Ada Apa Dengan Manajemen?

Serginho Van Dijk (SVD) berlalu tanpa ucap pisah. Tanpa mengucapkan “goodbye” pada para bobotoh yang menjadikannya pahlawan bahkan sampai saat ini. SVD berlabuh di Sepahan FC, klub liga Pro Iran, dengan masa aktif bermain baru akan didapatkan pada tanggal 1 Januari 2014 nanti. Striker plontos ini akhirnya pergi dengan sebuah cerita yang mengingatkan bobotoh pada kepergian Eka Ramdani.

Eka menjalani musim yang tenang pada musim Indonesian Super League ( ISL ) 2010/2011 dan tiba – tiba diawal musim 2011/2012 pada pra musim Eka menyatakan pindah ke Persisam Samarinda mengikuti pelatih Daniel Roekito dan Cristian Gonzalez. Tak banyak cerita yang terungkap perihal kepindahan ikon maung bandung ini. Eka adalah pemimpin dilapangan dan panutan bagi para bobotoh. He was everything at that time, tetiba ia memutuskan untuk melanjutkan karir di Samarinda.

1484226_567236643358033_1988453219_a

Tanpa diketahui alasan yang jelas itu pula dialami oleh bobotoh mengenai SVD. Padahal bobotoh telah mengetahui bahwa SVD (menurut manajemen) dikontrak 2 tahun. Belum lagi saat datang ke Persib, SVD menerima kewarganegaraan Indonesia. Langsung mencuat sebagai andalan lini depan Persib, bahkan Persib mendatangkan Hilton Moreira untuk lebih membuat SVD fokus dalam mencetak gol, SVD adalah kebanggaan bobotoh. Plus keinginannya untuk membela Persib dan timnas Indonesia membuat ia semakin diidolakan.

21 gol dan 10 assist plus predikat punggawa timnas, apakah semudah itu dilepaskan oleh manajemen Persib? Manajemen berkoar – koar bahwa SVD menginginkan kontrak yang lebih besar namun hal ini dibantah SVD lewat pernyataan bahwa dia siap mengembalikan semua uang yang didapat selama musim pertama membela Persib. Jika bukan uang maka alasan apa dibalik ini semua?

Ketika Maman Abdurahman mundur tersiar kabar bahwa ia mendapat informasi akan ada situasi yang tidak mengenakkan bagi bek dengan nomor punggung 5 ini musim depan saat Liga Unifikasi bergulir. Apakah hal serupa juga terjadi pada SVD? Hanya manajemen yang mengetahui alasan pastinya dan bisa jadi karena mereka juga SVD akhirnya memutuskan pindah. SVD selama ini tidak banyak berkomentar tetapi manajemen yang melakukan semua pemberitaan.

Bagi saya satu saja yang membuat kecewa dari manajemen adalah ketika mereka mengingkari sendiri janji hanya melakukan perombakan minor untuk skuad musim depan. Maman, Aang Suparman, Kenji Adachihara, Abanda Herman, Mbida Messi, Nasser Al-sebai, dan Asri Akbar, Hilton Moreira, dan SVD dilepas oleh manajemen. Formasi pemain asing yang baru sebenarnya masih memberikan kesempatan bagi pemain asing yang lama jika dipertahankan. Namun perombakan ini menjadi besar setelah kedatangan Tantan, Ferdinan Sinaga, M.Taufiq, Konate Makan, Djibril Coulibaly, Abdulrahman, Ahmad Jufriyanto, dan Vladimir Vujovic. Plus nampaknya masih akan ada satu pemain lagi atau mungkin dua yang akan dikontrak diposisi bek dan striker.

9 keluar dan sementara 8 pengganti. Tapi jumlah bukanlah yang menjadi isu disini. SVD, Nasser, Abanda dan Hilton adalah warna permainan musim lalu. Datangnya dua winger/striker pada diri Tantan dan Ferdinand Sinaga sedikit banyak akan merubah warna musim lalu. Kemenangan atas DC United sehendaknya tidak dijadikan sesuatu yang berlebihan karena dalam beberapa ujicoba Persib belum memberikan satu permainan yang stabil. Pagi tadi (12/12 ) Persib mengalahkan Porda Purwakarta dengan catatan sempat terjadi salah koordinasi antara Shahar Ginanjar dan Abdulrahman yang berujung pada gol Porda Purwakarta. Belum lagi berbicara tentang warna yang akan diberikan oleh Konate Makan dan M.Taufiq.

Bukan Persib jika diawal musim tidak bermasalah dan merombak skuad besar – besaran. Semuanya ini membuat banyak rasa penasaran ada apa dengan manajemen? dan siapakah yang berwenang dalam pemilihan pemain, Djanur atau……….??

Farewell Lads, Good Luck For All of You

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

4 thoughts on “Ada Apa Dengan Manajemen?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s