Thank You Guys!

4 pemain asing akhirnya positif dilepas Persib Bandung. Salah satunya bek asal Kamerun yang sejak tahun 2010 membela kubu Maung Bandung, Ahmad Abanda Herman. Central Defender dengan tinggi 1.92 meter ini akhirnya harus mengakhiri perjalanannya bersama Persib, setelah Jajang Nurjaman memutuskan bahwa pemain yang menjadi mualaf ini tidak memenuhi ekspektasi meskipun ia adalah andalan lini belakang Persib sejak 2010 sampai musim ini.

images

Jauh dari ekspektasi pun menjadi penilaian Hilton Moreira. Memang sejak datang pada putaran 2, Hilton yang selalu menjadi tandem Serginho Van Dijk (SVD ) tidak menjadi duet yang “rukun” walaupun kesempatan selalu diperolehnya. Malah justru menjadi “beban tambahan” bagi SVD karena ketika striker kelahiran Belanda ini selalu butuh pasokan bola, justru ia yang harus memasok umpan bagi Hilton.

1512persib

Sedangkan Georges Parfait Mbida Messi yang mencetak gol spektakuler ke gawang Central Coast Mariners juga harus kehilangan tempatnya di Persib. Sepintas ia memang terlihat minim mobilitas, kecepatannya sudah berkurang. Tetapi dalam hal distributor umpan, Messi sering menorehkan persentase bagus, bahkan dalam beberapa pertandingan persentase umpannya berhasil mencapai 90 % . Seringkali ia mengirimkan umpan – umpan yang menjadi awal sebuah serangan. Penguasaan bolanya masih bagus bahkan dalam tekanan, ia mampu berduel dengan untuk memperebutkan bola. Kesimpulannya ia cukup berhasil sebagai playmaker Persib plus 3 gol yang berkategori gol penyelamat bagi Persib.

Hanya saja memang ia sering datang dari bangku cadangan, ketika Janur lebih mempercayakan lini tengah kepada Firman Utina yang musim ini bermain dengan prestasi tidak terlalu menggembirakan. Cenderung satu pembelian yang biasa – biasa saja bersama Asri Akbar.

Jika persentase umpan sukses mencapai 90 % tidak menolong Mbida Messi bertahan, gencar kabar ia diincar Persipura, maka hal yang sama berlaku juga pada striker Jepang Kenji Adachihara. Pencetak gol terbanyak ketiga Persib setelah SVD dan M.Ridwan, hanya bertahan selama semusim dikubu Maung Bandung.

Sudut pandang saya, Kenji adalah duet yang lebih cocok untuk SVD dibanding Hilton ataupun Dzumafo. Pun ia cakap untuk memberikan umpan dan punya positioning yang bagus. Hanya entah kenapa, Janur lebih menduetkan Hilton dan menyimpan Kenji dibangku cadangan. Hampir sepanjang musim Kenji hampir selalu bermain dari bangku cadangan. Kenji punya efektifitas dalam bermain, namun inipun belum cukup bagi Janur yang lebih mengakhiri petualangan Kenji di Persib.

4 pemain asing dilepas. 4 pemain asing ini tidak bisa dibilang hanya numpang lewat, tetapi mereka larut dan mengambil peran masing – masing dalam warna permainan Persib musim lalu. 4 pemain dilepas dan 6 pemain yang akan didatangkan. Apakah ini berarti musim depan Persib akan kembali mengulang segala sesuatunya dari nol kembali?.

Semuanya akan terjawab pada laga perdana laga unifikasi musim yang akan segera datang. Ketika manajemen sebelum musim 2012/2013 usai mengatakan bahwa 80 % pemain akan dipertahankan, seiring waktu rasanya ini tidak bisa dijadikan pegangan bahwa manajemen tak akan banyak membeli pemain. Belum lagi perubahan dijajaran staf kepelatihan yang sedang terjadi.

Rasanya musim depan harus kembali merangkak dari bawah. Harapan bobotoh agar manajemen hanya menambal kekurangan – kekurangan musim lalu nampaknya dijawab dengan merombak hampir total skema permainan Persib musim depan. Ya we’ll wait and see.

Kenji, Abanda, Messi, Hilton, semoga kalian tetap “biru” dan terimakasih atas semua yang telah kalian berikan untuk kami, para bobotoh.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s