PSSI Tidak Serius

Sejauh mana keseriusan PSSI dalam kualifikasi Piala Asia? Padahal Indonesia sudah kehilangan 6 poin. Ataukah karena 2 kekalahan atas Irak dan Arab Saudi, plus Indonesia berada digrup dengan label “neraka”,dihuni juga oleh Cina, PSSI sudah lempar handuk,Menyerah??.

Meski timnas dikelola oleh BTN (Badan Tim Nasional) tetapi bukan berarti PSSI lepas tangan. Target lolos ke Piala Asia 2015 nampaknya hanya angan belaka, entah saya belum check lagi soal target ini karena bisa jadi PSSI sendiri tidak menargetkan untuk lolos, karena 2 hal yang mencolok dalam persiapan timnas senior menghadapi Cina di bulan Oktober.

Soal tim yang minim ujicoba menjadi masalah pertama menuju pertandingan melawan Cina. Memang setelah pertandingan melawan Arab Saudi, Indonesia berturut – turut menghadapi Belanda, Arsenal, Liverpool dan Chelsea serta Filipina. Apakah cukup? tidak. Tiga pertandingan melawan klub Premiere League tak lebih dari sekedar hiburan semata, ketika para pemain timnas bertemu dengan idolanya. Jika melibatkan hasil melawan tim Oranje, tak ada peningkatan dalam permainan timnas yang dibesut Jacksen F Tiago. Indonesia tak bisa mengukur diri dalam 4 laga tersebut.

Melawan Filipina, memang kita menorehkan kemenangan. Tetapi kemenangan tersebut sudah bisa terprediksi karena sejarah belum pernah mencatat Indonesia kalah atas Filipina. Walaupun Filipina lebih kuat saat ini, tetap Indonesia masih berada sedikit diatas Filipina. Lebih jauh, Filipina tidak sepadan dengan Cina, kita tetap gagal mengukur kemampuan.

Ujicoba lain ( untungnya gagal ) justru direncanakan melawan Taiwan dan Macau. Saya berpikir apakah Indonesia mencoba mendongkrak kepercayaan diri dengan mencari lawan yang memiliki wajah identik dengan para pemain Cina? Sama – sama bermata sipit. Tinggal seminggu berselangmenuju laga tanpa penonton melawan Cina di Jakarta rasanya sudah tak akan ada lagi ujicoba.

Hal kedua yang menjadi masalah di timnas adalah ketidakseriusan Jacksen F Tiago. Dalam satu situs berita, pelatih kebangsaan Brazil yang dikabarkan tak akan bergabung dengan Persipura musim depan ini, malah lebih sibuk mempersiapkan laga Persipura melawan Santos U-21. Selain itu juga sibuk mempersiapkan jadwal internal Persipura.

Nyantainya Jacksen F Tiago ini bukan tanpa sebab. Karena sejauh ini dan meskipun PSSI sudah mendeklarasikan bahwa Jacksen F Tiago adalah pelatih timnas senior ternyata belum ada kontrak pekerjaan yang disodorkan oleh PSSI pun ditandatangani Jacksen. Ya belum ada ikatan resmi diatas Materai antara PSSI dan Jacksen F Tiago.

Jacksen belum dikontrak resmi oleh PSSI
Jacksen belum dikontrak resmi oleh PSSI

Jacksen F Tiago baru diminta secara lisan, ditugaskan secara lisan oleh PSSI untuk menangani timnas. Jika begini mungkin juga bukan hanya Jacksen yang menerima penugasan secara lisan, tetapi bisa juga manajer timnas yang juga manajer Persipura, Rudy Maswi. Makanya jangan heran jika saat ini menghadapi pertarungan hidup mati,timnas Indonesia relaks saja.

Ketidakseriusan PSSI ini sangatlah mengecewakan. Nuansa perdamaian ternyata tidak mampu mendongkrak semangat para pemangku jabatan diorganisasi sepakbola negara ini sehingga PSSI cenderung acuh kepada timnas senior. Tidak peduli, ya itulah kesan yang saya dapatkan. Semestinya euforia yang terputus dengan kegagalan timnas U-23 merebut medali emas Islamic Solidarity Games bisa kembali disambung dengan kemenangan timnas senior yang dipersiapkan secara serius. Sehingga sambung menyambung saling membakar semangat satu sama lain sampai ke Sea Games 2013 bulan Desember nanti.

Jika tidak serius seperti ini, ya saya pun tidak berharap banyak pada timnas senior, mungkin dari sekarang harus mengubur impian melihat timnas di Piala Asia 2015.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s