XII yang merupakan klub Singapura memimpin klasemen sampai game – 18 musim ini. Meskipun jika pada akhirnya Lions XII bisa menjuarai Malaysia Super League namun tidak akan bisa mewakili Malaysia dikompetisi Asia karena klub ini bisa dibilang timnas Singapura.

Klub lain yang ikut berkompetisi di Liga Malaysia adalah Kelantan FA, Selangor FA, Johor Darul Takzim FC, ATM FA, Pahang FA, PKNS FA, Terengganu FA, Perak FA, Felda United FC, T-Team FC, dan Negeri Sembilan FA. Klub Malaysia yang menjuarai liga akan mewakili Malaysia di AFC Cup.

Jumlah pemain asing yang boleh dimiliki satu klub maksimal 3 pemain asing. Hanya saja bagi klub yang berkompetisi di Asia Malaysia Super League membolehkan untuk memiliki 5 pemain asing.

Pemain Indonesia yang pernah berkompetisi di Malaysia adalah Bambang Pamungkas, Robby Darwis, Budi Sudarsono, Ponaryo Astaman, Elie Aiboy.

9. Super League Timorense

Liga ini merupakan liga Timor Leste. Tidak banyak informasi yang bisa didapat dari liga negara termuda di ASEAN ini bahkan cenderung sulit. Hanya ada catatan klub – klub yang ikut serta dari musim 2010 sampai 2012 namun itupun masih diragukan keabsahan sumbernya.

Itulah liga – liga negara tetangga Indonesia yang tergabung dalam ASEAN. Brunei Darussalam merupakan satu – satunya negara yang tidak memiliki liga sendiri. Thailand untuk musim ini merupakan satu – satunya negara ASEAN yang mendapatkan jatah untuk bermain di Liga Champion Asia. Negara lainnya seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Myanmar dan Vietnam hanya mendapatkan jatah di AFC Cup.

Pada situs IFFHS tentang peringkat liga sepakbola dunia, Thailand masuk diperingkat 49, Malaysia diposisi 74, Vietnam diposisi 88, Singapura diposisi 90 dan Indonesia diposisi 99. Karena peringkat ini dirilis tahun 2012 maka bagi Indonesia rasanya peringkat ini merupakan penilaian terhadap IPL.

Semoga Nambah wawasan ya……

sumber :

http://www.wikipedia.org
http://www.iffhs.de
sumber lainnya

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s