Ga Sadar

Setiap sore saat gonta – ganti channel selalu “kasetel” channel itu walaupun tidak pernah nonton sampai intens. Mungkin hanya 2 menit lantas ganti channel lain, secara memang acara itu mengundang pertanyaan beneran ga sih? atau hanya rekayasa belaka? Soalnya orang ko gampang amat untuk dihipnotis.

Tanpa perlu disebutkan namanya pastinya udah pada tahu acara ini. Sekarang pun host-nya tampil diacara musik pagi – pagi, masih sama tugasnya untuk hipnotis orang dan mengorek – ngorek isi hati seseorang. Meskipun dia bilang ini sebagai relaksasi tapi ya prakteknya masih seperti menghipnotis orang dalam acara – acara sulap. Persis tanpa kurang tanpa lebih dalam cara membuat seseorang tidur, lalu diajak ngomong dan dibangunin lagi tanpa inget apa – apa.

Kalau dilihat acara hipnotis ini sekarang seakan menjadi sebuah trend, menjadi satu acara yang menjual, meraih rating dengan cara membuat orang secara tidak sadar ngomong blak – blakan tentang satu hal. Sekarang hal ini dianggap sebagai satu komoditi komedi. Ketika seseorang tanpa sadar disuruh apa aja, ketika seseorang tanpa sadar dibawa untuk mengeluarkan rahasia – rahasia yang dia pendam, dan penonton pun tertawa melihatnya. Bukan cuma diacara sore tapi hipnotis dengan berbagai nama dan istilah juga muncul diacara lainnya.

Agak miris juga sih sebenernya ketika tim – tim kreatif acara sudah mulai kehabisan ide untuk menyuguhkan satu tontonan yang segar dan menarik buat penonton. Pola acara di televisi memakai pola copy paste. Ketika satu televisi sukses membawakan satu acara maka televisi lain akan berusaha membuat yang serupa walaupun dibedakan sedikit. Apalagi buat acara – acara yang tampil setiap hari, sangatlah wajar kalau ide – ide tim kreatif akan segera habis dalam sesaat. Tipikal stasiun televisi kita adalah meraup untung secepat mungkin tanpa terlalu memperhitungkan kualitas pun juga kejenuhan penonton.

Balik lagi soal hipnotis. Miris yang lain juga ada, karena ketika televisi itu adalah sesuatu yang sangat gampang mempengaruhi pola perilaku seseorang, maka acara – acara hipnotis itu juga secara halus bisa membuat orang mempunyai penilaian berbeda soal kejujuran. Bisa saja sekarang orang akan takut untuk berbicara jujur karena khawatir efek yang ditimbulkan setelah berbicara jujur. Tetapi dalam acara hipnotis ( ada juga yang settingan ) seperti diajarkan kalau mau bicara jujur tanpa menimbulkan sakit hati bagi seseorang ya bicaralah ketika anda tidak sadar. Karena seperti dalam acara tersebut yang menggugat dan tergugat ketika dalam kondisi sadar sudah mengeluarkan unek – unek ternyata senyum – senyum.

Well meskipun acara itu kelihatan bohong – bohongan, karena ketika orang dihipnotis masih menunjukkan respon – respon fisik terhadap keadaan sekitar, tetapi ya tetap saja cobalah jangan terlalu mengedepankan acara yang membuat orang tak sadar.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s