Menulis itu banyak hal

Cold morning.Tinggal turun salju maka pagi ini akan semakin lengkap dan sangat membantu untuk menekan kadar haus ditenggorokan. Hari 14 Ramadhan, semakin mendekati akhir, apalagi jika sudah memasuki hari ke-20 maka seakan terjun bebas dan tanpa terasa kita sudah mempersiapkan diri menyambut idul fitri. But, still holding on to it’cause it only comes once a year.

Hanya ingin share saja bagi kalian yang sama – sama senang menulis pengalaman saya yang akhir – akhir ini sering mengalami buntu saat ingin menceritakan sesuatu ke dalam kata – kata. Menulis adalah suatu “addict” buat saya. Ada rasa kesenangan yang bisa didapatkan jika saya bisa menulis. Ada kepuasan tersendiri jika berhasil menyelesaikan satu tulisan. Pun sebaliknya jika dirasa kurang maksimal sebuah tulisan maka kesenangan dan kepuasan tidak akan mencapai taraf maksimal.

Menulis itu merupakan suatu proses yang banyak dipengaruhi oleh faktor – faktor eksternal. Faktor eksternal yang bisa berupa fisik, misal ketiadaan media menulis atau juga faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi hati dan pikiran kita. Tentunya tiada yang lebih bisa memberikan tekanan jika kondisi hati dan pikiran sedang tidak dalam suatu keadaan tenang – tenang saja.

Akhir – akhir ini, saya banyak kehilangan ide, antusiasme saat menulis. Seringkali ketika beberapa paragraf sudah tersusun dan akan menuju paragraf berikutnya dengan semangat tiba – tiba semangat itu bisa langsung lenyap. Seketika lenyap maka punahlah sudah keinginan untuk meneruskan paragraf tadi menjadi sebuah tulisan yang utuh.

Pun seringkali sulit sekali mencari satu ide, meskipun melintas beberapa ide dikepala dengan cepat, tapi didepan keyboard dan layar, sulit untuk mencari ide yang telah melintas itu.

Mungkin saya sedang bosan dengan beberapa topik. Pikiran ini sempat ada ketika saya mencari sebuah alasan kenapa bisa jadi habis ide kering antuasiasme seperti ini. Mungkin iya jenuh. Karena dalam kehidupan biasa saya masih tertawa dan melalui hari – hari dengan sama.

Namun ternyata ada pemikiran lain, well maybe there is something wrong with me. Bisa saja saya masih terbahak – bahak, hanya bagaimana ketika saya membutuhkan tawa itu lebih dari biasanya, well definitely something happens.

Semuanya masih terasa sama namun ternyata tatapan kosong ke layar laptop dan jemari yang kelu pada keyboard menunjukkan ada sesuatu atau mungkin beberapa yang membebani pikiran. Gejolak didalam akan sangat mempengaruhi, karena inti gerak manusia berasal dari dalam tubuh, dalam suatu yang abstrak bernama pikiran dan jiwa.

Kini menulis menjadi satu alat identifikasi bagi saya. Identifikasi ada sesuatu yang menyebabkan ide – ide itu tidak mengalir seperti biasanya. Jika ide yang melintas itu kemudian sulit dicari kembali karena pikiran – pikiran lain yang mengaburkannya. Bahkan ketika ide itu sudah menjadi beberapa rangkaian kalimat, dengan mudah pikiran lain menghancurkannya.

I know that days has changed. Itulah yang kemudian saya sadari ketika semuanya terhenti. Ada sesuatu adaptasi dalam diri saya ketika menyadari hari- hari telah berubah tak sama lagi. Proses adaptasi itulah yang membuat saya terhambat untuk menulis.

Kini resepnya hanya satu, memaksakan diri. Bagaimanapun virus penghambat ini masih ada, tetapi rasa ingin menulis selalu ada. Akhirnya tetap berusaha meskipun ketika semangat mendadak turun drastis pada paragraf kelima, kebingungan mencari link antar paragraf, tersesat dalam ide itu sendiri. Tapi semuanya harus dipaksakan. Jika tidak maka saya membiarkan virus itu merajalela.

Hari akan selalu membawa perubahan dan kita harus bisa beradaptasi cepat atau lambat. Pada kondisi ini selain sebagai alat identifikasi, menulis pula membantu saya tetap bisa bertahan dalam proses perubahan karena adaptasi bukan berarti berubah total, meninggalkan semua. Mempertahankan satu hal yang bisa memberikan kesenangan tentunya merupakan sebuah vitamin dalam proses adaptasi.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

