Indonesian Chupacabra

Seminggu ini berita disalah satu koran tak pernah luput memuat teror yang terjadi di Desa Nunuk, Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Teror yang dialami peternak kambing dan ayam ini adalah teror yang beberapa tahun lalu pernah saya baca diharian yang sama namun ketika itu lokasinya di sekitar Tasikmalaya. Sejauh ini 41 ekor hewan ternak sudah menjadi korban keganasan teror ini.

Pelakunya masih samar. Tetapi ciri – ciri yang ditinggalkan pelaku pada setiap korban itu sama. Luka dileher dan bekas isapan. Ciri lainnya tidak ada bagian tubuh korban yang dimakan hanya menurut para pemilik ternak, darah hewan – hewan ini habis dihisap si pelaku. Ciri – ciri ini seperti yang pernah terjadi di Tasikmalaya sekira tahun 2003-2004 dan juga terjadi di Dusun Krajan, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau Kabupaten Malang Jawa Timur pada tahun 2010 silam.

Prediksi waktu serangan pun sama yaitu pada tengah malam. Pun juga ketika para pemilik ternak memutuskan untuk tinggal menunggui kandang biasanya pelaku yang diduga kuat sejenis hewan ini tidak akan pernah muncul. Para pemilik ternak menduga bahwa pembunuh hewan ternak ini adalah sejenik anjing hutan / ajak / Dhole ( Coun Javanicus ). Dhole atau anjing hutan ini memang sering menjadi hewan yang dinominasikan sebagai tersangka dalam kasus ini. Begitupula yang terjadi di Tasikmalaya meski hingga kini tidak ada anjing hutan yang tertangkap ( Never a Dhole is Captured in both cases but it is one of possible suspect ).

Cuon.alpinus-cut

Ada dua tersangka lain yang menurut para pemilik ternak sangat mungkin melakukan aksi seperti ini, yaitu Kerud dan Aul. Hanya saja kedua hewan ini belum diketahui secara pasti apakah memang pelakunya ditambah fakta Aul sendiri masih belum diketahui secara pasti eksistensinya. Masih berupa misteri ( Aul, another possible suspect, ia still unknown animal. There are some informations about encounter but none documentation ). Kerud adalah nama lain macan tutul. Saya menemukan satu acara televisi yang mencari tahu tentang keberadaan Kerud ini, cek link www.mytrans.com/video. Hanya saja jika seekor macan tutul yang menjadi pelakunya adalah sangat aneh jika dia hanya menghisap darah korbannya dan tidak memakan bagian tubuh korban.

Sedangkan Aul diperkirakan mempunyai tubuh seperti seekor anjing hanya mempunyai moncong lebih panjang dan juga bukan seekor serigala. Dalam berita surat kabar kemarin dimuat pernyataan menurut saksi seorang warga bahwa moncongnya seperti seekor trenggiling dan bertaring ( Aul is said to have a body like a dhole or wolf with a mouth like a pangolin and has fangs in it. However Aul is another mystery, there was encounter but still unknown to the science ).

Kejadian ini menurut para warga pernah juga terjadi pada tahun 1958 di i Desa Lemahputih dan Borohgojol, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka dengan modus operandi yang sama yaitu hewan mati hanya diisap darahnya saja. Bahkan keterangan tambahan juga menyebutkan ada seorang warga yang pernah melihat seekor Aul membunuh seekor anjing.

Sayangnya kejadian – kejadian ini belum mendapat perhatian lebih dari para peneliti di Indonesia. Belum pernah terdengar kabar berita mengenai tim ahli biologi / hewan yang ikut membantu menyelesaikan masalah ini. Paling hanya Dinas peternakan setempat yang bisa dibilang seadanya saja melakukan investigasi bahkan tanpa bantuan teknologi seperti kamera untuk mendokumentasikan pelaku. Sedangkan kejadian ini bisa dibilang seperti merupakan pengulangan dan bisa terjadi lagi dimasa depan. Sejauh ini semuanya masih misteri tentang siapa pelakunya dan kenapa membunuh dengan cara seperti itu. Satu yang pasti yaitu kerugian para peternak yang terus terjadi seiring korban semakin bertambah.

source :
www.pikiran-rakyat.com
www.rensenpelawi.blogspot.com
http://www.mytrans.com
http://www.wikipedia.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s