Pramusim 2013/2014 : Terlalu banyak lawan yang mudah

Total 18 gol dilesakkan para pemain Persib ke jala gawang lawan dalam 2 kali ujicoba. Selintas ini menandakan hal yang baik bahwa mesin gol yang pergi, SVD, tidak terlalu merisaukan masa depan Maung Bandung. Namun 18 gol dan kemasukan 1 gol adalah jumlah yang wajar bahkan jika dikonversi dengan lawan yang selevel mungkin sama dengan kemenangan selisih 2 atau 3 gol. Kedua lawan yang diakhir pertandingan berhasil dijejalkan 9 gol masing – masing oleh anak asuhan Jajang Nurjaman datang dari kelas yang terlalu jauh dengan Persib.

Melihat kelas – kelas lawan ujicoba Persib selama pramusim 2013/2014 baru ada 3 klub dengan kelas selevel dengan Persib. DC United meskipun datang jauh dari Major League Soccer tetapi kelasnya tidak jauh berbeda bahkan pertandingan dimenangi Persib. Dua lawan Persib berikutnya adalah Persepam dan Persebaya dengan hasil 1 menang dan 1 kalah.

Meski dari ujicoba lawan selevel Persib telah mengantongi 2 kemenangan namun itu belum memberikan perasaan aman dan nyaman melihat permainan Maung Bandung. Melawan Persepam, Persib diuntungkan dengan licinnya tangan Syaifudin, penjaga gawang Persepam, sehingga membelokkan bola ke gawang sendiri. Sedangkan melawan DC United, Persib bisa mengimbangi tetapi koordinasi diberbagai lini belum berjalan dengan baik. Pun kedua gol Persib tidak datang dari skema serangan yang rapih.

Ketika klub – klub Liga Super Indonesia lainnya sudah mulai mencari lawan yang seimbang dengan berujicoba melawan klub lokal ataupun klub Asia Tenggara, Persib masih berkutat dengan lawan – lawan yang diatas kertas memang bisa dikalahkan dan kalau Persib sampai kalah akan menanggung aib yang luar biasa.

Ujicoba melawan klub yang memang akan bisa dipermak dengan banyak gol memang bagus untuk memunculkan kekompakan bermain dan ketajaman penyelesaian. Hanya saja ketika terlalu banyak maka ini yang akan menjadi masalah. Liga Super Indonesia diisi dengan klub – klub yang selevel dengan Persib apalagi jika melihat ketatnya persaingan yang akan terjadi diwilayah Barat. Jangan sampai pemain kaget ketika bertemu dengan lawan yang sebanding.

Dalih menaikkan kepercayaan diri rasanya tidak terbukti banyak. Persib bisa mencontoh apa yang terjadi pada timnas beberapa waktu yang lalu. Jika lawan ujicoba hanya berputar pada negara – negara ASEAN sedangkan lawan nyata yang akan dihadapi dari negara – negara Asia Timur atau Barat yang notabene lebih baik, maka sebesar apapun kemenangan di ujicoba tidak akan berdampak pada saat laga sungguhan.

Meski awam tapi dalam pikiran saya biasanya lawan ujicoba akan naik kelasnya dari pertandingan ke pertandingan. Persib memang mengawali rangkaian ujicoba dengan tour di Jawa Barat. Kemudian level lawan bertambah ketika bertemu DC United dan ikut di East Java Tournament, hanya kemudian Persib kembali menurunkan kelas lawan uji tanding sebanyak 2 kali dan akan bertambah menjadi 3 kali. Memang minggu depan Persib akan berlaga di Inter Island Cup, mungkin pikiran manajemen tak usah cape – cape mencari lawan yang selevel nanti pun akan bertemu dalam turnamen pra musim PSSI.

Hanya rasanya terlalu banyak ujitanding yang dilakoni Persib dengan lawan – lawan yang kelasnya terlalu jauh dan ini bisa berdampak buruk setidaknya pemain akan sedikit shock ketika bertemu lawan selevel. Rencana yang terungkap pada akhir musim 2012/2013 tentang ujicoba Persib pada pramusim 2013/2014 tidak terlaksana, sama dengan janji mempertahankan 80%0 skuad musim 2012/2013. Semuanya berubah ditengah jalan seperti rencana manajemen yang selama ini tidak pernah menemui kata “PASTI”.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s