Gunung Padang

Gunung Padang di Kabupaten Cianjur Jawa Barat menjadi sebuah tanda tanya besar beberapa tahun belakangan bahkan sampai seorang Presiden menitahkan agar penelitian terus berlanjut untuk membuka misteri apa yang ada pada serakan batu – batu kolom di Gunung Padang. Sejauh apa misteri yang bisa diprediksi dari situs yang tercatat pada jurnal Rapporten van de Oudheidkundige Dienst Nicholas Johannes Krom pada tahun 1914? inilah beberapa prediksi apa gunung padang itu sebenarnya? inilah kilasan beberapa pendapat :

170653

Usia

1. Diperkirakan 2000 S.M
2. Diperkirakan 4.700 – 10.900 S.M, menurut Tim Terpadu Riset Mandiri ( TTPM ) yang diketuai staf ahli kepresidenan, Andi Arief.

Fungsi

1. Tempat pemujaan warga pada sekitar 2000 S.M. Hal ini diperkuat dengan adanya batu yang bisa berbunyi layaknya alat musik lengkap dengan nada. Dipercaya masyarakat kebudayaan megalitikum membangun ini.

2. TTPM mengajukan teori bahwa kemungkinan Gunung Padang merupakan sebuah mesin pembangkit tenaga listrik pada masanya.

3. Naskah Bujangga Manik dari abad 16 menyebutkan bahwa gunung padang merupakan satu tempat pertemuan rutin semua ketua adat Sunda Kuna.

Luas

Luas komplek bangunan sekitar 900 Meter persegi. Sedangkan luas situs keseluruhan diperkirakan sekitar 3 hektar. TTPM sendiri mengungkapkan bahwa luas situs gunung Padang adalah 10 x luas candi Borobudur.

Bentuk Bangunan
Diperkirakan bentuknya adalah piramid seperti yang ada di Mesir. Namun hal ini dibantah oleh Kepala Pusat Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ,Bambang Sulistyanto, yang menyebutkan bahwa tidak ada tradisi Piramid di Indonesia serta dia mengklaim bahwa Gunung Padang adalah peninggalan kerajaan Majapahit. Bantahan juga dikeluarkan oleh Ali Akbar, ahli arkeologi, bahwa bentuk asli gunung Padang bukanlah piramida.

Pembuat
1. Majapahit
2. Masyarakat era Megalitikum
3. Gunung Padang dibuat oleh beberapa generasi berbeda. Hal ini terungkap setelah adanya pemeriksaan carbon dating pada setiap lapisan.

a.Umur dari lapisan tanah di dekat permukaan (60 cm di bawah permukaan) ,sekitar 600 tahun SM (hasil carbon dating dari sampel yg diperoleh Arkeolog, Dr. Ali Akbar,anggota tim riset terpadu di Laboratorium Badan Atom Nasional (BATAN);

b. Umur dari lapisan pasir-kerikil pada kedalaman sekitar 3-4 meter di Bor-1 yang melandasi Situs Gunung Padang di atasnya (sehingga bisa dianggap umur ketika Situs Gunung Padang di lapisan atas dibuat) sekitar 4700 tahun SM atau lebih tua (diambil dari hasil analisis BATAN;

c. Umur lapisan tanah urug di kedalaman 4 meter diduga man made stuctures (struktur yang dibuat oleh manusia)dengan ruang yang diisi pasir (di kedalaman 8-10 meter) di bawah Teras 5 pada Bor-2,sekitar 7600-7800 SM (Laboratorium BETA Miami, Florida)[9];

d. Umur dari pasir yang mengisi rongga di kedalaman 8-10 meter di Bor-2, sekitar 11.600-an tahun SM atau lebih tua (Lab Batan);

5. Umur dari lapisan dari kedalaman sekitar 5 meter sampai 12 meter,sekitar 14500 – 25000 SM/atau lebih tua (lab BETA Miami Florida).

Kontroversi – kontroversi :

1. Adanya simpanan emas didalam Gunung Padang. Hal diperkuat cerita warga setempat yang turun temurun menceritakan bahwa ada pintu masuk kedalam gunung Padang.

2. Usia yang lebih tua daripada piramida Mesir. Usia pasti situs Gunung Padang berusaha untuk terus diteliti karena jika terbukti lebih tua daripada peninggalan manapun diseluruh dunia, akan mengubah jalan sejarah.

3. Batu kolom disebutkan terbentuk secara alami. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa batu kolom adalah buatan manusia berdasarkan cerita warga setempat bahwa batu diproduksi di tiga desa sebelum diantar ke Gunung Padang. Disebutkan dibuat dikampung Ukir, kemudian dipoles dan dicuci dikampung Empang. Kedua kampung ini berjarak 500 meter arah Tenggara situs.

4. Para ahli arkeologi lain “menyerang” Andi Arief beserta TTPM dikarenakan mereka menganggap kesimpulan – kesimpulan Andi beserta TTPM terlalu tergesa – gesa.

sumber :

http://www.gjb3112annapus.wordpress.com
http://www.nationalgeographic.co.id
http://www.viva.co.id
http://www.wikipedia.org
http://www.republika.co.id
http://www.detik.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

5 thoughts on “Gunung Padang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s