New Year

photo.elsoar.com
photo.elsoar.com

Tahun 2014 hanya hitungan jam saja. Melihat kembali ke beberapa momen ditahun 2013, bisa dibilang tahun ini adalah tahun yang lebih menantang dalam kehidupan saya. Tanggung jawab bertambah besar, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga tanggung jawab kepada orang lain. Tahun 2013 adalah sebuah pijakan baru pada dunia yang “telah lama” hendak saya tinggalkan. Hanya mengukur peluang saja yang membuat saya terus berpikir ulang apakah harus tinggal atau beranjak pergi.

Kembali kepada status pencari kerja bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Lulusan bertitel S1 semakin banyak pun yang menyandang gelar diploma. Sedangkan S1 saya untuk saat ini, dikota ini, tidak banyak menawarkan peluang baik tanpa menghitung banyak. Sempat terngiang ditelinga bagaimana 10 tahun lalu saat mengenyam bangku kuliah, tak jarang orang akan memprediksi karir bagi lulusan jurusan yang saya tempuh adalah sebagai “pemandu wisata”.

Cukup menghantam kepercayaan diri pernyataan itu tetapi mungkin itulah yang pernah terjadi pada orang lain dengan gelar sama, sehingga ketika itu orang dengan mudah menyebutkan prediksi masa depan karir karena telah ada contoh sebelumnya. Dalam keseharian kadang kita harus terima pernyataan – pernyataan seperti itu dan tanggapi saja dengan senyuman.

Proved they were wrong. Karena sebenarnya jurusan yang saya ambil menawarkan banyak kesempatan. Berkarir dibidang pendidikan, usaha, public relation, semuanya berkaitan dengan jurusan yang saya dalami. Pun saat ini saya lihat teman – teman dibangku kuliah, tak ada satu pun yang menjadi tourist guide. Kebanyakan berkarir dibanyak perusahaan – perusahaan, ada yang menjadi guru dan beberapa bidang lainnya. Bukan tidak bisa dan tidak boleh, tetapi pernyataan yang tadi terdengar menyempitkan peluang karir ternyata kenyataannya menawarkan karir yang luas.

Bahkan didunia pekerjaan saat ini, seringkali titel berseberangan dengan pekerjaan yang dimiliki. Jadi kalau bisa disimpulkan secara sederhana, kuliah setidaknya mengajarkan dan mempersiapkan seseorang untuk dapat beradaptasi dalam dunia pekerjaan kalau memang garapan dalam pekerjaan berjauhan dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Memang seperti itulah sekolah, memberikan dasar – dasar ilmu, selanjutnya kita sendiri yang harus berkembang sendiri. Kuliah hanya memberikan modal saja.

Tahun ini pula dalam tugas on air saya membuat beberapa trial dan error program acara. Satu sudah mulus, sedangkan satu lagi masih berusaha mencari eksistensi. Sangat sulit ketika kebanyakan pendengar belum terlalu familiar dengan jenis musik dalam acara yang masih kotak – katik menuju format terbaik. Memang ini acara musik yang baru diradio ini. Acara yang didasari untuk memberikan pilihan lain dalam selera musik. Country & Blues Night masih pasang surut. Pun juga kebanyakan lebih memilih untuk hanya mendengarkan dan tidak ikut request. Juga kadang masih harus berhadapan dengan permintaan – permintaan lagu yang keluar dari inti acara ini. Tapi itulah asyiknya, mencoba membangun sesuatu dari nol dengan basis pendengar yang sudah terbentuk lama sekali. Sebenarnya ini bukan jenis musik yang jarang didengarkan, sering malahan. Hanya ketika dikhususkan orang akan sedikit bingung apa yang dipilih, padahal musik country & blues secara tidak sadar sering terdengar dan kadang juga direquest dalam mata acara lain. Tapi itulah asyiknya.

Semakin larut saja kini dalam dunia siaran, memang inilah yang sebelumnya ketika baru lulus kuliah sempat terbersit dalam pikiran. Tahun 2014 pun kami sudah ancang – ancang membuat program – program baru. Khusus yang ingin dibuat adalah yang berkenaan dengan IT, masalah – masalah komputer, jaringan dan lainnnya. Karena disini belum banyak ataupun belum ada radio lain yang membuat acara semacam ini.

Well jika ditanya resolusi, mungkin baru itu. Sedangkan untuk diri pribadi, saya belum membuat rencana apapun dan seperti itu biasanya without a plan. Hanya berusaha menjalani hari – hari yang lebih baik dari sebelumnya, atau cukup menjalani saja, tetapi juga tidak abai terhadap apa yang mungkin terjadi. Flow with the water but never carried away. Mungkin rencana saya adalah tetap menjadi diri sendiri, dan banyak menurunkan berat badan hehe.

Anyway i hope that 2014 will be a better year for all of us.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s