Fight For Asia 2013 : Semen Padang vs East Bengal

Undian perempatfinal AFC Cup musim 2012/2013 tuntas sudah. Semen Padang satu – satunya wakil Indonesia diajang ini akan bertemu dengan wakil India East Bengal FC yang pada babak 16 besar mengalahkan wakil Myanmar Yangon United. Semen Padang sendiri lolos ke babak perempatfinal setelah melalui hadangan wakil Vietnam SHB Da Nang di babak 16 besar.

Sementara hasil undian perempatfinal lainnya adalah :

1. Al-Qadsia ( Kuwait ) vs Al-Shorta ( Syria )
2. Kitchee SC ( Hongkong ) vs Al-Faisaly ( Yordania )
3. New Radiant ( Maladewa ) vs Al – Kuwait ( Kuwait )

Leg pertama babak perempatfinal ini akan dimainkan serentak pada tanggal 17 September 2013. Sedangkan leg kedua akan dimainkan pada tanggal 24 September 2013.

Melihat lawan yang akan dihadapi oleh Semen Padang yaitu East Bengal, peluang Semen Padang untuk lolos ke babak semifinal sangat terbuka. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Semen Padang. Pertama, mereka telah sedikit banyak mengenal permainan klub India karena pada babak grup Semen Padang bertemu dengan Churchill Brothers India. Bahkan hasil dari dua pertandingan grup bisa dibilang bagus. Semen Padang berhasil menang 3-1 pada laga home dan kemudian menahan Churchill Brothers di India.

Kedua, catatan rekor perjumpaan klub Indonesia dan Klub India juga cenderung bagus. Selain hasil Semen Padang diatas, East Bengal FC pernah juga bertemu dengan Persipura pada AFC Cup musim 2011. Hasil identik juga diraih oleh Persipura, yakni menang dilaga home kemudian imbang dilaga away.

Jika mundur ke tahun 2003, ada juga catatan East Bengal menghadapi klub Indonesia. Waktu itu terjadi pada LG Cup yang digelar di Jakarta. Hanya saja saat itu East Bengal yang masih diperkuat pemain top India, Baichung Butia, mampu mengandaskan perlawanan Persita pada babak perempatfinal dan Petrokimia Putra pada babak semifinal.

Kemampuan olah bola klub Indonesia dan India cenderung sama, bahkan bisa dibilang Indonesia lebih diatas India. Hasil – hasil pada AFC Cup bisa membuktikan hal itu. Klub Indonesia belum mengalami satu kekalahan pun dari klub India.

Memang juga jangan dipandang remeh, karena East Bengal merupakan salah satu klub top di India. Saat ini mereka sedang berada di 3 besar i-League ( Liga India ) dan juga juara bertahan Federation Cup serta Super Cup.

East Bengal dibesut pelatih asal Brazil, Marcos Falopa. Beberapa pemain andalan mereka adalah Ryuji Sueoka ( Jepang ), Robin Singhdan Mehtab Hossain pemain timnas India, juga striker haus gol asal Nigeria, Chidi Edeh, yang telah mencetak 18 gol di Liga India dan 6 gol di AFC Cup.

Bisa dibilang ini lawan yang cukup menguntungkan bagi Semen Padang karena berada pada level yang sama, dan bisa saja secara kemampuan individu pemain Semen Padang ada diatas East Bengal. Dalam dua catatan sebelumnya, dua klub Indonesia yang lolos ke semifinal pada AFC Cup 2011 dan AFC Cup 2012 langsung bertemu dengan klub – klub Timur Tengah. Persipura bertemu Arbil Irak dan Arema IPL bertemu Al-Ettifaq Arab Saudi.

Peluang untuk lolos ke semifinal sangat terbuka bagi Semen Padang. Jika berhasil lolos Semen Padang akan bertemu antara New Radiant atau Al-Kuwait. So Fight and Fight Semen Padang.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s