Kabar-kabari sepakbola dalam negeri

Setelah semalam membawakan acara Merumput (acara tentang sepakbola) di radio, ada beberapa hal yang bisa saya share disini. Boleh dibilang kesimpulan atau apa ajalah plus kabar mengejutkan yang baru saya baca pagi ini :

1. Ketika bertanya kepada para pemerhati,panggilan khas kami untuk pendengar, tentang siapa saja pemain Persib yang musim depan harus dilepas. Mayoritas menilai Firman Utina dan Maman Abdurahman layak masuk daftar pemain yang bakal dilepas. Firman diluar cedera kambuhannya memang merupakan pembelian tidak sukses Persib musim ini. Performanya labil seringnya turun. Sedangkan Maman musim ini kalah bersaing dengan Naser Al-sebai.

2. Kabar dari Persipura, Zah Rahan meninggalkan tim Mutiara Hitam untuk menuju ke Liga Super Malaysia. Disebutkan deal sudah terjadi pada bulan Juni 2013.

3. Bukan hanya Zah Rahan yang hengkang, tetapi beberapa nama lain pun dikabarkan akan hengkang termasuk pelatih Jacksen F Tiago. Pada laga tandang melawan Persela, Jacksen memang sudah tidak terlihat dibench Persipura. Dikabarkan ia menuju ke Cina (meskipun kabar ini belum dikonfirm Jacksen). Jika Jacksen ke Cina maka bagaimana timnas Indonesia? ini mengingatkan saya sebuah artikel di detik.com soal status Jacksen F Tiago ditimnas. Lewat twitternya Jacksen dengan tegas menjawab bahwa ia tetap Persipura Big Man. Jadi apakah sudah dikontrak PSSI atau belum??

4. Twitter ANTVBOLA mengabarkan adanya para pemain yang mundur dari laga Perang Bintang pada 21 September nanti. Hasyim Kipuw, Greg Nwokolo, Thierry Gathuessi, Alberto Goncalves ( Arema ) hengkang dari tim ISL All Star.Lancine Kone ( Persisam ) pun dikabarkan urung membela ISL All star. Sebagai gantinya adalah Zulham Zamrun ( Mitra Kukar ) bersama Pacho Kenmogne ( Persija ).

5. Ternyata bukan hanya dua pemain itu yang dijadikan ganti, tetapi ISL All Stars juga mendaftarkan nama Abanda Herman dan Jajang Sukmara sebagai pengganti 4 pemain Arema dan 1 pemain Persisam yang mundur. Melihat situasi ini, kalau dari sudut pandang Abanda,okelah dia sah – sah saja untuk ikut ISL ALL STARS, tetapi Jajang Sukmara? musim ini dia lebih banyak cadangan dan tidak sekalipun jadi starting line up. Lantas kenapa ia bisa dimasukkan dalam tim perang bintang? mengingat mayoritas pemain ISL All Stars adalah pemain reguler diklub masing – masing.

6. Bukan meremehkan kemampuan Jajang Sukmara, namun pertanyaannya lebih kepada seberapa pentingkah laga perang bintang? Bahkan Benny Dollo pun sebagai pelatih yang ditunjuk menangani tim bintang ISL dalam berita sidomi.com pada tanggal 16 September 2013 masih belum memikirkan kepastian melatih para bintang nanti.

7. Seberapa penting ini terkait dengan Menpora Cup yang akan digelar pada 20 September di Bandung. Persib vs Malaysia U-23 akan menjadi partai pertama dikompetisi tersebut. Kekuatan Persib sudah timpang karena perang bintang ini. I Made Wirawan, Tony Sucipto, Supardi, M.Ridwan dan Serginho Van Dijk sudah dipanggil duluan. Otomatis mereka tidak bisa bermain pada Menpora Cup nanti. Sekarang tambah tak lengkap karena Jajang dan Abanda pun dipanggil. Lantas bagaimana nasib Persib??

8. Laga perang bintang hanyalah sebuah hiburan belaka. Arema telah menunjukkan itu dengan menarik para pemainnya. Tak ada sanksi jika harus memutuskan mundur. H.Umuh Muchtar,manager Persib, sudah menunjukkan kekecewaan akibat jadwal yang berbenturan ini pada minggu lalu.Lantas apakah ia akan protes terkait mundurnya para pemain Arema dan masuknya pemain Persib??.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s