Persib Tanginas

Baru sekitar sebulan Liga Super Indonesia musim 2012/2013 usai. Persib akhirnya menempati peringkat 4 klasemen melenceng jauh dari target awal musim yaitu juara dan juga terpeleset dari revisi target sebagai runner up. Jika saja Persib tidak kehilangan poin saat menjamu Persiram Raja Ampat di Bandung setidaknya target revisian masih bisa diincar, tapi inilah sepakbola yang penuh dengan ketidakpastian.

Meski gagal memenuhi satupun target pada klasemen akhir LSI namun adanya perbaikan klasemen dibandingkan musim 2011/2012 membuat Jajang Nurjaman dipertahankan manajemen klub berjuluk “maung bandung”. Ini pun memenuhi janji manajemen yang akan mempertahankan 80 % skuad musim 2012/2013 menghadapi liga unifikasi LSI – LPI.

Tak mau terlambat Persib mengambil langkah cepat dengan segera mengikat beberapa pemain untuk musim depan. Bahkan Persib bisa dibilang klub yang paling cepat melakukan pembenahan skuad disaat klub – klub lainnya sedang menikmati rehat kompetisi dan melakoni beberapa laga persahabatan.

Dua punggawa Sriwijaya FC akhirnya berlabuh ke Persib, Tantan dan Ahmad Jufriyanto. Tantan sejak berkostum Persitara sudah pernah diisukan akan dikontrak oleh Persib namun urung terjadi bahkan Tantan pun sempat menghilang dari panggung utama kompetisi dalam negeri sebelum kembali mencuat bersama Sriwijaya FC musim lalu.

Bergabungnya Tantan juga menjawab permasalahan Persib musim kemarin yaitu timpangnya kinerja sayap kiri. Duet M.Ridwan – Supardi disayap kanan tak mampu disamai kinerjanya oleh Tony Sucipto- Firman Utina – Atep atau bahkan oleh Hilton Moreira yang biasa beroperasi dikiri.

Dengan torehan 9 gol selama musim lalu, permainan ngotot, kecepatan yang membuat repot bek lawan, Tantan bisa menjadi jawaban dengan syarat ia mampu menjaga konsistensi permainannya di Sriwijaya. Sriwijaya sendiri performanya turun menukik pada putaran 2 LSI 2012/2013, semoga saja ini tidak terbawa ke Persib baik bagi Tantan ataupun Ahmad Jufriyanto.

Pernah bekerjasama dengan Ahmad Jufriyanto selama di Pelita Jaya menjadi satu pertimbangan Jajang Nurjaman untuk mengajak pemain yang musim lalu lebih banyak berperan sebagai gelandang bertahan Sriwijaya. Datangnya pemain yang juga sempat membela Arema ini juga diperkirakan akan menggusur salah satu bek tengah yang dimiliki Persib saat ini. Kencang berhembus kabar, Abanda Herman dan Naser Al-Sebai yang katanya akan segera menanggalkan kostum biru Maung Bandung.

persib-latihan_cdbae94

Jajang Nurjaman menyebutkan akan lebih memainkan Ahmad Jufriyanto sebagai bek tengah karena pertahanan Persib dinilai cukup rapuh musim lalu. Namun ternyata tidak hanya berhenti pada dua pemain ini saja pembenahan skuad Persib untuk musim depan.

Dikabarkan 2 pemain lokal dan 2 pemain asing juga telah diikat oleh Persib, sehingga total ada 6 pemain baru untuk musim depan. Kabar meski masih merupakan isu, Ferdinand Sinaga, Djibril Coulibaly, dikabarkan adalah pemain baru lainnya walaupun pihak manajemen belum mengeluarkan nama – nama 4 pemain baru lainnya baru Tantan dan Ahmad Jufriyanto.

Para pemain musim lalu yang diikat akan habis kontraknya pada tanggal 15 Oktober 2013 diluar Serginho Van Dijk yang diikat selama 2 musim. Bahkan Kenji Adachihara pun terancam meskipun performanya menjanjikan musim lalu dengan menjadi pemain produktif ketiga setelah SVD dan M.Ridwan. Mbida Messi, Asri Akbar dikabarkan juga terancam masa depannya di Persib. Kiper Cecep Supriatna dikabarkan akan pensiun walaupun sempat memberikan pernyataan bahwa ia masih punya niatan untuk bertahan. Airlangga yang digelari supersub dengan mencetak 4 gol musim lalu dan datang dari bangku cadangan juga tak aman posisinya untuk musim depan, apakah pemain yang diboyong Jaya Hartono dari Deltras Sidoarjo akan mengakhiri petualangan bersama Persib yang dia mulai sejak 2008? semua masih tanda tanya. Bahkan pula untuk talenta muda berpotensi Sigit Hermawan.

Diluar itu semua Jajang Nurjaman pun mengalokasikan 3 slot untuk pemain magang musim depan. Total saat ini Persib mempunyai 23 pemain. 4 orang penjaga gawang yang tak akan ada penambahan untuk musim depan. 6 orang pemain bertahan yang masih berpotensi dirombak, 8 orang pemain tengah yang mungkin 2-3 diantaranya dilepas, dan 5 orang striker yang rencana perombakan dengan melepas 2-3 striker.

Jika berkaca pada janji manajemen untuk mempertahankan 80 % pemain maka antara 4 – 5 pemain akan dilepas. Ini masih dalam batas wajar, hanya yang perlu diperhatikan adalah apakah manajemen akan memenuhi janjinya ataukah belanjaan ini akan semakin banyak? Sinyal lebih dari 6 pemain baru yang diikat bisa jadi lebih ini sudah ada karena pencarian pemain masih berlangsung. Semuanya terserah kepada manajemen dan pelatih asalkan jangan sampai membuat Persib harus merangkak dari nol kembali saat liga unifikasi bergulir.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s