LSI 2014 : Kabar Transfer

Arus transfer pemain dan pelatih di Liga Super Indonesia untuk musim depan masih sulit ditebak. Tak jarang satu pemain yang sudah diklaim berlabuh di satu klub, nyatanya malah bergabung dengan klub lain. Sering pula klub yang telah mengklaim uring – uringan karena kabarnya mereka telah mengikat kesepakatan secara lisan dengan sang pemain. Inilah yang sering terjadi di Indonesia, mungkin karena budaya sehingga lisan dianggap sebagai sesuatu yang telah mengikat secara resmi, padahal dalam urusan kontrak semuanya berujung pada tandatangan diatas meterai 6000.

Samsul Arif memutuskan untuk berlabuh di Arema, yang mempunyai ambisi untuk mengulang memori indah musim 2009/2010. Hanya saja bukan Robert Rene Albert dibelakang kemudi, tetapi Suharno, pelatih yang sempat menangani klub ini pada musim 2011/2012 saat Arema terpecah dan sempat berada sejenak dijurang degradasi. Bisa dibilang saat itu semenjak Suharno membesut Singo Edan plus eksodusnya pemain senior Arema ke ISL dari Arema IPL, klub Malang ini akhirnya survive di LSI.

Sementara Persib yang segera menatap laga ujicoba melawan klub MLS, DC United, pada 6 Desember nanti masih disibukkan dengan pencarian bek tengah untuk melengkapi Abdulrahman ( Sriwijaya FC ). Selain itu bek kanan lulusan SAD Uruguay, Alfin Tuasalamony, yang diklaim milik Persebaya musim depan menebarkan harapan untuk menjadi punggawa Persib musim depan. Pencarian pemain bertahan masih berkembang dan memunculkan nama – nama baru. Vladimir Vujovic, pemain bertahan asal Montenegro, yang pernah memperkuat Al-wehda Mecca, Vasas Budapest, Shenyang Shenbei, Al-Ahed beirut akan menjalani ujicoba bersama Persib.

Vladimir Vujovic
Vladimir Vujovic

Vujovic tidak sendiri karena ia akan ditemani 2 bek Pantai Gading yaitu Serge Wawa ( Al-Merrikh Sudan ), dan Sekou Tidiane Souare yang tercatat memperkuat klub Liga Kepulauan Faroe B36 Torshavn. 3 orang pemain asing ini akan diuji pada pramusim Persib menghadapi liga musim depan. Sedangkan Paul Koulibaly, pemain timnas Burkina Faso, urung meneken perjanjian karena harganya dinilai terlalu mahal.

Klub tetangga Persib, Pelita Bandung Raya, kini tengah memasuki proses seleksi pemain baru setelah melepas beberapa nama besar yang menghuni skuad mereka musim lalu, seperti Eka Ramdani, Mijo Dadic, Tema Mursadat, dan Nova Arianto. Dua nama baru yang telah menjadi bagian Pelita Bandung Raya musim depan adalah Dias Angga dan David Laly. Selain itu, Dejan Antonic telah ditunjuk sebagai pelatih Pelita Bandung Raya musim depan.

Seleksi pemain di klub yang musim lalu berhasil lolos dari jurang degradasi setelah memenangi playoff atas Persikabo saat ini tengah berlangsung. Beberapa nama yang telah dikenal publik Indonesia ikut serta dalam seleksi ini seperti Kim Jeffry Kurniawan, Victor Pae, Eki Nurhakim, Johan Juansyah, Budiawan, dan eks SAD serta Arema Yoewanto Beni.

Amunisi baru juga dimiliki oleh Gresik United bersama pelatih baru Agus Yuwono. Mahyadi Panggabean, Fajar Handika, Legimin Raharjo, Sukasto Effendi, Markus Bachtiar menjadi bagian Gresik untuk musim depan. Saat ini fokus tim masih dalam melakukan seleksi pemain musim depan.

Berikut beberapa transfer pemain di LSI :

1. Manahati Lestusen (CS Vise) —> Persebaya
2. Anis Nabar ( Persidafon) —> Sriwijaya
3. Selsius Gebze ( Persidafon ) —> Sriwijaya
4. Siswanto (Gresik United) —> Sriwijaya
5. Juan Revi —> Persebaya
6. Cornelius Geddy —> Perseru Serui
7. Okto Maniani —> Perseru Serui
8. Ezequiel Gonzalez —> Semen Padang
9. Erol FX Iba (Gresik United) —> Sriwijaya
10. Otavio Dutra ( Persipura ) —> Mitra Kukar
11. Egi Melgiansyah (Arema) —> Persija
12. Anindito ( Persija ) —> Mitra Kukar
13. Dennis Romanovs (Pro Duta) —> Pelita Bandung Raya
14. Ruben Wuarbanaran —> Sriwijaya

Satu catatan bahwa semuanya masih bisa saja berubah. Iklim transfer di Indonesia termasuk salah satu yang sukar diprediksi, mungkin salah satu alasannya karena ada budaya ikat lisan. We’ll see an wait.

*berbagai sumber*

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s